Informasi Seputar Penyakit Gondongan

Informasi Seputar Penyakit Gondongan - Berikut ini adalah sajian informasi lengkap mengenai penyakit gondongan, gejala yang menyertainya dan penyebab yang menjadi pemicu timbulnya penyakit gondongan ini. Simak sajian lengkapnya berikut ini.
 
Penyakit Gondongan
Informasi Seputar Penyakit Gondongan
Penyakit Gondongan atau dalam istilah medis Parotitis/mumps adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus yang sifatnya menular. Dimana virus menyerang bagian kelenjat parotis (kelenjar ludah) di antara telinga dan rahang sehingga menyebabkan pembengkakan pada leher bagian atas atau pipi bagian bawah. Gangguan ini cenderung menyerang anak-anak usia 2-12 tahun. Sedangkan pada orang dewasa, penyakit ini akan menyerang testis, sistem saraf pusat, pankreas, prostat, payudara dan organ lainnya.

Penyebab Penyakit Gondongan

Penyebab penyakit gondongan ini adalah virus yang disebut dengan nama Paramyxovirus A yang menginfeksi kelenjar liur terutama parotis yang terletak di depan bawah telinga. Virus ini juga dapat menginfeksi kelenjar ludah lainnya yang lebih rendah yang terletak di sepanjang rahang.

Gejala Penyakit Gondongan
  • Tahap awal, (1-2 hari), penderita penyakit gondongan ini akan mengalami gejala : demam, sakit kepala, nyeri otot, kehilangan nafsu makan, nyeri rahang baian belakang saat mengunyah dan adakalanya rahang terasa kaku (sulit membuka mulut)
  • Terjadi pembengkakan kelenjar di bawah telinga (parotis) yang diawali dengan pembengkakan salah satu sis kelenjar kemudian kelenjar mengalami pembengkakan.
  • Pembengkakan biasanya berlangsung 3 hari kemudian berangsur mengempis.
  • Terkadang terjadi pembengkakan pada kelenjar di bawah rahang (submandibula) dan kelenjar bawah lidah (sublingual). Pada pria akil baligh gejalanya terjadi pembengkanan pada buah zakar (testis) karena penyebarannya melalui aliran darah.
Rekomendasi Pengobatan untuk Penyait Gondongan

Penyakit yang diakibatkan oleh infeksi viru dan bakteri ini akan berdampak buruk pada kesehatan penderitanya. Kami memberikan rekomendasi penyembuhan penyakit gondongan secara alami dengan menggunakan tanaman herbal yang memiliki kemampuan luar  biasa dalam mengatasi penyakit gondongan. Madu, bunga roselle, daun sirsak adalah beberapa tanaman obat penyakit gondongan yang dapat kita gunakan. Simak sajian informasinya di => Obat Tradisional Penyakit Gondongan.

Itulah sajian Informasi Seputar Penyakit Gondongan. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita mengenai bahaya penyakit gondongan, dan dengan mengetahuinya diharapkan kita bisa bisa lebih waspada agar tidak terkena penyakit gondongan ini, salah satu caranya adalah dengan menjaga pola makan dan gaya hidup yang lebih sehat serta menjaga kebersihan tubuh  dan lingkungan.

0 comments "Informasi Seputar Penyakit Gondongan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment