Khasiat Bunga Air Mata Pengantin untuk Kesehatan

Khasiat Bunga Air Mata Pengantin untuk Kesehatan - Berikut ini adalah sajian informasi mengenai salah satu jenis bunga yang telah kita kenal sejak lama, yaitu Bunga Air Mata Pengantin dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Simak sajiannya berikut ini.

Khasiat Bunga Air Mata Pengantin untuk KesehatanBunga Air Mata Pengantin memiliki nama latin Antigonon leptopus adalah tanaman menjalar dengan bunga berwarna merah jambu dan berwarna putih, mampu tumbuh dengan subur di daerah Amerika Tengah, tepatnya Meksiko. 

Daun tanaman bunga air mata pengantin ini berbentuk jantung, batangnya bulat, bunganya majemuk keluar dari ketiak, buahnya kering berbiji satu. Sebagai tanaman liana atau merambat, bunga air mata pengantin ini seringkali ditemukan pada pepohonan lainnya. Sedangkan jika dikembangkan sebagai tanaman hias dihalaman rumah atau di taman, bunga ini dapat dirambatkan pada pagar maupun media rambat lainnya. Tanaman bunga air mata pengantin ini pernah menjadi tanaman favorit untuk dirambatkan pada pergola sehingga sekaligus berfungsi sebagai peneduh.

Kandungan dalam Bunga Air Mata Pengantin


Bunga Air Mata Pengantin (Antigonon leptopus)
Bunga Air Mata Pengantin (Antigonon leptopus)
Bunga air mata pengantin ini yang kita kenal hanya sebagai tanaman bunga merambat yang dijadikan sebagai hiasan, baik itu dihalaman rumah, taman dan media rambat lainnya.

Disamping memiliki fungsi sebagai tanaman hias, dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa bunga air mata pengantin bermanfaat untuk kesehatan, diantaranya sebagai antidiabetes dan antitrombin. 

Dari penelitian sebelumnya, beberapa senyawa yang telah diisolasi dari akar dan rimpang Antigonon leptopus adalah : 
  • 2-anthocyanin
  • Pelargonin
  • Malvin
  • Quercetin
  • thamnetin
  • Quercetin-3-o-β-D-glucopyranoside. 
Jaya(2010) Mengatakan ekstrak metanol A. leptopus tidak memiliki racun dan justru memiliki kemampuan sebagai hepatoprotektif yang dapat melindungi kerusakan hati dari CCl4. Cara pemanfaatannya adalah dengan mengekstrak akar dan rimpang air mata pengantin. Selain itu, tanaman air bunga pengantin ini juga memiliki kemampuan yang hasilnya menunjukkan bahwa ekstrak etil asetat dan ekstrak metanol Antigonon leptopus signifikan dipamerkan kelumpuhan pada cacing, terutama pada konsentrasi yang lebih tinggi dari 80 mg/ml dibandingkan dengan obat standar.

Itulah sajian informasi lengkap mengenai Khasiat Bunga Air Mata Pengantin. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda mengenai manfaat bung air mata pengantin bagi kesehatan tubuh. Dapatkan sajian informasi lengkap lainnya mengenai kesehatan dan ramuan herbal hanya di Blog Obat Tradisional Penyakit Amandel. Terima kasih..

0 comments "Khasiat Bunga Air Mata Pengantin untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment