Penyebab Anemia yang Umum Terjadi pada Kaum Wanita

Penyebab Penyakit Anemia pada Wanita - Ada beberapa penyebab anemia yang sering terjadi pada kaum wanita. Penyebab tersebut dapat berakibat fatal jika tidak segera diatasi dengan cepat. Penyebab anemia atau penyakit kurang darah ini biasanya beragam, tergantung pada bagaimana kondisi seseorang pada saat itu.
Penyebab Umum Penyakit Anemia pada Wanita

Sebenarnya, penyakit anemia ini tergolong ke dalam suatu penyakit yang bisa diatasi dengan mudah, hanya saja terkadang penyakit ini rentan dan tiba-tiba bisa hadir, itulah mengapa mengetahui beberapa penyebab timbulnya penyakit anemia ini sangat dianjurkan.

Penyebab Umum Anemia pada Wanita
  • Anemia memang sering menyerang kaum wanita dan intensitasnya lebih besar, terlebih lagi pada meraka yang melakukan berbagai aktivitas pekerjaan yang ekstra, anemia rentan menyerang pada kondisi tubuh yang benar-benar tidak prima. Adapun penyebabanemia yang umum terjadi pada kaum wanita adalah sebagai berikut :
  • Kurangnya zat besi. Kekurangan zat besi ini dapat menjadi penyebab utama anemia. Seseorang yang tidak mendapatkan asupan zat besi yang cukup dari makanan yang ia konsumsi sehari-hari memiliki resiko yang besar terkena penyakit kurang darah ini.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan nabati. Pada umumnya, penyebab penyakit anemia pada masyarakat Indonesia, khususnya kaum peremmpuan adalah karena lebih banyak mengkonsumsi makanan nabati dibandingkan dengan makanan dari protein hewani. Padahal dengan mengkonsumsi makanan yang seimbang antara makanan nabati dan hewani, resiko penyakit anemia dapat diminimalisir.
  • Diet yang tidak seimbang. Pola makan yang tidak seimbang dan kurang mengkonsumsi makanan hewani karena alasan diet ini sebenarnya tidak baik untuk kondisi kesehatan tubuh. Meskipun Anda sedang menjalani program diet untuk mendapatkan bentuk tubuh dan berat badan yang ideal, aturlah pola makan yang sehat dan seimbang, agar hasil diet Anda maksimal tanpa menimbulkan dampak buruk terhadap kesehatan tubuh Anda sendiri. (Simak : Obat Tradisional untuk Melangsingkan Tubuh).
Cara Sederhana Mengatasi Anemia
  • Konsumsi makanan bergizi dan mengandung zat besi yang cukup,seperti  : sayuran hijau, kacang-kacangan, hati, dan makanan sumber zat besi lainnya.( Simak : Makanan Sehat untuk Penderita Anemia).
  • Hindari anggapan bahwa makanan yang memiliki kandungan zat besi dapat mempercepat kegemukan
  • Olahraga secara teratur
  • Hindari aktivitas yang dapat menguras tenaga berlebih, karena dapat menimbulkan kelelahan yang sangat mendera, dan akibatnya kondisi tubuh melemah serta mudah sakit.
Penyakit anemia dapat diatasi dengan cara-cara sederhana. Jika kita khususnya kaum wanita dapat menerapkan pola makan dan gaya hidup yang sehat, Insya Alloh penyakit anemia dapat dicegah dan kondisi tubuh tetap fit dan siap untuk melakukan aktivitas keseharian kita dengan lancar tanpa ganguan anemia. Semoga bermanfaat..

0 comments "Penyebab Anemia yang Umum Terjadi pada Kaum Wanita", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment