Faktor Penyebab Kulit Wajah Berminyak

Faktor Penyebab Kulit Wajah Berminyak - Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat memicu kulit wajah menjadi berminyak. Apakah anda memiliki jenis kulit wajah yang berminyak? Mari kita simak sajian lengkapnya berikut ini.

Faktor Penyebab Kulit Wajah Berminyak

Faktor Penyebab Kulit Wajah Berminyak
Kulit wajah yang berminyak cenderung mudah berjerawat dan terlihat kusam. Dan kabar baiknya, seseorang yang memiliki kulit wajah berminyak ini umumnya lebih awet muda dibandingkan dengan kulit kering, karena wajah yang berminyak memiliki elastisitas yang baik.

Dermatologist Joshua Zeichner, M.D mengatakan bahwa kadar minyak dalam kulit dipengaruhi oleh faktor genetik. Dokter kulit yang menjabat sebagai direktur penelitian kosmetik dan klinis di Mount Sinat Medical Center, New York ini mengatakan, kondisi yang disebabkan faktor genetik hampir mustahil untuk diubah, tapi kita bisa meminimalisir faktor-faktor yang bisa meningkatkan produksi minyak berlebih tersebut.

1. Siklus Menstruasi

Faktor Penyebab Kulit Wajah Berminyak yang pertama adalah menstruasi. Selain itu, Jerawat jadi bertambah banyak ketika menjelang menstruasi? yang menjadi pemciunya adalah hormon wanita anda. Setiap bulan, tubuh mengalami kenaikan produksi hormon. Kondisi seperti ini dapat menstimulasi kelenjar minyak yang menyebabkan pori-pori kulit mudah tersumbat, sehingga korotan, debu dan bahkan sisa kosmetik cepat menempel di permukaan kulit sehingga timbullah jerawat. Untuk menyiasatinya, anda dapat menggunakan pembersih wajah berbentuk foam, karena lebih efektif dalam mengangkat kotoran ketimbang milk atau oil cleanser.

2. Stress

Ketika anda sedang stress, hormon kortisol akan diproduksi untuk membuat anda lebih fokus dan waspada, sehingga masalah yang menyebabkan stress bisa lecih cepat teratasi. Akan tetapi, jika hormon ini terlalu banyak dilepaskan oleh tubuh, kortisol justru akan memberikan dampak yang buruk bahkan dapat dikatakan "bencana" terutama kaum wanita yang sangat peduli akan penampilan dan kecantikan wajah. Peningkatan hormon kortisol dapat meningkatkan produksi minyak dari kelenjar minyak, sebagai reaksi tubuh terhadap hormon tersebut.

Untuk menangai stress yang tak terkontrol ini, pertama-tama kita harus mengatasi pikiran dari stress tersebut. Beberapa cara yang dapat digunakan adalah dengan melakukan relaksasi atau meditasi menggunakan aromaterapi. Sebagai langkah instan, anda juga bisa mencoba memakai masker bebahan dasar tanah liat yang mampu menyerap kelebihan minyak dan menenangkan kulit.

3. Cuaca

Sebenarnya cuaca tidak telalu berpengaruh terhadap aktivitas kelenjar keringat. Tapi di cuaca yang panas dan lembab, kulit menjadi lebih cepat berminyak dan terasa tidak nyaman dibandingkan dengan cuaca dingin. Agar kulit tampak matte dan make-up bertahan lama di cuaca panas, gunakan primer atau dasar make-up dengan formula mattyfing yang membantu menyerap minyak dan mengurangi kilap.

4. Kosmetik

Kosmetik tidak menambah produksi minyak pada wajah, akan tetapi make-up yang terlalu berlebihan dan berat bisa membuat minyak terperangkap di bawah kulit dan memperparah jerawar, bahkan mengakibatkan peradangan. Sebisa mungkin, hindarilah menggunakan kosmetik tebal dalam jangka waktu yang lama dang perlu diingat, bersihkan dan hilangkan riasan dengan 3 tahap ( make-up remover, pembersih, penyegar) agar bersih sempurna.

5. Pola Makan

Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang berlemak tinggi, mengandung minyak dan santan secara berlebihan dapat meningkatkan kadar minyak dalam tubuh anda dan tetnunya sebagai penyebab kulit wajah berminyak. Selain itu, kurangnya vitamin dan nutrisi dalam tubuh juga turut menjadi pemicu kulit wajah yang berminyak.

Itulah beberapa Faktor Penyebab Kulit Wajah Berminyak. Jika anda menginginkan kulit wajah yang bersih, sehat, serta terbebas dari masalah kulit wajah berminyak, tetap jaga kebersihan dan kesehatan kulit anda dengan menjalani pola makan dan gaya hidup yang sehat. Semoga bermanfaat..

* Simak Juga :

0 comments "Faktor Penyebab Kulit Wajah Berminyak", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment