Kandungan Nutrisi dan Khasiat Adas untuk Kesehatan

Kandungan Nutrisi dan Khasiat Adas untuk Kesehatan - Adas sudah lama dikenal sebagai salah satu bahan alami yang menjadi bahan dasar pengobatan tradisional dan selain itu, adas juga merupakan rempah-rempah yang seringkali dimanfaatkan sebagai  bumbu masakan dapur kita.

Tanaman Adas
Adas memiliki nama latin Foeniculum vulgare Miller ini termasuk ke dalam suku adas-adasan atau Apiaceae (Umbelliferae). Adas merupakan terna berumur panjang yang berbentuk herba, memiliki aroma yang harum berwarna hijau terang, dan mampu mencapai ketinggian 2 m. Daunnya tumbuh hingga 40 cm berentuk pita dengan segmen terakhir dalam bentuk rambut kira-kira lebarnya 0,5 mm. Bunga yang dihasilkan di ujung tangkai adalah bunga majemuk yang berdiameter 5 hingga 15cm. Setiap bagian umbel mempunyai 20-50 kuntum bunga kuning yang amat kecil pada pedikel-pedikel yang pendek. Buahnya adalah biji kering berbentuk lonjong, berusuk, panjang 6 – 10 mm, lebar 3 – 4 mm, masih muda hijau setelah tua cokelat agak hijau atau cokelat agak kuning sampai sepenuhnya cokelat. Bijinya yang dikeringkan dikenali sebagai biji adas. Buah masak mempunyai bau khas aromatik, bila dicicipi rasanya relatif seperti kamfer

Kandungan Nutrisi dalam Adas
Kandungan Nutrisi dan Khasiat Adas untuk Kesehatan
Adas ini mengandung minyak atsiri (Oleum Foeniculi) 1 – 6%, mengandung 50 – 60% anetol, lebih kurang 20% fenkon, pinen, limonen, dipenten, felandren, metilchavikol, anisaldehid, asam anisat, dan 12% minyak lemak. Kandungan anetol yang menyebabkan adas mengeluarkan aroma yang khas dan berkhasiat karminatif. Akar mengandung bergapten. Akar dan biji mengandung stigmasterin (serposterin).

Mungkin kebanyakan orang mengetahui fungsi adas hanyalah sebatasa bumbu dapura saja, padahal fakta ilmiah menunjukkan bahwa adas ini memiliki kandungan nutrisi dan zat gizi yang lengkap, dan tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Dimulai dari akar, daun, batang dan bijinya. Daun adas digunakan sebagai diuretik (pelancar air seni) dan memacu mngeluarkan keringat. Akarnya bermanfaat sebagai obat batuk, pencuci perut dan sakit perut setelah melahirkan. Tidak hanya itu, adas ini juga bisa digunakan untuk mengobati gangguan pernafasan dan mengobati rasa mulas.

Khasiat Adas untuk Kesehatan

1. Obat batuk
  • Siapkan serbuk buah adas sebanyak 5 gram, seduh dengan 1/2 cangkir air mendidih, saring dan tambahkan dengan 1 sendok teh madu, aduk hingga merata dan minumlah sekaligus. Lakukan 2x sehari, hingga keluhan batuk sembuh.
  • Siapkan daun saga 1/4 genggam, bunga kembang sepatu 2 kuntum, daun poko 1/5 genggam, bunga tembelekan 10 kuntum, bawang merah 2 siung, adas 1 sendok teh, pulosari 1 jari, rimpang jahe 1 jari, gula merah secukupnya,. Rebus semua bahan dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya, dinginkan dan saring. Minumlah 3xsehari, masing-masing 1/2 gelas.
2. Obat sesak nafas
  • Ambil minyak adas 10 tetes seduh dengan 1 sendok makan air panas, minum selagi hangat. Lakukan 3x sehari, hingga sembuh
  • Siapkan adas 1/2 sendok teh, pulosari 1/4 jari, rimpang kencur 2 jari, rimpang temulawak 1 jari, jintan hitam 114 sendok teh, daun poncosudo 1/4 genggam, gula merah seukupnya dan rebus semua bahan dengan 4,5 gelas air hingga tersisa separuhnya. Dinginkan dan saring, kemudian minum ramuan tersebut 3x sehari, @ 3/4 gelas. (Obat Alami Penyembuh Sesak Nafas).
3. Obat sariawan

Siapa sangkah adas ini adalah salah satu obat tradisional untuk sembuhkan sariawan ? Faktanya memang iya, adas ini mampu mengatasi sariawan, caranya mudah : Siapkan adas 3/4 sendok teh, ketumbar 3/4 sendok teh, daun iler 1/5 genggam, daun saga 1/4 genggam, sisik naga 1/5 genggam, daun sembung 1/4 genggam, pegagan 1/4 genggam, daun kentut 1/6 genggam, pulosari 3/4 jari, lempuyang wangi 1/2 jari, kunyit 1/2 jari, kayu manis 3/4 jari, gula merah secukupnya. Rebus semua bahan dengan 4,5 gelas air hingga sersusa separuhnya. Minum 3x sehari, @ 3/4 gelas.

4. Mengatasi haid tidak teratur

Siapkan daun dan bunga srigading masing-masing 1/5 genggam, jinten hitam 3/4 sendok teh, adas 1/2 sendok teh, pulosari 1/2 jari, bunga kesumba keling 2 kuntum, jeruk nipis 2 buah, gula batu sebesar telur ayam, dicuci lalu dipotong-potong seperlunya.

Bahan-bahan tadi lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin disaring, minurn 3 kali sehari, masing-masing 3/4 gelas. (Baca : Obat Tradisional Pereda Nyeri Haid).

5. Obat Batu Empedu

Serbuk buah adas sebanyak 5 gr diseduh dengan 1 cangkir air panas. Minum selagi hangat. Simak lebih lanjut sajian informasi pengobatan penyakit batu empedu dengan obat tradisional di => Obat Traidisonal Penyakit  Batu Empedu.

Itulah Kandungan Nutrisi dan Khasiat Adas untuk Kesehatan tubuh kita. Semoga bemanfaat dan menambah pengetahuan Anda akan manfaat adas bagi kesehatan tubuh, sehingga bisa meningkatkan kesadaran kita akan pentingnya memanfaatkan potensi alam yang Alloh.SWT berikan kepada kita semua. Salam sehat..

0 comments "Kandungan Nutrisi dan Khasiat Adas untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment