Khasiat Bunga Lavender untuk Kesehatan

Khasiat Bunga Lavender untuk Kesehatan - Bunga Lavender memiliki nama Latin Lavandula afficinalis syn.L. angustigolia (lamiaceae). Bunga yang memiliki bentuk yang mungil dan berwarna ungu ini berasal dari Eropa, tepatnya di wilayah Perancis yang biasa digunakan sebagai parfum, perlengakapan dalam upacara keagamaan(ritual) dan juga berfungsi sebagai tanaman obat sejak zaman Romawi Kuno. Kata Lavender sendiri berasal dari kata 'Lavere' yang berarti menyegarkan, dan di Indonesia sendiri bunga lavender ini diambil manfaatnya sebagai tanaman pengusir nyamuk.

Khasiat Bunga Lavender untuk Kesehatan
Bunga Lavender dapat tumbuh dengan baik di ketinggian 600-1.350 mdpl, di mana semakin tinggi tempat tumbuhnya, maka akan semakin baik pula kualitas minyak bunga lavender yang dihasilkan. Pengembangbiakan bunga ini biasanya menggunakan bijinya, biji-biji yang tua dan sehat biasanya disemaikan. Warna ungu pada bunga lavender ini ternyata sangat unik, kita bisa menggosokannya ke kulit, selain aromanya yang wangi, Andapun dapat terhindar dari gigitan nyamuk.

Lavender sendiri merupakan tumbuhan semak pendek yang banyak memiliki cabang dan batang bawah, bercabang, tegak, dan bertunas. Bagian daun atas berwarna abu-abu hijau dan keperakan pada bagian bawah, berbentuk lonjong dan meruncing, serta menempel pada bagian bawah tanaman. Bunganya sendiri berwarna violet biru dan memberikan aroma yang wangi. Batang bunganya menjulang tinggi di atas daun, dan bunganya melekat pada batang hingga berjumlah 6-10.

Manfaat Bunga Lavender

Komposisi utama dalam minyak bunga lavender adalah linalool asetat yang mampu mengendorkan dan melemaskan sistem kerja urat-urat syaraf yang menegang. Selain itu, bunga lanver juga dikenal dengan khasiatnya sebagai : lotion anti nyamuk, aromaterapi, parfum, minyak gosok, ramuan untuk mandi, dan sebagai obat alami untuk penyembuhan beberapa jenis penyakit.

Kandungan Bunga Lavender:
  • Monoterpene Hidrokarbon
  • Camphene
  • Alokasi-ocimene
  • Limonene
  • Geraniol
  • Lavandulol
  • Nerol
Khasiat Bunga Lavender untuk Kesehatan

1. Meremajakan kulit

Sifat antiseptik dan antijamur dari lavender dapat membantu pengobatan masalah kulit selama berabad-abad lamanya. Aksinya menyeimbangkan yang membantu membersihkan jerawat, mencegah degenerasi jaringan, mengatasi psoriasis, luka bakar, luka iris, dan sengatan matahari.

2. Memperkuat rambut

Lavender banyak sekali ditemukan pada produk shampoo atau produk perawatan rambut lainnya. Asalannya karena bunga lavender ini mampu menjaga kesehatan rambut, menyeimbangkan minyak kulit kepala dan meremajakan rambut dari akar sampai ke ujung, melalui pijat teratur dengan menggunakan minyak bunga lavender

Beberapa studi menemukan bahwa lavender dapat membantu proses pertumbuhan rambut dalam kasus alopecia areata, yaitu suatu kondisi rambut rontok yang mengakibatkan kebotakan.

3. Mengatasi selulit

Kaki yang indah dapat kita miliki dengan perawatan yang bisa kita dapatkan dari manfaat bunga kecil yang cantik ini. Lavender mampu meningkatkan sirkulasi, warna kulit, serta mencegah strech mark dan mencegah retensi cairan, sehingga selulit dapat dicegah secara efektif.

4. Mengatasi insomnia dan meringankan kecemasan

Penelitian ilmiah yang telah dilakukan para ilmuwan telah didapatkan fakta bahwa bunga lavender yang bersifat aromaterapi sangat efektif untuk menenangkan sistem syaraf. Dengan penggunaan minyak lavender ini bisa meningkatkan kualitas tidur dan bisa juga digunakan untuk menenangkan suasana hati yang cemas dan depresi. Bagi Anda yang memiliki keluhan penyakit insomnia, Anda bisa mengatasinya dengan obat tradisional penyakit insomnia yang dibuat dari ekstrak minyak bunga lavender.

5. Mengurangi sakit kepala

Bunga Lavender ini dikenal sebagai aromatherapis yang efektif untuk menghilangkan rasa sakit. Pijatan lembut dengan menggunakan minyak lavender tidak hanya dapat mencairkan ketegangan tubuh, namun juga merupakan tanaman herbal untuk sakit kepala. Selain itu, lavender juga sangat efektif untuk mengatasi nyeri otot, sakit sendi, rematik, dan keseleo.

6. Mengatasi gangguan pernafasan

7. Membantu sistem penceranaan

Perut memiliki banyak syaraf seperti halnya otak, sehingga tidak mengejutkan jika lavender dapat menenangkan sistem pencernaan karena dapat menenangkan fikiran. Sebagai antispasmodic dan obat penenang, lavender dapat bekerja pada 'nervous stomach' (sakit perut) dan kram, serta mampu membantu pencernaan dengan merangsang produksi asam lambung dan empedu.

8. Meningkatkan immunitas atau kekebalan tubuh

Penggunaan minyak bunga lavender ini telah terbukti mampu meningkatkan ketahanan terhadap penyakit dengan menurunkan aliran hormon stress kortisol. Kortisol ini dapat menurunkan kekebalan tubuh, mengakibatkan tubuh lebih rentan terkena penyakit flu selama masa stress. (minyak lavender esensial tidak dianjurkan untuk wanita hamil atau menyusui).

9. Menyejukkan dan menenangkan

Aroma lavender membawa rasa tenang. Penelitian telah menunjukkan bahwa lavender ini memiliki sifat menyejukkan dan bahkan memberikan efek penenang ketika dihirup. Produk yang mengandung lavender baik untuk menyejukkan dan menenangkan bayi.

10. Menghilangkan ketombe

Minyak bunga lavender dapat mengatasi masalah ketombe dan membantu kondisi kulit kepala. Salah satu cara mengatasi ketombe dengan menggunakan minyak lavender, resep dari Francesca Fusco, M.D., seorang Dermatolog yang berbasis di New York : Basahi rambut dengan air hangat dan keringkan dengan handuk. Selanjutnya, ambil cangkir dan campuran 15 tetes minyak esensial lavender dengan 2 sdm minyak zaitun atau minyak almond.

Masukkan dalam microwave selama sekitar 10 detik atau sampai terasa hangat. Pijatlah minyak ke kulit kepala, kenakan topi mandi, diamkan selama satu jam, lalu keramas "mungkin butuh beberapa kali perawatan untuk melihat manfaatnya," catatnya. 

Terima kasih telah menyimak sajian informasi Khasiat Bunga Lavender untuk Kesehatan. Simak sajian informasi menarik lainnya mengenai kesehatan dan berbagai macam ramuan herbal, hanya di Blog Obat Tradisional Penyakit Amandel. Semoga bermanfaat.

0 comments "Khasiat Bunga Lavender untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment