Penyebab Timbulnya Keriput di Wajah

Penyebab Timbulnya Keriput di Wajah - Apakah anda memiliki masalah dengan kulit wajah yang berkerut? Berikut ini adalah sajian mengenai beberapa hal yang mengakibatkan seseorang memiliki garis-garis halus kerutan atau keriput pada kulit wajah. 

Penyebab Timbulnya Keriput di Wajah


Penyebab Timbulnya Keriput di Wajah

Keriput atau garis halus merupakan salah satu bentuk pengaruh dari penuaan. Kehadiran keriput pada wajah ini pada sebagian orang sangat menakutkan, terutama bagi merekan yang sangat peduli akan kecantikan serta kesehatan kulit mereka. Pada umumnya keriput di wajah timbil seiring dengan bertambahnya usia, tapia bagaiman jika keriput di wajah anda hadir sebelum waktunya? Hait-hati, kemungkinan besar ini dapat dindikasikan sebagai gejala penuaan dini. Simak : Cara Mencegah Penuaan Dini.

Untuk mencegah keriput di wajah yang diakibatkan oleh penuaan dini ini, kita dapat melakukan metode pencegahan dengan melakukan perawatan yang tepat untuk kulit wajah anda. Timbulnya keriput pada wajah disebabkan oleh beberapa faktor. Adapun beberapa faktor penyebab munculnya keriput di wajah adalah sebagai berikut:

1. Penggunaan produk kosmetik

Mungkin sudah tidak asing lagi, jika efek negatif dari penggunaan kosmetik adalah sebagai penyebab timbulnya keriput di wajah. Ketika anda menggunakan produk kosmetik yang memiliki kandungan bahan kimia katif tentunya ini akan berdampak buruk terhadap kesehatan kulit andam dan hal ini juga dapat mengakibatkan kerusakan pada kulit. Pilihlah jenis produk kosmetik dengan benar, gunakan dan pilih kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit anda, agar kesehatan dan kecantikan kulit anda tetap terjaga dan tentunya terbebas dari masalah keriput di wajah.

2. Paparan sinar maratahari secara langsung

Sinar matahari dapat mengakibatkan munculnya keriput di wajah anda. Dalam waktu yang cukup lama, sengatan sinar matahari yang mengenai kulit wajah akan merusak sel kulit wajah. Akibatnya, kulit menjadi kering, dan lebih mudah terlihat kusam. Sebagai langkah pencegahannya, kita bisa mempertimbangkan penggunaan tabir surya yang dapat menangkal paparan sinar matahari tersebut.

3. Dehindrasi atau kekurangan cairan

Dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh ini akan mengakibatkan timbulnya kerutan di wajah. Jika tubuh anda mengalami kekurangan cairan, maka tubuh tidak akan mampu memberikan kelembaban bagi kulit. Dengna berkurangnya kelembaban kulit tersebutlah akan mengakibatkan kulit mudah kering dan mudah membentuk kulit yang keriput, terutama pada bagian kulit wajah.

4. Kebiasaan merokok

Selain hanya dapat mengaakibatankan kulit wajah menjadi keriput, kebiasaan merokok juga sangat merugikan kesehatan tubuh anda. Zat-zat kimia aktif yang terdapat dalam rokok dapat menyebabkan kerusakan yang berakhirp ada keriput pada sebagian tubuh anda, tidak terkecuali dengan keriput yang akan muncul di kulit wajah anda.

5. Pengaruh diet ketat

Melakukan diet ketat yang kurang sehat bukannya mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, tapi justru anda akan menanggung akibatnya sendiri. Dengan membatasi jumlah asupan terutama vitamin dan mineral yang seharusnya dibutuhkan tubuh, ini akan sangat berbahaya. Tubuh yang kekurangan vitamin dan mineral akan sangat mudah memiliki kerutan dan mengakibatkan kulit keriput.

6. Pengaruh usia

Diakui ataupun tidak usia akan sangat mempengaruhi munculnya keriput, sifat alamiah ini tentunya tidak akan dapat anda hindari. Dimana pada usia tertentu tentunya kulit akan kehilangan keelastisannya sehingga lebih mempercepat terbentuknya keriput. Namun untuk membantu menjaga kesehatan kulit dan mempertahankan keelastisan dari kulit itu sendiri tentunya anda dapat menggunakan krim anti penuaan yang bisa anda terapkan sejak dini untuk mencegah munculnya keriput di usia dini.

7. Pengaruh dari gerakan wajah

Ekspresi wajah menjadi salah satu penyebab munculnya keriput di wajah, sering mengerenyitkan dahi tentunya akan membentuk kerutan disekitar dahi. Sedangkan ketika wajah terkena sinar terutama sinar matahari yang terik akan secara reflek menyempitkan pandangan mata. Menyempitkan pandangan mata akan membentuk keriput disekitar kelopak mata anda terutama pada bagian sisi luar.

8. Kebiasaan minum kopi

Kandungan kafein yang terdapat pada kopi ini juga dapat mempercepat terjadinya keriput pada kulit terutama pada bagian wajah. Mengkonsumsi kopi secara berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan juga terhadap kesehatan kulit.
Dengan mengetahui beberapa fakta mengenai penyebab timbulnya keriput di wajah, semoga kita menjadi lebih waspada untuk senantiasa tetap menjalani gaya hidup dan pola makan yang sehat. Karena tanpa kita sadari pola hidup dan makanan yang kita konsumsi memiliki peranan terhadap kemunculan keriput di kulit wajah. Semoga bermanfaat..

* Simak Juga :

0 comments "Penyebab Timbulnya Keriput di Wajah", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment