Khasiat Temu Kunci untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Temu Kunci untuk Kesehatan Tubuh - Jenis rempah-rempah yang memiliki nama Latin Boesenbergiae rhizoma adalah salah satu jenis tanaman yang tidak memiliki batang. Rimpangnya terdapat dalam tanah, dan untuk setiap temu rimpang biasanya terdapat 2-7 helai, bunganya berwarna putih kekuningan yang tumbuh di ujung tangkai. Adapun cara budidaya tanaman temu kunci ini adalah dengan tunas, dan temu kunci dapat tumbuh dengan subur di daerah yang beriklim panas dengan tanah yang subur.

Khasiat Temu Kunci untuk Kesehatan Tubuh

Selama ini, kita mengenal temu kunci hanyalah rempah-rempah atau bahan bumbu dapur yang dimanfaatkan untuk menambah citarasa atau penyedap masakan. Mungkin tidak semua orang tahu bahwa di dalam rimpangnya yang kecil tersebut, selain berfungsi sebagai bumbu dapur, temu kunci ini juga memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat yang dimiliki tanaman temu kunci ini tak lain karena dalam rimpang temu kunci ini terdapat berbagai macam kandungan nutrisi dan zat gizi yang berperan aktif dan berfungsi bagi kesehatan tubuh kita, antara lain : minyak atsiri1.2%, zat penyusun minyak atsiri ini adalah kamfer, sineol, tannin, kurkumin, metil sinamat, dan hidromirsen. Selain itu, ada juga damar, pati, saponin, aalipinetin, dan flavonoid pinostrolein.
  • Masuk angin. Manfaat temu kunci yang pertama akan kita bahas adalah sebagai obat masuk angin. Obat masuk angin, perut kembung, yang disertai dengan mual-mual dapat disembuhkan dengan menggunakan temu kunci, caranya : siapkan 15 gram rimpang temu kunci, 2 jari pulosari dan adas secukupnya. tumbuk semua bahan hingga lumat dan balurkan pada bagian perut 1-2 kali dalam sehari.
  • Obat panas dalam. Panas dalam ini bisa menimbulkan keluhan penyakit yang lain seperti sariawan, bibir pecah-peccah, dll. Untuk, mengatasinya kita dapat menggunakan temu kunci ini, caranya : 10 gram temu kunci, 20 gram daun cocor bebek, dan 25 gram daun kumis kucing segar, potong kecil-kecil dan rebus dengan 800 cc air hingga air rebusannya tersisa setengahnya. Dinginkan dan saring air rebusan tersbut, minum 2xsehari @200 cc.
  • Mengobati keputihan. Caranya cukup muda : siapkan 10 gram temu kunci, 5 gram temulawak, 5 gram kunyit, dan 15 gram sabiloto kering, masukkan semua bahan ke dalam panci yang berisi 1 liter air, rebus hingga air rebusannya tersisa seperempatnya, saring dan minum secara rutin pagi dan sore. (Baca : Obat Tradisional Penyakit Keputihan).
  • Melancarkan ASI. Selama ini yang kita tahu jenis tanaman herbal yang mampu membantu melancarkan ASI adalah hanya daun katuk. Ternyata daun katuk bukanlah satu-satunya tanaman herbal yang mampu meningkatkan produksi ASI ibu menyusui, rimpang temu kunci juga bisa. Caranya : siapkan 20 gram temu kunci, iris tipis-tipis dan rebus dengan 1 gelas air selama stengah jam dan masukkan sedikit garam, dinginkan dan minum ramuan tersebut.
  • Penambah stamina dan gairah seksual. Cara membuat ramuannya adalah: campurkan 4 rimpang temu kunci dengan 500 gram temulawak, tumbuk dan campurkan dengan sedikit air dan peras. Agar tidak terlalu hambat, air perasan tersebut dapat ditambahkan dengan madu, minum segelas sehari. Simak juga => Obat Tradisional Penyakit Lemah Syahwat.
  • Sari rapet (Mengecilkan Vagina). Bahan : 25 gram temu kunci, 25 gram kencur, 10 lembar daun sirih, 1 buah pinang, 5 gram lempuyang wangi. Cara membuatnya pertama-tama yang harus kita lakukan adalah mencuci semua bahan dan kemudian menumbuknya, tambahkan pula adas pilosari dan tumbuk kembali hingga halus. Untuk penggunaanya, cukup balurkan ramuan ada perut.
    Menghaluskan kulit. Sediakan : 25 gram temu kunci, 25 gram kencur, 10 lembar daun sirih, 1 buah pinang, 5 gram lempuyang wangi. Langkah pembuatan ramuan ini sama dengan langkah pada pembuatan ramuan untuk sari rapet. Setelah semua bahan ditumbuk halus, aplikasikan remuan tersebut dengan cara membalurkannya pada kulit.
  • Obat penyakit batu empedu. Siapa yang sangka bahwa dibalik bentuk rimpangnya yang kecil ini, temu kunci ternyata memiliki khasiat sebagai obat tradisional penyakit batu empedu? Bagi Anda yang memiliki keluhan penyakit batu empedu, tidak ada salahnya jika Anda mencoba melakukan pengobatan alami ini, caranya cukup mudah : 10 gram temu kunci, 30 gram daun sendok, 30 lembar daun kumis kucing, 30 gram daun sambiloto segar, 30 gram rambut jagung, 15 gram meniran, dan akar alang-alang secukupnya. Kemudian cuci semua bahan lalu rebus dalam 1,5 liter air hingga tersisa 600cc saring dan minumlah 3xsehari @200 cc.
Itulah sajian informasi Khasiat Temu Kunci untuk Kesehatan Tubuh. Dengan mengetahui manfaat apa saja yang terkandung dalam rimpang temu kunci, semoga menjadikan kita bisa lembih bijak dalam memanfaatkan potensi alam yang telah Alloh.SWT anugerahkan kepada kita. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba..

1 comments:

  1. Yang butuh bibit Temu Kunci dan Delima (putih, merah ungu/hitam) bisa hubungi kami di chasiapro@gmail.com atau 082136712513 Siap kirim ke seluruh Indonesia. Trims Prabowo Jogja, Jakarta, Bandung, Medan, Denpasar, Balikpapan

    ReplyDelete