Manfaat Buah Pinang untuk Kesehatan

Manfaat Buah Pinang untuk Kesehatan - Pinang adalah salah satu tanaman yang memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh kita. Mungkin tidak semua orang mengetahuinya, mari kita simak sajian lengkap mengenai khasiat buah pinang untuk kesehatan.

Pinang memiliki beberapa sifat yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Buah ini bersifat anthelmintica yang berguna meluruhkan cacing dan adstringensia untuk menciutkan selaput lendir. Selain itu, pinang juga bersifat merangsang (stimulansia), menghentikan pendarahan (haermostatica), dan antisifilis.

Manfaat Buah Pinang untuk Kesehatan

Manfaat Buah Pinang untuk Kesehatan
1. Keluar darah berlebihan

Air rebusan biji pinang digunakan untuk mengatasi penyaklit seperti hai dengan darah yang keluar secara berlebihan, hidung berdarah (mimisan), koreng, bisul, kudis, dan mencret.

2. Sakit pinggang

Bagi anda yang memiliki keluhan penyakit sakit pinggang, jangan khawatir, kita bisa mengobati penyakit sakit pinggang tersebut dengan menggunakan bahan alami yang dapat kita peroleh di lingkungan kita sendiri, ya biji buah pinang. Cara membuatnya cukup mudah, ambil beberapa daun pinang. Tumbuk hingga halus dan hangatkan. Kemudian gunakanlah tumbuhan daun pinang tersebut pada area yang sakit

3. Kudis

Untuk mengobati penyakit kudis, kita bisa melakukan langkah sederhana dengan bahan obat biji pinang. Parut satu biji buah pinang, campurlah dengan 1/4 sendok teh kapur sirih dan air secukupnya. Oleskan pada bagian yang sakit.

4. Difteri

Siapkan 2 biji buah pinang, kemudian rebuslah dalam 2 gelas air hingga menjadi tersisa 1 1/2 gelas. Tambahkan satu sendok makan madu kemudian aduk rata, minum perlahan. Lakukanlah secara rutin hingga keluhan penyakit difteri yang anda keluhkan menjadi sembuh.

5. Mengecilkan rahim

Biji pinang muda digunakan olah kaum wanita untuk mengecilkan rahim setelah melahirkan. Caranya : masak buah pinang muda lalu airnya diminum hingga rahim kembali ke bentuk normal.

6. Rabun Mata

Mungkin tidak semua masyarakat umum mengetahui bahwa ternyata biji buah pinang bisa digunakan untuk mengobati rabun mata. Cukup kunyah biji buah pinang dan airnya telan.

7. Meningkatkan gairah seksual

Ini adalah salah satu kabar gembira bagi anda yang memiliki masalah dengan lemah syahwat dan rendahnya gairah seksual. Kenapa buah pinang dapat meningkatkan libido atau gairah seksual? Hal ini karena dalam biji buah pinang terkandung arekolin. Cara membuat ramuan untuk meningkatkan gairan seksual pada pria dengan menggunakan biji pinang ini cukup sederhana. Ambil satu biji buah pinang yang belum mengeras, potong kecil-kecil kemudian kunyah dan makan. Cara lain dengan mengambil satu biji buah pinang kemudian hancurkan dan rebus dalam dua gelas air hingga air rebusan menjadi satu gelas.

8. Mengobati luka kulit.

Caranya, daging buah pinang yang masih muda ditumbuk hingga halus, lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang terluka.

9. Obat cacingan

Siapkan seperempat potong buah pinang, setengah jari rimpang temulawak, dan setengah jari rimpang kunyit. Semua bahan tersebut direbus kemudian disaring. Minum air hasil saringan tersebut untuk mengatasi cacingan.

10. Menguatkan gigi dan gusi

Ada fakta menarik mengenai khasiat biji buah pinang untuk menguatkan gigi dan gusi (Baca:  obat tradisional pencegah gusi bengkak). Ambil beberapa biji buah pinang. Iris menjadi beberapa bagian, kemudian kunyah irisan tersebut. Biasanya biji buah pinang digunakan sebagai bahan campuran sirih oleh ibu-ibu yang nyirih. Dan ada fakta unik dibalik nyirih ini, nyirih adalah salah satu tradisi penyehat dan penguat gigi tradisional. Maka tak heran jika orang tua dulu yang terbiasas nyirih, memiliki gigi dan gusi yang kuat dibandingkan dengan kita yang masih muda tapi mengalami berbagai macam kerusakan karena kebiasaan dan pola makan yang tidak sehat.

11. Mengobati telinga bernanah.

Cara Mengobati Telinga Bernanah - Caranya, ambil akar buah pinang muda secukupnya, tumbuk halus, peras airnya. Bersihkan terlebih dahulu telinga anak yang sakit dengan kapas, setelah itu tetesi dengan air perasan pinang di bagian telinga yang sakit sebanyak 3 tetes. Sumbat telinga dengan kapas agar air tetesan tidak mengalir keluar. Lakukan setiap hari secara rutin hingga sembuh.

Itulah beberapa Manfaat Buah Pinang untuk Kesehatan. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita mengenai manfaat dan khasiat yang dapat kita peroleh dari buah pinang yang tersebar di lingkungan sekitar kita. Salam sehat..

0 comments "Manfaat Buah Pinang untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment