8 Khasiat Buah Sukun yang Jarang Diketahui

8 Khasiat Buah Sukun  yangJarang Diketahui - Sukun merupakan tumbuhan yang hidup di wilayah Pasifik Selatan ini dalam setiap tahunnya mampu menghasilkan buah hingg 150 buah. Bahkan dalam satu musim buah sukun dapat menghasilkan sekitar 200 buah.

8 Khasiat Buah Sukun yang Jarang Diketahui

Sukun termasuk ke dalam genus Artocarpus dan dalam family Moaccea seperti pohon nangka dan campedak. Tumbuhan yang memiliki bentuk buah bulat ini berasal dari Polyneisa dan sekarang sudah menyebar ke Malaysia, Sri Langka dan di beberapa kepulauan Pasifik lainnya, salah satu diantaranya adalah tanah air kita tercinta, Indonesia.

Kandungan Nutrisi Buah Sukun

Dalam buah sukun terkandung : Karbohidrat, Protein, Serat, Lemak, Niacin, Folates, Pyridoxine, Thiamin, Riboflavin, Vitamin A, Vitamin E, vitamin C, Vitamin K, Sodium, Kalsium, Kalium, Magnesium, Tembaga, Besi, Mangan, Selenium, Seng, Fosfor, Beta Karoten, Lutein-zeaxanthin, Crypto-xanthin-ß

1. Kaya serat 
 
Kandungan serat dalam buah sukun ini bermanfaat dapat mengurangi penyerapan gula oleh tbuh. Menurut penelitian menunjukkan bahwa jika kita mengkonsumsi buah sukun secara rutin dapat mengurangi resiko diabetes mellitus dan kadar gula dalam darah dapat terkontrol dengan baik.

2. Memberi efek kenyang lebih lama

Buah sukun ini sering dijadikan makanan pengganti nasi pada saat seseorang menjalani diet. Hal ini karena buah sukun mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama, tanpa meningkatkan asupan kalori. Apakah Anda sedang menjalani program diet demi memiliki berat badan yang ideal? Silakan coba konsumsi buah sukun, Insya Alloh manfaatnya akan Anda rasakan.

3. Kaya omega3 dan omega6

Buah sukun sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, hal ini karena kandungan yang tekandung dalam buah sukun ini mampu menutrisi  otak besar, salah satunya karena adanya asam lemak omega 3 dalam buah sukun tersebut. Terlebih lagi dengan adanya sepasang asam lemak esensial ini juga baik untuk kesehatan jantung.

4. Melancarkan BAB

Kadar serat yang terkandung dalam buah sukun ini cukup tinggi dan memiliki peran penting dalam melancarkan buang air besar. Tidak hanya itu, dengan konsumsi buah sukun secara rutin dalam mengeluarkan racun yang bersarang dalam usus kita.

5. Menu diet sehat

Bagi seseorang yang menderita obesitas, buah sukun ini merupakan pilihan tepat. Memiliki jumlah serat yang tinggi dengan kalori yang rendah, sangat ideal untuk menjadi menu diet sehat Anda.

6. Baik untuk kecantikan

Dengan adanya kandungan omega3 dan omega6 dalam buah sukun ini sangat baik untuk kecantikan kulit. Selain itu, buah sukun juga kaya akan vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit.

7. Antioksidan

Mengkonsumsi buah sukun secara rutin akan membuat kulit kita sehat. Menurut penelitian terbaru ditemukan antioksidan dalam buah sukun yang baik untuk mencegah terjadinya infeksi kulit.

8. Sumber vitamin dan mineral untuk rambut

Kandungan asam lemak omega6 dalam sukun sangat bermanfaat bagi kesehatan folikel rambut. Rambut menjadi tidak mudah rontok (Tips Alami Mengatasi Rambut Rontok), sehat dan menguatan akar rambut serta mencegah kebotakan. Dan tidak hanya itu, buah sukun juga mampu mengatasi rambut berketombe. Tidakkah Anda tertarik untuk bisa merasakan manfaatnya? Konsumsi buah sukun mulai sekarang ya..

Itulah 8 manfaat buah sukun yang jarang kita ketahui. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita akan khasiat buah sukun yang tak hanya sekedar bahan pangan pengganjal perut saja. Simak sajian informasi menarik lainnya mengenai kesehatan dan tips kecantikan dengan bahan alami hanya di Blog Obat Tradisional Penyakit Amandel.

1 comments:

  1. Terima kasih. Teruslah berkarya meskipun barangkali belum diperhatikan orang lain. Semoga karya anda senantiasa sebagai kebaikan di sisi Allah

    ReplyDelete