Khasiat Kemiri untuk Kesehatan Rambut

Khasiast Kemiri untuk Kesehatan Rambut - Kemiri (Aleurites mollucana) merupakan tumbuhan alam yang pada bijinya mengandung minyak esensial, dan merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang mudah dijumpai di tanah air kita tercinta ini. Area tumbuh pohon kemiri lebih cocok pada negara tropis seperti Asia Tenggara (Indonesia, China, dan Indonesia).
Khasiat Kemiri untuk Kesehatan Rambut

Kemiri ini diperkirakan beasal dari negara bagian Hawaii, tetapi tidak diketahui pasti dari mana daerahnya. Selain dimanfaatkan sebagai bumbu masak, keniri ini juga dapat dijadikan sebagai obat, terutama dalam bentuk minyak kemiri. Umumnya, fungsi kemiri ini untuk kesuburan, contohnya mempercepat pertumbuhan rambut yang mengalami kebotakan, tetapi ada juga yang memanfaatkannya untuk menobati berbagai jenis penyakit seperti : diare, sariawan, disentri, demam, sakit gigi, dll.

Kandungan Nutrisi dalam Kemiri

Yang menjadikan kemiri begitu bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kesuburan rambut ialah karena tak lepas dari kandungan nutrisi dan zat gizi yang terdapat di dalam salah satu jenis bumbu dapur ini. Kandungan nutrisi tersebut antara lain : lemak, karbohidrat, gliserida, asam linoleat, palmitat, stearat, miristat, asam minyak, vitamin E, vitamin B1, serat, kalsium, tembaga, magnesium, fosfor, zat besi, vitamin C, dan protein. Selain itu, ada juga kandungan polifenol, flavonoid, saponin, yang juga berperan penting dalam kesehatan tubuh kita.

Khasiat Kemiri untuk Kesehatan Rambut

Berbicara tentang manfaat kemiri untuk kesehatan rambut, memang telah teruji khasiatnya yang turut menjaga kesehatan rambut. Berikut ini adalah beberapa khasiat kemiri untuk menjaga kesehatan rambut :

1. Menjadikan rambut hitam alami

Khasiat Kemiri untuk Kesehatan Rambut yang pertama adalah untuk menajdikan warna rambut hitam alami. Anda bisa saja mendapatkan warna rambut hitam berkilau yang indah di salon, tetapi Anda mungkin tidak akan pernah tahu dampak buruk apa yang akan dialami jika hal ini dilakukan secara berkepanjangan. Untuk mendapatkan rambut hitam alami nan indah serta terbukti aman tanpa efek samping dan tentunya tidak perlu merogoh isi dompet, kita bisa melakukan perawatan dengan menggunakan bahan alami, ya kemiri. Anda bisa membeli minyak kemiri atau dengan membuatnya sendiri di rumah, caranya cukup dengan memanggang kemiri hingga gosong dan ambil minyaknya kemudian oleskan pada rambut. Pastikan anda memolesnya dengan rata, lakukan secara rutin hingga hasilnya terlihat. Rambut Anda akan tampak lebih hitam alami serta berkilau sehat.

2. Mengatasi kerontokan rambut

Anda memiliki masalah rambut rontok? Jumlah wajar kerontokan rambut adalah 7-10 helai, jika melebihi angka tersebut, maka hal itu menandakan Anda mengalami masalah dengan rambut rontok. Cara mengatasi kerontokan pada rambut ini cukup mudah, kita hanya cukup mengoleskan minyak kemiri hingga akar rambut secara menyeluruh, sehingga rambut menjadi lebih kuat dan terhindar dari masalah kerontokan.

3. Mempercepat pertumbuhan rambut

Pertumbuhan rambut tidak bisa dipastikan kapan waktunya, Anda hanya perlu sabar dan rutin menjalani langkah yang diharuskan. Sebetulnya masalah pertumbuhan rambut (kesuburan) tergantung pada hormon dan keturunan. Tetapi tidak ada salahnya Anda memaksimalkan dengan memanfaatkan kemiri agar rambut cepat tumbuh dan panjang.

4. Menebalkan rambut

Atasi masalah rambut tipis denga memberikan nutrisi atau vitamin untuk rambut. Memberikan nutrisi dan vitamin para rambut kita tidak selalu harus membeli produk perawatan rambut yang harganya selangit, kita bisa memanfaatkan bahan alami yang tersedia di dapur kita. Kita bisa mengolah kemiri untuk membuat rambut lebih tebal.

5. Mengatasi rambut beruban

Saat seseorang memasuki usia 50 tahun ke atas, wajar jika uban (rambut putih) mulai tumbuh memenuhi kepala Anda. Teteapi, apa jadinya jika Ana masih muda dan uban telah mulai bermunculan? Jangan khawatir, Anda cukup rajin mnegoleskan minyak kemiri pada pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari menjelang tidur, cara ini efektif mengatasi rambut beruban.

Meskipun kemiri belum dijadikan produk kemasan, tapi seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi yang semakin mutakhir, dewasa ini sudah semakin banyak produk perawatan dan produk kesehatan yang memanfaatkan ekstrak atau minyak kemiri, dan tidak sedikit pula masyarakat yang telah merasakan manfaat kemiri bagi kesehatan tubuh ataupun kesehatan rambut.

Simak Juga :
Semoga kita menjadi semakin bijak untuk bisa mengambil manfaat dari semua bahan alami yang dengan mudah dapat kita temui di lingkungan sekitar kita, salah satunya kemiri yang bermanfaat untuk kesehatan rambut. Dibandingkan harus menghabiskan uang untuk produk yang belum tentu terjamin keamanannya, lebih baik kita mamanfaatkan potensi alami yang telah Alloh SWT. anugerahkan kepada kita. Terima kasih telah menyimak Khasiat Kemiri untuk Kesehatan Rambut, semoga bemanfaat dan selamat mencoba..

0 comments "Khasiat Kemiri untuk Kesehatan Rambut", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment