Mengenal Cengkeh dan Khasiatnya untuk Kesehatan

Mengenal Cengkeh dan Khasiatnya untuk KesehatanMengenal  Cengkeh dan Khasiatnya untuk Kesehatan - Cengkeh merupakan salah satu jenis rempah-rempah asli dari Indonesia dan banyak terdapat hampir di seluruh Nusantara. Cengkeh merupakan tangkai bunga kering dari pohon myrtaceae atau orang Indonesia menyebutnya pohon cengkeh. Tanaman asli Indonesia ini banyak digunakan sebagai bumbu masakan dan bahan utama pembuatan rokok kretek khas Indonesia. 

Keampuhan cengkeh sebagai bahan utama pengobatan herbal sudah menjadi rahasia umum, salah satu jenis tanaman yang melimpah ruah di Indonesia ini menjadi salah satu jenis bumbu dapur atau rempah-rempah yang wajib untuk berbagai jenis masakan nusantara. Cengkeh bersifat hangat, sehingga cengkeh ini seringkali dimanfaatkan untuk bahan dasar pembuatan berbagai jenis minuman.

Khasiat Cengkeh untuk Kesehatan Tubuh
Cengkeh

1. Mengobati sakit gigi

Sudah sejak lama manfaat cengkeh ini diambil untuk penggunaan obat sakit gigi, terutama minyak cengkehnya. Minyak cengkeh (Eugenia aromatica) dapat dihasilkan dari penyulingan serbuk kuntum cengkeh kering (clove oil), serbuk tangkai kuntum cengkeh (clove stem oil), dan daun cengkeh kering (clove leaf oil). Para dokter telah menyarankan penggunaan minyak cengkeh ini untuk pereda rasa sakit gigi sebagai analgesik.

Cara penggunaannya :

Mengatasi sakit gigi, gigi yang berlubang disumbat dengan kapas yang telah diteteskan dengan minyak cengkeh. Atau, 10 butir cengkeh disangrai sampai halus, lalu digiling halus, dimasukkan pada lubang gigi secukupnya, lalu ditutup dengan kapas. Lakukan dua kali sehari.

2. Mencegah peradangan

Berbagai zat aktif seperti flavonoid ditemukan dalam minyak cengkeh. Senyawa ini bekerja dengan sifat antiinflamasinya sehingga mampu mengurangi peradangan pada penyakit rematik. Rasanya yang hangat juga bisa menjadi ekspektoran untuk mengobati berbagai kondisi gangguan pernafasan.

3. Mengatasi mual dan muntah

Cengkeh memiliki kandugan yang sangat ampun untuk mengatasi mual dan muntah, selain cengekeh minyaknya juga efektif untuk mengatasi keluhan mual dan muntah.

4. Meningkatkan sistem pencernaan

Cengkeh membantu mengendurkan lapisan kelancaran saluran pencernaan, sehingga mereka membantu meringankan muntah, diare, gas usus dan sakit perut. Namun pengunaannya harus diperhatikan karena mereka memiliki zat yang cukup kuat sehingga dapat mengiritasi lambung.

5. Mengatasi pilek

Jika anda pilek, ada baiknya anda mencampurkan minyak cengkeh dengan madu lalu meminumnya satu – dua kali satu hari untuk memberikan efek hangat. Selain itu mengoleskan minyaknya pada hidung juga dapat membantu meringankan pilek. (Baca : Obat Tradisional Penyakit Pilek Menahun).

6. Menjaga tubuh tetap hangat

Cengkeh merupakan salah satu herbal yang dapat menjaga tubuh agar tetap hangat baik jika di kunyah secara langsung ataupun dengan mengoleskan minyak di bagian tubuh yang dingin juga sangat efektif memberikan rasa hangat.

7. Mengatasi Sinusitis

Ada berbagai penelitian yang mengaitkan antara manfaat cengkeh dengan masalah sinusitis. Cara pemanfaatannya adalah dengan memanfaatkan bubuk cengkeh dan meletakkannya di bagian dalam hidung. Jika Anda memiliki keluhan penyakit sinusitis, tidak ada salahnya Anda mencoba cengkeh sebagai obat tradisional penyakit sinusitis ini.

8. Menyehatkan jantung

Penyakit jantung adalah salah satu jenis penyakit yang memiliki predikat penyebab kematian tertinggi penduduk dunia. Kandungan Eugenol dalam cengkeh ini mampu berperan aktif dalam pencegah pembekuan darah, dan secara tidak langsung hal ini juga membantu menyehatkan organ jantung, mencegah terjadinya resiko serangan jantung dan penyakit stroke.

9. Meredakan batuk

Tahukan Anda mengenai khasiat cengkeh untuk mengobati batuk? Ya, cukup dengan mengunyah cengkeh saja, Anda dapat meredakan batuk yang sedang dikeluhkan. Rasa cengkeh mungkin sedikit terasa pahit, tapi kandungan kimia dalam cengkeh adalah ekspektoran alami yang mampu mengencerkan dahak dan mengatasi batuk.

10. Meringankan infeksi saluran pernafasan

Berbagai kandungan antioksidan dalam cengkeh dapat menghilangkan rasa sakit serta mampu membunuh kuman yang menyebabkan infeksi pada saluran pernafasan.

11. Mengatasi jerawat

Bosan memiliki wajah berjerawat? Nah, saatnya Anda memanfaatkan bumbu dapur ini untuk mengatasi keluhan wajah berjerawat. Caranya sangat mudah, cukup dengan mengoleskan minyak cengkeh pada jerawat, maka Anda akan melihat sendiri khasiatnya, wajah menjadi bersih tanpa jerawat. Hal ini karena minyak cengkeh memiliki kandungan antimikroba yang mampu membunuh bakteri dan kuman penyebab timbulnya jerawat pada wajah. Anda penasaran bukan? Ayo, coba sekarang.

12. Menghilangkan noda di kulit

Minyak cengkeh merupakan salah satu bahan herbal yang mampu menghilangkan noda dan guratan di kulit yang disebabkan oleh luka atau penyebab lainnya. Minyak cengkeh ini mampu membuat kulit menjadi lebih lembut dan terawat.

13. Sumber antioksidan

Minyak esensial cengkeh kaya akan kandungan mineral, seperti : kalium, fosfor, besi, natrium, vitamin D dan A. Beberapa kandungan inilah yang berperan sebagai antioksidan serta bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita, terutama untuk menjaga kesehatan kulit dan wajah.

14. Kondisioner

Minyak cengkeh dapat dijadikan sebagai kondisioner untuk memperbaiki berbagai masalah terhadap kerusakan rambut. Beberapa manfaatnya adalah untuk menjadikan rambut tampak lebih hitam alami, memperbaiki rambut yang kering dan masalah kesehatan rambut lainnya.

15. Mencegah rambut rontok

Khasiat cengkeh untuk kesehatan yang terakhir adalah sebagai obat tradisional pencegah rambut rontok. Anda memiliki masalah dengan rambut rontok? Ya, rambut rontok memang kerap kali sangat mengganggu penampilan Anda, dan tak jarang hal ini juga menimbulkan rasa kekhawatiran tersendiri bagi penderitanya. Untuk mengatasi rambut yang rontok, Anda bisa memanfaatkan minyak cengkeh, yaitu dengan cara mengoleskannya pada kulit kepala selama kurang lebih 5-15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Itulah khasiat cengkeh untuk kesehatan. Dengan mengenal dan mengetahui manfaat cengkeh bagi kesehatan, semoga kita bisa menjadi lebih bijak untuk menggunakan dan mengambil manfaat dari salah satu jenis rempah-rempah yang melimpah di tanah air kita ini. Terima kasih telah menyimak sajian informasi yang kami berikan, semoga bermanfaat..

1 comments:

  1. banyak banget manfaat dan khasiat dari cengkeh ini, alami juga gak akan menimbulkan efek samping

    ReplyDelete