Khasiat Luar Biasa Kacang Mete untuk Kesehatan

Khasiat Luar Biasa Kacang Mete untuk Kesehatan - Kacang Mete atau yang dikenal juga dengan sebutan kacang mede atau kacang mente sebenarnya merupakan biji dari jambu monyet atau jambu mede (Anacardium occidentale). Kacang mete bisa dijadikan sebagai makanan camilan yang lezat.

Khasiat Kacang Mete untuk Kesehatan
Khasiat Luar Biasa Kacang Mete untuk Kesehatan

1. Mencegah Kanker

Kacang mete mengandung proanthocyanidins, jenis flavanol yang terbukti mampu mencegah pertumbuhan sel kanker dan mematikannya secara alami. Bahkan hasil studi menunjukkan bahwa kadar tembaga yang tinggi pada kacang mete juga membanu untuk menangkal radikal bebas, sekaligus sebagai sumber phytochemical dan antioksidan yang baik bagi tubuh.

2. Menutrisi kulit dan rambut

Kacang mete kaya akan kandungan mineral tembaga yang merupakan komponen penting penyusun tironise. Enzim ini bertugas mengkonversi tirosinn ke melanin, pigmen pemberi warna pada rambut dan kulit.

Simak juga :
3. Menjaga kesehatan jantung

Kacang mete mengandung asam oleat yang berlimpah. Jenis lemak tak jenuh tunggal ini membantu meningkatkan kesehatan jantung serta mengurangi tingkat trigliserida. Selain itu, magnesium dalam kacang mete bisa membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah serangan jantung. Risiko jantung koroner dan kardiovaskuler bisa ditekan dengan rutin mengkonsumsi kacang mete yang bebas kolesterol dan tinggi antioksidan

4. Mencegah batu empedu

Menurut hasil studi oleh Nurses Health Study terhadap 80.718 wanita, diketahui bahwa wanita yang mengkonsumsi setidaknya satu ons kacang setiap minggu, seperti kacang mete, memiliki resiko 25% lebih rendah terkena penyakit batu empedu. (Baca : Obat Tradisional Penyakit Batu Empedu).

5. Merawat kesehatan tulang

Kacang mete mengandung magnesium, zat selain kalsium sebagai penyusun tulang. Selain itu, tembaga dalam kacang mete memberikan fleksibilitas pada tulang dan sendi.

6. Baik untuk syaraf

Kandungan magnesium pada kacang mete juga memberi manfaat pada aliran syaraf dan otot. Magnesium menjaga pembuluh darah dan otot tetap rileks dengan cara memperlambat aliran kalsium ke sel-sel syaraf.
Hasil penelitian membuktikan bahwa magnesium membantu mengurangi frekuensi serangan migrain, menurunkan tekanan darah dan membantu mencegah penyakit serangan jantung. Sebaliknya, kekurangan magnesium dalam tubuh dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, ketegangan otot, dan lelah.

7. Meningkatkan fungsi otak

Kacang mete bisa membantu meningkatkan oksigen ke otak. Kacang mete memiliki peran penting dalam meningkatkan memori otak, hal ini tidak lain karena kacang mete mengandung lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal yang berkaitan dengan produksi sel otak. Otak bergantung pada kedua jenis lemak ini, dan kacang mete memiliki kandungan yang tinggi kedua lemak tersebut.

8. Menurunkan berat badan

Mereka yang mengkonsumsi kacang mete 2x seminggu cenderung terhindar dari kegemukan. Sekitar 75% lemak yang terkandung dalam kacang mete adalah lemak tak jenuh (unsaturated fats) yang merupakan lemak baik.

Selain itu, kacang mete mengandung serat dalam jumlah tinggi. Lemak baik membuat kacang mete dapat membantu menurunkan berat badan dan memberikan lebih banyak energi pada tubuh. Kacang mete juga membantu memperlancar metabolisme tubuh.

0 comments "Khasiat Luar Biasa Kacang Mete untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment