Gejala Rasa Haus yang Berlebihan

Gejala Rasa Haus yang Berlebihan - Rasa Haus yang Berlebihan bisa menjadi gejala dari beberapa kondisi kesehatan. Jika rasa haus yang timbul itu dirasa tanpa ada alasan, maka kita perlu waspada terhadap kondisi kesehatan tubuh kita.
Gejala Rasa Haus yang Berlebihan

Kita disarankan untuk minum air putih dalam jumlah yang cukup. Hal ini sangatlah penting karena untuk menjalankan beberapa fungsi dalam organ tubuh. Cuaca di musim panas dengan aktivitas tubuh yang banyak akan sangat wajar jika seseorang sering mengalami rasa haus, akan tetapi ada kalanya seseorang merasa sangat haus tanpa alasan yang jelas, dan hal ini tentunya harus kita waspadai karena khawatir justru rasa haus yang berlebihan itu adalah salah satu dari gejala penyakit berbahaya.

Penyebab Rasa Haus yang Berlebihan

Dalam kasus normal, iklim yang panas, kelembaban, makan pedas, dll dapat menyebabkan rasa haus. Akan tetapi, dalam kasus lain bisa jadi itu merupakan salah satu dari gejala dari beberapa penyakit berikut ini.

1. Diabetes

Sering merasa haus adalah gejala dari kedua tipe penyakit diabetes mellitus (diabetes tipe 1 dan tipe 2) dan diabetes insipidus. Diabetes adalah suatu penyakit yang terjadi akibat tingginya kadar gula dalam darah dan kurangnya produksi atau penyerapan hormon insulin dalam tubuh. Adapun gejala yang lainnya dari penyakit diabetes adalah tekanan darah tinggi, penurunan berat badan, sering buang air kecil, dll.

2. Dehidrasi

Dehidrasi adalah suatu penyebab paling umum dari rasa haus yang berlebihan, baik pada anak-anak maupun pada orang dewasa. Hilangnya air dan garam dalam tubuh karena tidak minum cukup air, berkeringat berlebihan, muntah, diare dapat menyebabkan dehidrasi.

3. Hiperkalsemia

Adalah suatu kondisi yang muncul ketika tingkat kalsium dalam darah mengalami peningkatan. Hal ini dapat disebabkan beberapa alasan seperti hipertiroidism, kegagalan kelenjar adrenal, gagal ginjal, kelebihan asupan diuretik, dll.

4. Diabetes Gestasional

Diabetes jenis ini dikenal juga dengan diabetes mellitus gestasional (GDM), merupakan diabets yang terjadi pada wanita hamil yang tidak memiliki riwayat diabetes sebelum hamil. Penyebabnya tidak diketahui, namun diyakini bahwa hormon tertentu menyebabkan gangguan dalam fungsi insulin yang menyebabkan kenaikan tingkat kadar gula dalam darah. Dalam sebagian kasus, penyakit diabetes ini menghilang setelah proses persalinan.

5. Peritonitis

Gejala Rasa Haus yang Berlebihan juga bisa jadi merupakan suatu gejala dari penyakit Peritonitis, adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh adanya infeksi akubat bakteri atau jamur di peritoneum, membran yang melapisi dinding perut bagian dalam. Hal ini disebabkan oleh dialisis peritoneal, membangun cairan peritoneal, cedera, atau trauma pada membran. Muntah, haus, detak jantung menjadi cepat, kurang nafsu makanm dan mual adalah gejala penyakit peritonitis.

0 comments "Gejala Rasa Haus yang Berlebihan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment