Khasiat Bunga Kenop untuk Kesehatan

Khasiat Bunga Kenop untuk KesehatanKhasiat Bunga Kenop untuk Kesehatan - Bunga Kenop atau dalam bahasa Latin Gomphrena Globosa L, adalah herba tahunan yang berasal dari Amerika Tropis memiliki tinggi sekitar kurang lebih 60 cm, berambut dan digunakan sebagai tanaman hias yang dapat tumbuh liar di ladang-ladang yang cukup mendapat sinar matahari, dan dapat ditemukan pada ketinggian 1-1.300 m dpl.

Bunga Kenop memiliki batang hijau yang kemerahan, berambut, membesar pada ruas percabangannya, daunnya duduk berhadapan, bertangkai, bentuknya bulat telur sungsang dengan panjang 4-10 cm dan lebar 2-5 cm, daun tersebut runcing diujungnya, berwarna hijau, dibagian atasnya berambut halus, bunganya berbentuk seperti bola berwarna merah tua keunguan, merah muda atau putih dan berbentuk bonggol.

Kandungan Kimia Bunga Kenop

Rasa dan khasiat bunga kenop tidak terlepas dari kandungan kimia yang ada di dalamnya. Bunga Kenop ini mengandung beberapa jenis zat kimia, antara lain : Gomphrenin, I, II, III, V, VI, dan amarathin, Kandungan minyak atsiri, flavon atau saponin (yang berkhasiat sebagai peluruh dahak).

Pemanfaatan Bunga Kenop

Khasiat Bunga Kenop untuk Kesehatan biasanya digunakan untuk mengobati penyakit : Batuk rejan (pertusus), TB paru-paru disertai batuk darah, sesak nafas, radang saluran nafas akut, radang mata, sakit kepala, panas dan kejang pada anak karena gangguan hari, mimpi buruk pada anak, disentri, buang air kecil tidak lancar, dan digunakan juga sebagai obat herbal untuk menambah nafsu makan.

Khasiat Bunga Kenop untuk Kesehatan

1. Sesak Napas karena Asma Bronkitis

Untuk mengobati penyakit asma bronkitis, bahan yang diperlukan adalah : 10 kuntum bunga kenop rebus dalam 3 gelas air besih hingga tersisa 1 gelas, ambahkan arak kuning sebanyak satu sloki. Minumlah obat tradisional penyakit asma dari bunga kenop ini 3x sehari, masing-masing 1/3 gelas. Lakukan secara rutin, hingga sembuh.

2. Melancarkan Bunga Air Kecil

Bagi Anda yang memiliki keluhan susah untuk buang air kecil, Anda bisa mengatasinya dengan mengambil manfaat dari bunga kenop, cara membuatnyapun sangat mudah, Anda cukup mereebus 3-10 gram bunga kenop dalam 3gelas air besih hingga tersisa 1g elas. Setelah dingin, rebusan bunga kenop tersebut disaring dan minum air rebusannya 2x sehari, masing-masing 1/2 gelas.

3. Panas pada Anak karena Gangguan Hati (Liver)

Cara membuat ramuannya adalah : cuci bersih 7-14 kuntum bunga kenop sgar sampai bersih, lalu rebus dalam 3 gelas air bersih sampai tersisa 1/2 gelas. Setelah dingin, saringlah air rebusan bunga kenop tersebut dan minum 3x sehari, masing-masing 1/2 gelas.
Catatan : untuk gangguan livernya sendiri, harus tetap dikonsultasikan dengan para ahli medis atau dokter.
4. Disentri

Penyakit Disentri diakibatkan oleh bakteri atau kuman yang sering kali terbawa bersamaan dengan makanan atau minuman yang kita konsumsi. Fakta yang luar biasa bahwa, ternyata bunga kenop yang kita kenal sebagai tanaman hias bisa digunakan sebagai obat tradisional penyembuh penyakit disentri. Caranya cukup rebus 10 kuntum bunga kenop segar dalam 100 cc arak kuning sampai mendidih (selama 15 menit). Setelah dingin, saring dan minum sekaligus. Lakukan 2-3 x sehari.

5. Penambah Nafsu Makan

Untuk menambah nafsu makan : Cuci bersih 20 gram bunga kenop, kemudian rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring dan minum air rebusan herbal penambah nafsu makan dari bunga kenop. Sebaiknya diminum 2x sehari, masing-masing 1 gelas.

Itulah beberapa manfaat bunga kenop bagi kesehatan tubuh. Semoga sajian informasi mengenai Khasiat Bunga Kenop untuk Kesehatan yang kami berikan ini bermanfaat dan menjadi solusi penyembuhan atas keluhan yang Anda derita. Selamat mencoba..

1 comments: