6 Jenis Makanan Pencegah Dehidrasi

6 Jenis Makanan Pencegah Dehidrasi - Cara mengatasi dehidrasi secara alami yang terbukti efektif mampu mengembalikan kestabilan cairan dalam tubuh dan mempertahankan kondisi tubuh tetap fit. Makanan untuk mencegah dehidrasi tersebut dapat diperoleh di lingkungan sekitar kita. 

6 Jenis Makanan Pencegah Dehidrasi
Cara mengurangi resiko dehidrasi, tidak hanya dapat diperoleh dengan meminum air putih, tetapi juga dapat kita peroleh dari makanan. " Buah dan sayuran mengandung 90 persen air. Meskipun tidak cukup besar kadar airnya untuk tubuh kita, tapi menjadi sumber yang baik saat sedang butuh cairan," ungkap Roberta Anding, seorang juru bicara Akademi Gizi dan Diet, serta direktur nutrisi olahraga di Texas Children's Hospital. 

Berikut ini adalah 6 jenis makanan yang mencegah dehidrasi (Baca : Gejala Rasa Haus yang Berlebihan) yang dapat kita peroleh di lingkungan sekitar kita. Selain mampu mengatasi dehidrasi secara alami, kita juga dapat mengatasi dehidrasi tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal dan tanpa efek samping.

1. Semangka

Semangka memiliki hidrasi yang tinggi, sekitar 92 % air. Selain itu, semangka juga mengandung nutrisi beta karoten (nutrisi yang akan menjadi vitamin A), likopen, dan vitamin C. Buah berwarna merah dan kaya akan kandungan nutrisi dan memiliki rasa yang segar ini kaya akan elektrolit natrium dan kalium dapat dijadikan pengganti cairan tubuh setelah olahraga.

2. Ketimun

Makanan pencegah dehidrasi berikutnya adalah Ketimun. Sebgaian besar kandungan dari ketimun adalah air. Ketimun ini memiliki kandungan vitamin C dan dapat membuat kulit lebih cerah. Kandungan serat makanan di dalamnya dapat mengusir racun dari sistem pencernaan sehingga melancarkan pencernaan.

3. Bubur Gandum (Havernut)

Mengkonsumsi semangkuk bubur gandum, adalah salah satu langkah sederhana untuk mencegah dan mengatasi dehidrasi. Bubur ini memiliki kadar air yang lebih banyak dari ketimun dan jeruk. Hal ini disebabkan karena gandum mampu menyerap air atau sisi yang digunakan saat memasak havernut.

4. Blewah

Buah yang satu ini memiliki kandungan air yang sangat tinggi dapat mengatasi dehidrasi setelah 12-14 tidak mengkonsumsi air. Tingginya kadar air pada blewah membuat tubuh sangat baik bagi penderita penyakit asam urat karena membantu mengeluarkan asam urat atau kadar purin berlebih dalam tubuh.

5. Daging

Daging tampaknya tidak memiliki kadar hidrasi, tapi ternyata di dalam daging terdapat kadar air. Menurut CNN, 4 ons steak panggang memberikan 2,2 ons air.

6. Apel

Buah Apel, siapa yang tidak tahu jenis buah yang telah dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Bukan hanya itu, buah apel juga telah diketahui memiliki kadar hidrasi yang baik. Sebutir apel mengandung sangat banyak mineral antara kalsium, magnesium, potasium, zat besi dan zinc.

Itulah 6 Jenis Makanan Pencegah Dehidrasi yang dapat mengatasi dan menstabilkan kondisi kesehatan tubuh kita secara alami. Jalani pola makan yang sehat, karena itu adalah kunci utama bagi kita untuk mempertahankan vitalitas tubuh. Semoga bermanfaat..

0 comments "6 Jenis Makanan Pencegah Dehidrasi", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment