Khasiat Tanaman Begonia untuk Kesehatan

Khasiat Tanaman Begonia untuk Kesehatan - Tanaman Begonia ini memiliki nama Latin Begonia popenoci Standley yang konon bermula sari sebuah hutan tropis. Tanaman ini merupakan tumbuhan liar yang dapat tumbuh du hutan-hutan basah atau kadang ditanam sebagai tanaman hias. Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik di tempat-tempat yang lembab, tanah berhumus, dan di tempat yang sedikit ternaungi, mulai dari ketinggian 900m sampai 2.300 m dpl. 

Khasiat Tanaman Begonia untuk Kesehatan
Pertumbuhan tanaman bunga begonia ini menyemak maupun menjalar, dan ada juga yang tumbuh vertikal. BEgonia daun tidak menyukai air yang berbelhian dan sinar matahari langsung, begonia membutuhkan kondisi yang hangat. Tanaman ini hanya mampu bertahan selama 1-2 tahun, akan tetapi tanaman ini juga sangat mudah untuk dibudidayakan.Biasanya bunga begonia akan berbunga pada bulan Juni sampai September. Waktu panen yang tepat adalah bulan September hingga bulan November.

Tidak hanya cantik dan memiliki bentuk bunga yang unik, tanaman bunga begonia ini juga ternyata dapat digunakan sebagai obat dan memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh kita, dari penyakit luar hingga penyakit dalam, diantaranya : demam, pemebersih darah, mampu mengatasi haid, mengobati batuk, dan obat luka.

Kandungan Kimia Tanaman Bunga Begonia

Alasan mengapa tanaman bunga begonia ini memiliki khasiat untuk kesehatan adalah karena di dalamnya terkandungan beberapa zat kimia yang berfungsi sebagai penyembuhan beberapa jenis penyakit dalam tubuh, diantaranya : saponin, tanin, flavonoida, polifenol.

Khasiat Tanaman Begonia untuk Kesehatan

1. Obat Turun Panas

Gunakan seluruh bagian tanaman begonia segar sebanyak 30 gram, kemudian cuci bersih dan rebus dengan 200 ml air sampai mendidih hingga rebusannya tinggal tersisa setengahnya. Dinginkan dan saring air rebusan obat penurun panas dari tanaman begonia ini, dan minum 2-3 x sehari.

2. Obat Pereda Sakit Saat Haid

Gunakan seluruh bagian tanaman begonia segar sebanyak 50 gram, cuci besih dan rebuslahd engan 400 ml air sampai mendidih selama kurang lebih 15 menit, saring dan minum 2x sehari, pagi dan sore. Lakukan secara rutin mengobati sakit haid dengan tanaman bunga begonia obat tradisional pereda nyeri haid yang efektif.

Bunga begonia tidak hanya memiliki fungsi sebagai tanaman hias yang dapat mempercantik tampilan taman atau halaman rumah kita, tetapi telah diketahui secara melalui penelitian ilmiah, bahwa tanaman begonia bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Terima kasih telah menyimak Khasiat Tanaman Begonia untuk Kesehatan, semoga bermanfaat..

1 comments:

  1. Mabtab bos infonya, ditunggu post terbarunya bos

    ReplyDelete