Ramuan Herbal untuk Sembuhkan Sariawan

Ramuan Herbal untuk Sembuhkan Sariawan - Cara alami mengobati sariawan dengan menggunakan bahan-bahan herbal berkhasiat tinggi dalam penyembuhan penyakit sariawan (stomatitis aftosa) yang dapat kita peroleh di lingkungan sekitar kita.
Secara umum, penyakit sariawan ini timbul karena menurunnya sistem pertahanan tubuh (siste immun) kita terhadap lingkungan sekitar, kekurangan viatamin C, dan alergi terhadap makanan tertentu. Selain itu, sariawan juga disebabkan oleh stress dan siklus haid pada wanita.

Daun Saga
Ramuan Herbal untuk Sembuhkan Sariawan

Selain Daun Saga, banyak sekali bahan obat tradisional untuk sariawan, yang dapat kita gunakan mendapatkan kesembuhan dari penyakit sariawan secara tuntas tanpa efek samping dan dapat dijangkau tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal, tentu saja akan lebih efektif jika kita memilih pengobatan sariawan dengan menggunakan bahan alami yang dapat kita peroleh dari lingkungan sekitar kita. Adapun bahan-bahan alami yang dapat dijadikan obat herbal penyembuh sariawan adalah sebagai berikut :
  1. Mengunakan Obat Parasetamol atau Mefenamat. Untuk menghilangkan rasa sakit karena sariawan anda bisa menggunakan obat kumur atau obat yang diminum. Untuk obat yang diminum, anda bisa menggunakan parasetamol atau asam mefenamat, namun ingat, selalu perhatikan dosisnya juga.
  2. Pasta Berbahan Garam dan Baking Soda. Selain itu anda juga bisa membuat obat buatan anda sendiri, caranya dengan membuat pasta berbahan garam dan baking soda. Caranya cukup mudah, kita hanya perlu mencampurkan garam dengan backing soda dan tambahkan sedikit air. Setelah itu oleskan pada luka sariawan dan tunggu kurang lebih selama 10 menit, setelah itu basuh dengan air.
  3. Air Kelapa. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa, air kelapa dikenal sebagai bahan alami yang mampu memberikan banyak sekali manfaat terhadap kesehatan tubuh kita. Khasiat air kelapa dengan pendinginannya sehingga dapat menenangkan sistem pencernaan. Selain baik untuk mengatasi dehidrasi, air kelapa juga baik untuk mengobati sariawan.
  4. Pisang dan Madu. Pisang adalah tanaman herbal penyembuh radang usus yang sangat efektif dan juga sebagai salah satu jenis buah yang sangat diminati masyarakat secara umum. Untuk penyembuhan penyakit sariawan sendiri, Anda dapat membuat pasta dari pisang dan madu. Cara anda haluskan buah pisangnya bisa dengan sendok ataupun diblender. Setelah itu campurkan dengan madu. Selanjuntnya anda oleskan pada ulkus (luka sariawan). Hal tersebut berfungsi untuk mencegah peradangan.
  5. Daun Jambu Biji. Jambu biji ternyata tidak hanya berkhaisat untuk pengobatan diare atau sakit perut saja. Daun jambu biji ternyata juga punya banyak manfaat, selain dapat mengobati sakit perut, juga dapat mengobati sariawan. Caranya kunyahlah beberapa daun jambu biji lalu berkumurlah.
  6. Yogurt. Mengkonsumsi yogurt dapat menjaga keseimbangan bakteri yang ada dimulut dan tubuh. Dengan begitu anda dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan anda. Selain itu anda juga telah melakukan langkah pencegahan sariawan. So, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak mengkonsumsi yogurt yang menyehatkan ini.
  7. Minum Vitamin. Vitamin adalah salah satu zat yang memiliki peranan penting terhadap kelancaran dan berbagai sistem yang terjadi dalam tubuh kita, untuk mempertahankan kondisi kesehatan, dll. Minum vitamin B, vitamin C, zat besi dan asam folat yang juga berperan dalam mencegah dan menyembuhkan luka sariawan. Ini tujuannya untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin tersebut.
  8. Konsumsi Buah-buahan. Misalnya anda bisa memakan tomat, jeruk dan buah-buahan lainnya, manfaatnya yaitu untuk memenuhi kebutuhan vitamin C anda. Dengan mengkonsumsi buah-buahan secara rutin, kebutuhan nutrisi, serta vitamin tubuh kita akan terpenuhi, sehingga penyakit sariawan dapat terhindar dan kondisi tubuh juga akan tetap fit.
  9. Bawang Putih dan Pepaya. Anda juga dapat menggunakan bawang ataupun pepaya untuk menyembuhkan sariawan, caranya dengan menempelkan langsung pada bagian luka sariawan. Mungkin pada sebagian orang, bawang putih memiliki aroma yang khas dan kurang sedap, tapi coba fikirkan betapa besar manfaat yang dikandung di dalamnya.
  10. Minyak kelapa. Minyak bersifat anti bakteri, anda dapat mencapurnya dengan madu untuk kemudian dioleskan pada bagian luka sariawan. Sebaiknya lakukan langkah ini setiap anda hendak tidur. Lakukan secara rutin, hingga sariwan yang diarasakan menjadi sembuh tuntas.
  11. Kunyit. Kunyit ini memang tumbuhan super, selain dapat dijadikan rempah-rempah atau bumbu masak, kunyit tanaman herbal pereda asam lambung atau saluran pencernaan. Selain itu juga kunyit ternyata bisa digunakan untuk menyembuhkan sariawan, caranya buatlah pasta dari kunyit. Langkahnya cukup mudah, cuci bersih kunyit, kemudian haluskan dan campurkan kunyit dengan satu sendok teh gliserin dengan cara ditumbuk atau diblender. Selanjutnya anda oleskan pada bagian luka sariawan.
Itulah beberapa ramuan herbal untuk sembuhkan sariawan. Semoga bermafaat dan menjadi wasilah kesembuhan  atas sariawan yang saat ini anda keluhkan. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh, Aamiin..

0 comments "Ramuan Herbal untuk Sembuhkan Sariawan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment