Khasiat Buah Tomat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat Buah Tomat untuk Kesehatan dan Kecantikan - Tomat merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak sekali manfaat. Selain dapat digunakan dalam beragam jenis kuliner, tomat juga memiliki khasiat dan manfaat yang tak kalah luar biasanya, baik itu untuk kesehatan ataupun untuk kecantikan.

Khasiat Buah Tomat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kandungan Nutrisi dalam Tomat

Satu sajian tomat mentah (sekitar 150 gram) mengandung vitamin A, C, K, folat, dan kalium. Tomat rendah sodium, lemak jenuh, kolesterol, dan kalori. Tomat juga mengandung tiamin, niasin, vitamin B6, magnesium, fosfor, dan tembaga. Semua kandungan nutrisi yang terdapat dalam tomat tersebut sangat diperlukan untuk menunjang kesehatan tubuh. Selain itu, satu porsi tomat menyediakan 2 gram serat yang merupakan 7% dari jumlah asupan serat seharian yang disarankan. Dan juga tomat memiliki kandungan air yang relatif tinggi.

1. Menjaga kesehatan kulit
Tomat mampu menjaga kesehatan dan keindahan kulit Anda. Kandungan beta-karoten dalam tomat dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Buah tomat juga mengandung lycopene, yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV, yang merupakan penyebab utama faris-garis halus dan kerutan pada kulit.

2. Menjaga kekuatan tulang
Vitamin K dan kalsium dalam tomat sangat baik untuk memperkuat dan memperbaiki tulang yang mengalami kerusakan. Lycopene dalam tomat juga telah diketahui dapat meningkatkan massa tulang dan tentunya hal  ini sangatlah baik untuk mencegah penyakit Osteoporosis

3. Mencegah kanker
Tomat adalah pencegah kanker alami. Sekali lagi, lycopene dalam tomat ini mampu mengurangi resiko beberapa jenis penyakit kanker, termasuk di antaranya penyakit kanker prostat, serviks, mulut, faring, tenggorokan, kerongkongan, lambung, usus besarm dubur, dan kanker ovarium. Tomat mengandung vitamin C dan A, antioksidan yang sangat berperan dalam melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel tubuh.

4. Menstabilkan gula darah
Manfaat tomat lainnya adalah dapat menjaga gula darah tetap seimbang. Tomat merupakan sumber kromium yang baik, yang dapat membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

5. Membantu meningkatkan daya penglihatan
Kandungan vitamin A dalam tomat telah dipercaya dapat meningkatkan ketajaman penglihatan Anda, vitamin A ini memiliki peranan penting dalam memperbaiki penglihatan dan membantu mencegah rabun senja. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengkonsumsi tomat dapat membantu mengurangi resiko degenerasi makula, sebuah gangguan mata yang serius dan sulit untuk dipulihkan.

6. Menjaga kesehatan rambut
Selain mampu meningkatkan ketajaman penglihatan, kandungan vitamin A dalam tomat juga mampu memuat rambu Anda tetap kuat dan indah.

7. Mencegah batu ginjal
Tomat telah diketahui dapat mencegah terjadinya penyakit batu ginjal dan batu empedu dalam tubuh. Beberapa peneliitan yang dilakukan para ahl kesehatan menunjukkan bahwa batu ginjal dan batu empedu jarang terjadi pada orang yang secara rutin mengkonsumsi tomat tanpa bijinya.

8. Meredakan peradangan
Mengkonsumsi tomat secara teratur dapat mengatasi beberapa jenis penyakit yang berkaitan dengan peradangan, diantaranya seperti : penyakit arthritis, penyakit punggung. Tomat adalah pereda rasa nyeri yang alami, hal ini karena tomat memiliki bioflavonoid dan karotenoid yang dikenal sebagai agen anti-inflamasi.

9. Menurunkan berat badan secara alami
Apakah Anda sedang melakukan program diet atau penurunan berat badan? Jika iya, libatkanlah tomat dalam setiap menu makan Anda sehari-hari. Tomat mengandung banyak serat dan air, yang dapat memberikan rasa kenyang dengan cepat dan tahan lama tanpa menambah banyak kalori. Hal inilah yang membuat tomat menjadi teman yang baik bagi Anda untuk menyukseskan program diet yang sedang dijalani. Anda bisa mengkonsumsi tomat sebagai camilan sehat, atau dapat menambahkannya pada menu makanan lain seperti salad, sandwich, sup, dan lain sebagainya.

10. Mencegah wasir dan sembelit
Kandungan serat yang tinggi dalam buah tomat mampu mengatasi gangguan sistem pencernaan yang Anda alami. Jika pencernaan bekerja dengan baik, maka penyakit sembelit atau penyakit wasirpun menjauh dari Anda.

11. Menurunkan demam
Benarkan buah tomat dapat menurunkan demam? jawabannya adalah Ya, karena buah tomat mengandung antiperitik, yaitu suatu zat yang dapat menekan suhu badan pada keadaan demam.

12. Meningkatkan produksi sperma
Buah tomat mengandung lycopene yang dapat meningkatkan jumlah produksi sperma, sehingga di prancis buah tomat dikenal dengan sebutan "pome d'amour" atau buah cinta.

13. Mencegah penggumpalan darah
Tahukah Anda, bahwa salah satu pemicu terjadinya penyakit stroke dan serangan jantung adalah karena penggumpalan darah. Darah yang menggumpal akan menyumbat darah untuk mengaliri semua anggota tubuh, sehingga jika hal itu terjadi maka organ-organ tubuh akan kehilangan suplai darah, dan organ yang paling rentan terhadap penggumpalan darah ini adalah jantung. Dalam buah tomat, terdapat biji dan di luar biji tersebut terdapat gel berwarna kekuning-kuningan, nah itulah zat yang mampu mencegah terjadinya penggumpalan darah dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat buah tomat untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda mengenai khasiat buah tomat. Terima kasih...

1 comments: