Kandungan Nutrisi dan Manfaat Ginkgo Biloba

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Ginkgo Biloba - Ginkgo Biloba adalah salah satu tanaman herbal yang telah populer dan paling banyak diminati oleh orang Asia, Eropa dan Amerika. Pohon Ginkgo Biloba ini dapat hidup selama 1.000 tahun dan tumbuh hingga ketinggian 120 meter.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Ginkgo Biloba

Para ilmuwan telah menemukan lebih dari 40 komponen dalam ginkgo biloba. Tapi hanya 2 yang diyakini bertindak sebagai obat, antara lain : Flavonoid dan Terpenoid. Flavonoid sendiri mampu melindungi sel syaraf, otot jantung, pembuluh darah, dan melindungi retina dari kerusakan. Sementara Terpenoid mampu meningkatkan aliran darah dengan melebarkan pembuluh darah dan mengurangi kekakuan trombosit.

Kandungan Nutrisi Ginkgo Biloba
NutrisiSatuanPer
100 g
1 Ounces
28.35g
Proximates
Waterg55.2015.65
Energykcal18252
Proteing4.321.22
Total lipid (fat)g1.680.48
Carbohydrate, by differenceg37.6010.66
Minerals
Calcium, Camg21
Iron, Femg1.000.28
Magnesium, Mgmg278
Phosphorus, Pmg12435
Potassium, Kmg510145
Sodium, Namg72
Zinc, Znmg0.340.10
Vitamins
Vitamin C, total ascorbic acidmg15.04.3
Thiaminmg0.2200.062
Riboflavinmg0.0900.026
Niacinmg6.0001.701
Vitamin B-6mg0.3280.093
Folate, DFEµg5415
Vitamin B-12µg0.000.00
Vitamin A, RAEµg288
Vitamin A, IUIU558158
Vitamin D (D2 + D3)µg0.00.0
Vitamin DIU00
Lipids
Fatty acids, total saturatedg0.3190.090
Fatty acids, total monounsaturatedg0.6190.175
Fatty acids, total polyunsaturatedg0.6180.175
Cholesterolmg00

Sumber: usda.gov

Manfaat Ginkgo Biloba

1. Demensia Alzheimer. 

Berdasarkan studi para ilmuwan, ginkgo biloba mampu melindungi sel-sel syaraf yang rusak pada penderita penyakit alzheimer. Sejumlah penelitian juga menemukan bahwa ginkgo biloba ini juga memiliki efek positif pada memori dan berfikir pada orang yang menderita alzheimer atau demensia vaskular. Namun, penelitian terakhir menunjukkan bahwa dampaknya tidak terlalu signifikan. Ginkgo biloba dapat membantu mengatasi alzheimer dengan cara :
  • Meningkatkan pikiran, belajar, dan memori (fungsi kognitif)
  • Memiliki waktu lebih mudah melakukan kegiatan sehari-hari
  • Meningkatkan perilaku sosial
  • Mengurangi depresi.
2. Kegelisahan

Ginkgo biloba dapat membantu mengurangi kegelisahan dan kecemasan. Dengan mengkonsumsi ekstrak ginkgo biloba dapat mengatasi kegelisahan atau kecemasan berlebih yang Anda derita.

3. Glaukoma

Orang yang memiliki keluhan glaukoma mengkonsumsi 120 mg ginkgo biloba setiap hari selama 8 minggu mengalami perbaikan dalam penglihatan mereka.

4. Degenerasi Makula

Flavonoid yang terkandung dalam ginkgo biloba ini mampu menghentikan dan mengurangi masalah pada retina, bagian belakang mata. Degenerasi makula yang berkaitan dengan usia lanjut ini merupakan penyakit mata yang mempengaruhi retina. Beberapa studi menunjukkan bahwa ginkgo biloba ini dapat membantu memperbaiki penglihatan pada penderita degenerasi makula.

5. Intermittent Claudication

Adalah rasa nyeri yang disebabkan oleh berkurangnya aliran darah ke kaki. Orang yang memiliki keluhan ini akan mengalami kesulitan untuk berjalan, tanpa merasa sakit yang hebat. Sebuah analisis dari 8 studi menunjukkan bahwa orang yang menggunakan ginkgo biloba dalam pengobatannya cenderung berjalan sekitar 34 meter lebih jauh dari mereka yang tidak mengkonsumsi, dan para dokter merekomendasikan pengunaan ginkgo biloba bagi penderita Intermittent Claudication ini.

6. Antioksidan

Ginkgo biloba berperan sebagai antioksidan, mampu memerangi radikal bebas dan memperbaiki kerusakan molekul. Penelitian menunjukan bahwa antioksidan seperti GBE mungkin memainkan peran penting dalam mencegah terjadinya penyakit jantung, kanker dan penyakit berbahaya lainnya, mencegah kerusakan sel serta mampu memperlambat penuaan dini.

7. Meningkatkan Seksualitas Pria

Ginkgo biloba dapat digunakan dalam pengobatan penyakit impotensi. Hal ini karena ginkgo biloba mampu meningkatkan aliran darah, dan membantu mengatasi gangguan aliran darah melalui organ intim pria yang dialami penderita penyakit impotensi tersebut.

8. Penyakit Raynaud

Penyakit ini diyakini disebabkan oleh pembuluh darah yang lebih bereaksi terhadap dingin dan kejang, mengurangi aliran darah dan ada dengan mencabut ektremitas oksigen. Ginkgo biloba ini dapat membantu melebarkan pembuluh darah kecil, yang akan menjaga kejang ini dari sepenuhnya menghalangi aliran darah.

9. Penyakit Parkinson

Kurangnya dopamin dipercaya untuk menghasilkan progresif, gemetas dan kehilangan koordinasi otot yang khas pada penyakit parkinson. Ginkgo biloba dapat membantu gejala meningkatkan aliran darah dalam otak, dengan demikian sirkulasi darah dapat berlangsung lancar dan beredar ke seluruh tubuh tanpa hambatan.

10. Stroke

Para ilmuwan telah melakukan penelitian dan mempelajari pencegahan serta pengobatan penyakit stroke. Ginkgo biloba dapat membantu mengobati stroke dengan mencegah gumpalan darah dan melancarkan sirkulasi darah menuju otak. Sehingga, penggunaan ginkgo biloba untuk pengobatan stroke ini sangatlah penting.

Itulah ulasan mengenai manfaat ginkgo biloba dan kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda akan manfaat tanaman herbal unggulan yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh kita. Salam sehat..

1 comments: