12 Khasiat Kencur yang Luar Biasa untuk Kesehatan

12 Khasiat Kencur yang Luar Biasa untuk Kesehatan - Indonesia kaya akan keanekaragaman hayati dan telah dikaruniai dengan berbagai potensi alam yang luar biasa. Buktinya adalah dengan keberadaan berbagai jenis rempah-rempah yang melimpah, dan hampir semuanya dapat digunakan sebagai bahan alami atau obat herbal untuk pengobatan. Dan dari sekian banyak rempah-rempah yang tersebar di wilayah Indonesia, salah satunya yang akan kita bahas adalah kencur.

12 Khasiat Kencur yang Luar Biasa untuk Kesehatan
Kencur merupakan tanaman jenis temu-temuan (Zingiberaceae). Tanaman ini dapat dengan mudah tumbuh dengan baik di daerah dataran pegunungan yang tanahnya gembur. Sebagai obat tradisional, kencur merupakan satu komponen yang sangat populer. Sejak zaman dahulu, kencur sering digunakan untuk obat sakit tenggorokan, obat kembung, menambah stamina, menambah nafsu makan, tonikum, ekspektoran, mengatasi masuk angin, dll.

Kandungan Nutrisi dalam Kencur

Beberapa kandungan dalam kencur yang menjadikannya sebagai obat tradisional yang efektif mengobati berbagai penyakit antara lain : Pati, mineral, minyak atsiri, asam metal kanil, sineol, penta dekaan, asam cinnamic, ethyl aster, borneol, kamphene, paraeumarin, asam anisic, alkaloid dan gom.
Kandungan methanol dalam kencur ini dapat digunakan untuk melawan sejenis cacing parasit yang menyebabkan penyakit toksokariasis. Zat ini sangat efektif untuk melawan spesies penyebab penyakit sistem syaraf pusat dan juga melawan bakteri penyebab infeksi mata.

Khasiat Kencur untuk Kesehatan
 
Dalam dunia kesehatan, manfaat kencur bagi kesehatan tubuh telah teruji dan terbukti keampuhannya dalam mengobati berbagai jenis penyakit. Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit yang dapat diatasi dengan mengguankan kencur.

1. Obat masuk angin

Manfaat kencur untuk kesehatan yang pertama adalah untuk mengobati masuk angin. Cuci bersih satu rimpang kencur, makan kencur bersama dengan garam dapur lalu minumlah air hangat. Lakukan 2x sehari, untuk mencegah masuk angin.

2. Menghilangkan darah kotor

Siapkan 4 rimpang kencur, 2 lembar trengguli, 2 biji cengkeh kering dan adas secukupnya. Cuci semua bahan hingga bersih, rebus dengan 1 liter air sampai mendidih. Saring dan minumlah ramuan ini 2x sehari secara teratur.

3. Mengobati radang lambung

Mungkin tidak semua orang tahu bahwa ternyata dibalik rimpangnya yang berukuran kecil, kencur ini menyimpan manfaat yang luar biasa sebagai obat alami yang mampu mengobati radang lambung. Cara membuat ramuannya cukup sediakan : 2 rimpang kencur cuci besih, kupas dan kunyah. Telan airnya dan buang ampasnya, lakukan pengobatan ini hingga sembuh.

Simak juga
4. Mengobati keseleo

1 rimpang kencur cuci bersih, rendam dengan segenggam beras kemudian campurkan dengan rimpang kencur. tumbuk kedua bahan hingga halus, dan balurkan pada bagian tubuh yang keseleo.

5. Mengobati mulas pada perut

Cuci bersih 1 rimpang kencur, parut lalu tambahkan 2 sendok air masak dan sedikit garam. Saring ramuan tersebut dan minum airnya 2-3x sehari.

6. Obat batuk

Anda memiliki keluhan penyakit batuk? Jangan khawatir, kita bisa mengatasinya dengan menggunakan rempah-rempah dengan aroma khas yang sati ini. Caranya : 2 rimpang kencur cuci bersih, parut lalu campurkan dengan air hangat. Aduk rata lalu ambil airnya, tambahkan dengan sedikit garam dapur dan minulah ramuan tersebut hingga habis. Untuk perawatan, lakukan satu kali sehari.

7. Mengobati diare

Tumbuk 2 rimpang kencur dengan 2 siung bawang merah hingga halus, siapkan daun pisang dan bungkus ramuan tersebut. Bakar sampai ramuan menjadi hangat, oleskan ramuan tersebut pada bagian perut. (Baca : Obat Tradisional Penyakit Diare).

8. Menambah nafsu makan

Kandungann minyak atsiri dalam kencur bersifat karminativum, bisa menambah nafsu makan.

9. Mengatasi radang sendi

Kencur memiliki kandungan kurkumin yang berfungsi sebagai antiradang yang setara dengan fenilbutazon 100 mg yang dapat mengurangi rasa nyeri dan radang pada sendi.

10. Mengontrol kadar kolesterol

Kencur merupakan tanaman yang berfungsi untuk meningkatkan aliran empedu, cairan empedu yang pahit berwarna hijau tersebut berfungsi dalam proses penyerapan makanan agar tidak terganggu sehingga kadar kolesterol dalam darah dapat distabilkan dan normal kembali. Kencur merupakan tanaman obat tradisional untuk menurunkan kolesterol yang aman tanpa menimbulkan efek samping atau ketergantungan.

11. Antioksidan

Kandungan antioksidan dalam rimpang kencur yang kecil ini mampu membantu memelihara kesehatan, zat kurkumin bermanfaat sebagai antioksidan karena mampu menangkal radikal babas hingga mampu memelihara kesehatan tubuh.

12. Mengurangi lemak

Bagi Anda yang mengeluhkan berat badan yang berlebih, Anda tentunya akan lebih rentan terserang oleh penyakit dibandingkan dengan mereka yang memiliki berat badan ideal. Oleh karena itu, untuk menstabilkan berat badan menjadi lebih ideal, akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi kencur, karena memiliki senyawa yang bisa mencegah pembentukan lemak berbahaya pada tubuh. Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi lebih lengkap mengenai bagaimana cara menjadikan berat badan menjadi lebih ideal, Anda bisa menyimak pada sajian => Obat Tradisional untuk Melangsingkan Tubuh.

0 comments "12 Khasiat Kencur yang Luar Biasa untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment