Khasiat Kembang Merak untuk Kesehatan

Khasiat Kembang Merak untuk Kesehatan - Tanaman Kembang Merak memiliki nama Latin Caesalpinia pulcherrima, sangat mudah untuk dikenali bunganya yang didominasi dengan warna merah dan kuning menyala, kontras dengan daunnya yang berwarna hijau cerah. Bunga ini habitat aslinya berasal dari Amerika Tengah, namun telah menyebar ke semua negara yang beriklim tropis termasuk Indonesia. 

Khasiat Kembang Merak untuk Kesehatan
Tanaman Kembang Merak ini sendiri memiliki banyak sebutan berbeda, misalnya : Patra Kembala (Sunda), Perak Kegel (Madura) atau Bunga Kacang (Manado). Tanaman ini sangat mudah untuk dipelihara, tidak memerlukan perawatan khusus, karena dapat tumbuh dengan baik di pekarangan rumah.

Selain mampu mempercantik tampilan halaman rumah kita, tanaman kembang merak ini juga ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita, beberapa diantaranya adalah : mengatasi penyakit kolera, asma, malaria, dll.

Kandungan Kimia :
  • Bunga mengandung : tanin, asa, gallat, asam benzoat, resin, dan zat merah
  • Daun mengandung : alkaloid, saponin, tanin, glucosida, dan calsium oksalat
  • Kulit kayu mengandung : plumbagin, lumbagol, zat samak, alkaloid, saponin, tanin, calsium, dan oksalat.
Bagian tanaman kembang merak yang bisa digunakan sebagai obat antara lain sebagai berikut :

Bunga

Helaian mahkota bunga kembang merak ini mengandung flavonoid yang bermanfaat sebagai antiradang dan antinyeri. Bunganya dilumatkan hingga membentuk pasta dan bisa dioleskan pada permukaan kulit untuk mengatasi memar bekas luka sekaligus mengurangi rasa sakit. Selain itu, bunga kembang merak ini juga bermanfaat untuk mengatasi : menstruasi tidak lancar, luka terpukul, panas, kejang pada anak, erysipelas,mata merah (conjuntivitis)

1. Daun

Di pedalaman Hutan Amazon, daun kembang merak ini dilumatkan hingga halus lalu diencerkan dengan sedikit air. Dengan meminum ramuan ini, bisa didapat manfaat : melancarkan menstruasi, mengatasi sariawan, serta meredakan demam pada infeksi malaria.

2. Akar

Akar kembang merak ini ternyata memiliki kandungan antibakteri yang digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri Vibrio cholerae, yaitu bakteri penyebab penyakit kolera. Cara mendapatkan manfaat dari akar kembang merak sebagai obat alami penyakit kolera ini cukup mudah, rebus akar kembang merak dan saring kemudian minum air rebusannya tersebut. Namun, hati-hati pada ibu hamil, rebusan 4 gram akar kembang merak bisa memicu keguguran.

3. Biji

Tidak hanya akar, daun dan bunga kembang merak saja yang memiliki khasiat untuk kesahatan, biji kembang merakpun memiliki manfaat untuk mengatasi masalah pernafasan. Caranya dengan digerus terlebih dahulu hingga menjadi serbuk, ramuan ini juga bisa mengatasi batuk-batuk, sesak nafas karena asma serta nyeri dada.

4. Kulit kayu

Kulit kayu kembang merak ini ternyata memiliki fakta yang unik, yaitu dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pengganti obat kumur. Caranya : keringkan beberapa garm kulit kayu kembang merak lalu rebus dalam air mendidih, dan gunakan air rebusannya untuk berkumur, kandungan antibakterinya dapat membantu kebersihan gigi dan mulut. Selain sebagai obat kumur, kulit kayu kembang merak ini juga berfungsi sebagai obat tradisional penyakit diare.

Khasiat Kembang Merak untuk Kesehatan

1. Diare akut
Tumbuk halus 5 gram kering atau 10 gram kulit batang kembang merak yang segar, lalu seduh dengan 100 cc air panas  dan minum 2x sehari

2. Mengobati penyakit hepatitis
Rebus 30 gram daun kembang merak dan 30 gram daun serut (Streblus asper Lour) dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Saring dan minum saat hangat 2 x sehari, masing-masing 1 gelas.

3. Kejang pada anak
Cuci bersih 5 kuntum bunga kembang merak. 1/4 genggam daun kembang merak, 3 jari akar kembang merak, 3 jari kulit batang kembang merak, tumbuk semua bahan dan tambahkan air garam secukupnya, kemudian gunakan ramuan ini untuk menggosok leher, punggung dan kaki anak.

4. Panas
Seduh 5 gram kering atau 20 gram segar bunga kembang merak dengan 1 gelas air panas, minumlah selagi hangat.

5. Perut kembung
Tumbuk halus daun kembang merak, alang-alang dan bawang putih secukupnya sampai menjadi bubur, balurkan campuran bahan tersebut pada perut sebagai obat luar.

6. Sariawan
Rebus 30 gram daun kembang merak dengan 4 gelas air sampai mendidih, lalu gunakan untuk berkumur.

Itulah beberapa manfaat bunga kembang merak bagi kesehatan tubuh. Semoga sajian informasi yang kami berikan ini dapat menambah pengetahuan mengenai manfaat tanaman kembang merak yang selama ini hanya kita kenal sebagai tanaman hias belaka. Terima kasih telah menyimak Khasiat Kembang Merak untuk Kesehatan, semoga bermanfaat..

0 comments "Khasiat Kembang Merak untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment