Faktor Penyebab Penyakit Turun Berok

Faktor Penyebab Penyakit Turun Berok - Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang terkena penyakit turun berok atau penyakit hernia. Mari simak sajian informasi lebih lanjut mengenai pemicu terjadinya penyakit hernia berikut ini.

Faktor Penyebab Penyakit Turun Berok

Faktor Penyebab Penyakit Turun Berok

Ada beberapa faktor penyebab timbulnya penyakit turun berok, yaitu :
  • Peningkatan tekanan dalam perut
  • Ada bagian perut yang mengalami kelemahan
  • Kombinasi peningkatan tekanan dalam perut dan kelemahan dinding perut
  • Mengedan saat buang air besar atau buang air kecil
  • Mengangkat beban yang terlalu berat
  • Penumpukan cairan dalam perut (ascites)
  • Kehamilan
  • Kelebihan berat badan
  • Batuk atau bersin yang menahun.
Faktor Penyebab Penyakit Turun Berok - Pada sebagian besar orang, kelemahan dinding perut yang mengarah ke penyakit hernia atau penyakit turun berok inguinal terjadi saat lahir ketika lapisan perut (peritoneum) tidak menutup dengna sempurna. Hernia inguinalis lainnya muncul di kemudian hari ketika otot melemah atau rusak karena faktor-faktor seperti penuaan, aktivitas fisik yang berat atau bantuk yang menahun.

Pada pria, titik lemah biasanya terjadi sepanjang kanalis inguinalis, suatu daerah dimanae korda spermatika yang berisi vas deferens, tabung yang membawa sperma, memasuki skrotum.

Adapun pada wanita, kanalios inguinalis ini membawa ligamen yang membantuk menahan rahim di tempat, dan herbai atau turun berok terkadang terjadi pada jaringan ikat dari rahim yang menempel pada jaringan sekitar tulang kemaluan.

Pria memiliki kecenderungan terkena penyakit turun berok atau penyakit hernia ini, karena pria memiliki kecenderungan kelemahan yang berlokasi di sepanjang kanalis inguinalis  karena perbedaan cara pertumbuhan laki-laki di dalam rahim. Pada janin laki-laki, testis terbentuk di dalam perut dan jemudian bergerak ke bawah menuju kanalis inguinalis dan lalu menuju skrotum. Tak lama setelah lahir, kanalis inguinalis menutup hampir sepenuhnya, hanya meninggalkan ruang untuk lewatnya korda spermatika, tapi tidak cukup besar untuk memungkinkan testis untuk pindah kembali ke perut.

Kadang-kadang, kanal tersebut tidak menutup dengan benar, sehingga menyisakan daerah yang lemah dan berpotensi untuk berkembang menjadi hernia atau turun berok. Pada perempuan keadaan ini jauh lebih jarang terjadi. Kelemahan bisa juga terjadi di dinding perut di kemudian hari, terutama setelah cedera atau operasi tertentu dalam rongga perut.

Walaupun tidak memiliki kelemahan yang sudah ada sebelumnya, tekanan berlebihan di dalam perut saat kita mengedan, mengangkat beban berat, kehamilan atau kelebihan berat badan dapat menyebabkan hernia. Itulah beberapa hal penyebab turun berok sehingga anda dapat menghindari dan tidak memperberat turun berok yang sudah ada.

Itulah sajian informasi mengenai Faktor Penyebab Penyakit Turun Berok. Semoga bermanfaat dan menjadi sumber referensi bagi kita untuk menghindari segala bentuk dan hal yang menjadi pemicu timbulnya penyakit turun berok tersebut. Salam sehat..

Simak Juga :

0 comments "Faktor Penyebab Penyakit Turun Berok", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment