11 Manfaat Kol untuk Kesehatan Tubuh

 11 Manfaat Kol untuk Kesehatan Tubuh - Manfaat kol sebagai sayuran memang sudah tidak diragukan lagi, sayurang yang memiliki kandungan serat tinggi ini sangat penting untuk kesehatan tubuh kita. Kol atau yang sering disebut dengan isitlah kubis ini termasuk ke dalam jenis Capitata, yaitu sayurang yang memanfaatkan daunnya yang membentuk bulat padat. Kol ini sendiri berasal dari Wilayah Eropa yang sudah tersebar luas di berbagai belahan bumi. Ada sekitar 400 jenis varietas kol yang dibudidayakan di seluruh dunia.

Kandungan Nutrisi yang Terdapat dalam Kol

Kol adalah salah satu jenis sayuran yang banyak digunakan dalam berbagai hidangan atau aneka masakan, seperti salad, sayur sop, atau pada karedok yang biasanya memang digunakan untuk menambah citarasa aneka masakan tersebut. Tidak hanya mampu memberikan citarasa yang khas, ternyata kol memiliki kandungan nturisi dan zat gizi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya :
  • Vitamin A
  • Vitamin B kompleks
  • Zat besi
  • Kalium
  • Ripoflavin
  • Asam folat
11 Manfaat Kol untuk Kesehatan Tubuh

11 Manfaat Kol untuk Kesehatan Tubuh
1.Membantu Pembentukan Sel Darah Merah

Zat besi adalah komponen utama yang membuat proses pembentukan sel darah merah lebih produktif, sehingga mencegah tubuh dari penyakit anemia atau penyakit kurang darah. Mengkonsumsi kola dapat disandingkan dengan jus jeruk, karena manfaat jeruk mampu mengoptimalkan penyerapan zat besi dari manfaat kol itu sendiri.

2. Mencegah Kanker

Golongan kubis-kubisan seperti kol ini memiliki kandungan zat yang mampu memerangi sel-sel kanker dalam tubuh. Zat tersebut akan merangsang enzim untuk menahan laju pertumbuhan tumor atau kanker. Penelitian di China juga menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi kol dan brokoli mengalami penurunan resiko terjadinya gejala penyakit kanker payudara.

3. Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Kalium adalah senyawa yang baik untuk mengurangi gejala penyakit darah tinggi atau penyakit hipertensi. Tingginya kandungan kalim dlaam kol akan mampu menormalkan tekanan darah tinggi yang dialami oleh seseorang.

4. Kaya Akan Vitamin C

Tidak hanya buah-buahan seperti jeruk, aple atau anggur saja yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sayuran kol ini juga ternyata memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, sehingga hal ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik untuk mencegah terjadinya penyakit yang menyerang tubuh. Vitamin C juga sangat baik untuk merawat kesehatan kulit.

5. Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang menginginkan bentuk tubuh serta berat badan yang ideal, mengkonsumsi kola adalah salah satu solusi yang paling dianjurkan, hal ini karena dengan mengkonsumsi kol sercara rutin dapat menurunkan berat badan secara alami dan tentunya sangat sehat. Kol memiliki banyak kandungan vitamin yang bermanfaat, mineral dan zat gizi lainnya yang. Anda dapat mengkonsumsi kol dalam jumlah yang banyak, karena kol sendiri memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan rendah kalori, sehingga hal ini tidak akan mempengaruhi penambahan berat badan Anda dan justru akan mengontrol berat badan menjadi lebih ideal.

6. Detoksifikasi Tubuh

Kandungan vitamin C yang sangat tinggi dan sulfur dalam kol dapat membantu menghilangkan racun (radikal bebas) dalam tubuh. Radikal bebas ini adalah salah satu faktor utama penyakit arthritis, penyakit kulit, rematik, dan asam urat.

7. Baik untuk Otak

Kol atau kubis merupakan sumber vitamin K dan antosianin yang dapat membantu kesehatan mental dan konsentrasi otak. Kandungan ini juga dapat mencegah kerusakan syaraf, meningkatkan pertahanan tubuh, mencegah terjadinya penyakit alzheimer. Oleh karena itu, mulailah konsumsi kol untuk menjaga kesehatan otak Anda.

8. Baik untuk Mata

Kol kaya akan kandungan beta-karoten. Sebagian besar orang, terutama mereka yang sudah lanjut usia, beralih rutin untuk mengkonsumsi kol, karena dapat mencegah degenerasi makula dan dapat meningkatkan kesehatan mata, serta mampu mencegah penyakit katarak. Selain itu, zat beta-karoten ini juga dpat mengurangi resiko penyakit kanker prostat.

9. Anti Inflamasi

Kol memiliki zat Anti-Inflamasi dan merupakan sumber utama glutamin, yang merupakan agen anti-inflamasi yang kuat, sehingga mengkonsumsi kol atau kubis secara rutin dapat mengurangi efek dari berbagai jenis penyakit peradangan, seperti : alergi, demam, nyeri sendi, dan berbagai jenis gangguan kulit.

10. Mejaga Kesehatan Tulang

Kol adalah sayuran yang sangat banyak mengandung mineral seperti kalsium, magnesiu, dan kalium yang dikenal dengan kemampuannya untuk menjaga kesehatan tulang.

11. Mengatasi Sakit Kepala

Menggunakan daun kubis(kol) yang dikompres dapat membantu mengurangi rasa sakit kepala. Selain itu, menghancurkan daun kubis dan meletakannya di dahi juga dpat meringankan rasa sakit kepala. Untuk sakit kepala kronis, Anda juga bisa membuat ramuan obat herbal penghilang sakit kepala dari sayuran ini, caranya dengan membuat jus kol sebanyak 25-50 ml, kemudian minum.

0 comments "11 Manfaat Kol untuk Kesehatan Tubuh", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment