Khasiat Bunga Sinyo Nakal untuk Kesehatan

Khasiat Bunga Sinyo Nakal - Sinyo Nakal adalah tanaman yang dibudidayakan hampir di seluruh wilayah di Indonesia, baik itu sebagao tanaman hias ataupun hanya untuk pagar di halaman rumah. Tumbuhan ini dapat tumbuh di berbagai jenis tanah dari dataran rendah dekat pantai hingga pegunungan, pada ketinggian 5-2.000 m dpl. Tanaman ini akan berbunga hampir sepanjang tahun dan pemanenan sebaiknya dilakukan setelah buah masak atau berwarna kuning.
Khasiat Bunga Sinyo Nakal untuk Kesehatan
Sinyo Nakal (Duranta Erecta)
Tanamana Sinyo Nakal memiliki nama ilmiah Duranta Erecta, nama daerah melayu : Pokok Janda Gedik, Sunda : Sinyo Nakal, dan Jawa : teh-tehan. Sinyo nakal ini merupakan tanaman perdu tahunan yang tumbuh dengan tegak dengan ketinggian 1-2 meter, bentuk batangnya bulat, percabangannya rapat, kasar dan memiliki warna putih kehijauan.

Daunnya tunggal, duduk berhadapan, di ketiak tumbuh tunas, helaian daun berbentuk oval sampai lonjong, panjang 4-8 cm, lebarnya 2-3 cm, ujung dan pangkalnya runcing, tepi bergerigi, pertulangannya menyirip, permukaannya licin, berwarna hijau atau hijau yang kekuningan tergantung varietasnya.

Adapun bunganya sendiri, memiliki bentuk bulir terletak di ujung batang, muncul diketiak daun, panjangnya mencapai 20 cm, kelopaknya hijau, bentuk bintang, berlekuk 5, mahkotanya halus mengelilingi cawan bunga tempat benang sari dan putik, berdiameter 2-3 mm, warnanya putih gading.

Buahnya berbentuk bulat, kulitnya lunak dan berdiameter 5-8 mm, panjangnya 3-6 mm, ketika masih muda buahnya berwarna hijau, tapi setelah tua warnanya akan berubah menjadi oranye. Bijinya bulat, keras, berdiameter 2-5 mm, dan berwarna putih kehijauan. Akarnya tunggang berwarna kuning kotor.

Khasiat Bunga Sinyo Nakal untuk Kesehatan
  • Obat Malaria : Siapkan buah sinyo nakal yang sudah dikeringkan terlebih dahulu sebanyak 20 gram, cuci bersih dan rebus dengan 200 ml air sampai mendidih atau kurang lebih selama 15 menit. Saring dan dinginkan air rebusan buah sinyo nakal, kemudian setelah dirasa cukup dingin, minumlah obat tradisional penyakit malaria dari sinyo nakal ini sekaligus. Lakukan pengobatan sebanyak 2-3 kali dalam sehari.
  • Melancarkan Sirkulasi Darah : untuk membuat ramuan obat pelancar peredaran darah cukuplah mudah, kita hanya perlu menyiapkan daun sinyo nakal segar sebanyak 30 gram, cuci bersih dan rebus dengan 400 ml air sampai mendidih, atau sekitar 10 menit, saring dan dinginkan, kemudian minumlah ramuan herbal untuk melancarkan sirkulasi darah ini sebanyak 2 kali sehari, setiap pagi dan sore. Tidak dianjurkan oleh wanita yang sedang hamil.
Itulah manfaat bunga sinyo nakal bagi kesehatan tubuh dan sebagai penyembuh beberapa jenis penyakit. Terima kasih telah menyimak sajian informasi khasiat bunga sinyo nakal untuk kesehatan, semoga bermanfaat..

0 comments "Khasiat Bunga Sinyo Nakal untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a comment