Manfaat Kandungan Nutrisi dan Efek Samping Melinjo

Manfaat Kandungan Nutrisi dan Efek Samping Melinjo - Buah Melinjo (Gnetum gnemon L.) telah lama digunakan sebagai makanan di Asia Tengara dan menurut penelitian yang pernah dilakukan, melinjo ternyata memiliki kandungan antioksidan yang dapat memperkuat sistem imun atau sistem kekebalan tubuh terhadap serangan radikal bebas. Terbukti berdasarkan penelitian yang dilakukan seorang peneliti dari Universitas Jember, Tri Agus Siswoyo. Dia menilai bahwa aktivitas antioksidan dalam biji buah melinjo ini setara dengan vitamin C. Aktivitas antioksidan ini didapat dari konsentrasi proteinnya yang tinggi, yaitu 9-10 % setiap biji melinjo.
Kandungan Nutrisi dan Manfaat Melinjo

Kandungan protein dalam biji buah melinjo dipercaya sangat efektif untuk menanggulangi radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit seperti : hipertensi, koleseterol, penyempitan pembuluh darah, serta penuaan dini.

Tidak hanya di negara kita, ternyata Jepang telah lebih dulu melihat adanya potensi antioksidan tinggi yang terkandung dalam biji melinjo. Hasil penelitian Tri Agus Siswoyo tentang isolasi dan karakterisasi peptida antioksidan dari biji melinjo ini telah membuatnya menjadi salah satu penerima dana riset dari Toray Science Foundation yang berasal dari Indonesia. Toray Science Foundation ini merupakan sebuah yayasan yang didirikan perusaah tekstil dan serat sintetis terbesar di Jepang.

Kandungan Nutrisi Buah Melinjo


Kandungan Gizi Emping Melinjo 100 gr (manycalories.com/id)
Jumlah per Porsi
Kalori 332
dari Lemak 18.00
% Nilai harian*
Total Lemak 2.00 g
3.1 %
  Lemak Jenuh 0.300 g
1.5 %
Kolesterol 0 mg
0.0 %
Sodium 5 mg
0.2 %
Total Karbohidrat 64.50 g
21.5 %
  Diet Serat 14.9 g
59.6 %
Protein 15.40 g
30.8 %
  Vitamin B1 Thiamin
42.7 %
  Vitamin B2 Riboflavin
8.8 %
  Vitamin B3 Niasin
8.0 %
  Vitamin B5 Asam Pantotenat acid
13.5 %
  Vitamin B6
3.0 %
  Kalsium
16.3 %
  Besi
19.4 %
  Kalium
39.1 %
  Fosfor
62.6 %
  Magnesium
52.5 %
  Seng
2.0 %
  Tembaga
5.5 %
  Mangan
11.0 %
  C Sistein
38.3 %
  F Fenilalanin
87.7 %
  I Isoleusin
54.6 %
  K Lisin
46.9 %
  L Leusin
44.5 %
  M Metionin
50.9 %
  T Treonin
71.1 %
  Tirosin
42.9 %
  V Valin
54.5 %
  W Triptofan
78.9 %
* Nilai Persen harian  berdasarkan diet 2.000 kalori. Nilai harian Anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada kebutuhan kalori Anda.
Jumlah total lemak
Kurang dari 65g
Lemak jenuh
Kurang dari 20g
Kolesterol
Kurang dari 300mg
Sodium
Kurang dari 2,400mg
Jumlah Karbohidrat
300g
Diet Serat
25g

Manfaat Buah Melinjo
  • Mirip Ginkgo Biloba. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengungkapkan bahwa melinjo termasuk evolusi tanaman kuno yang dekat dengan tanaman ginkgo biloba yang ada di Jepang. Dengan alasan inilah yang membuat orang Jepang tertarik untuk mengembangkan penelitian tentang tanaman yang disebut dengan "tangkil" dalam bahasa sunda.
  • Antioksidan Tinggi. Alasan yang membuat Tri Agus Siswoyo tertarik untuk meneliti tanaman yang tumbuh di Asia Tenggawa ini adalah ketahanan tanaman melinjo ini terhadap berbagai tanaman, baik bakteri, jamur, dan hama. Selama 2 tahun mempelajari melinjo, Tri telah meneliti interaksi antara padi dan lipid pada biji melinjo, stabilitas protein terhadap panas dan kandungan fenolik melinjo, serta sumber antioksidan flavonoid dalam melinjo.
  • Antimikroba Alami. Hingga saat ini, doktor biokimia dari Osaka Prefecture University, Jepang telah mengisolasi dua jenis protein yang menunjukkan adanya aktivitas antioksidan tinggi. Mulai dari daun, kulit batang, akar, sampai bili melinjo yang ditelitinya, protein yang paling potensial ditemukan dalam bijinya. Dari hasil penelirian menunjukkan bahwa antioksidan biji melinjo setara dengan anktivitas antioksidan sintetik BHT (Butylated Hydroxytolune). Karena kedua unsur protein tersebut, telah ditemukan fungsi lain dar melinjo yaitu sebagai antimikroba alami. Hal ini berarti protein biji melinjo juga bisa dipakai untuk pengawet makanan alami sekaligus untuk obat penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Peptida Gg-AMP yang diisolasi dari biji melinjo memiliki potensi aktif yang menunjukkan menghambat berbagai jenis bakteri gram positif dan negatif.
  • Menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam plasma
  • Memperlancar air seni
  • Mengatasi anemia
  • Mencegah busung lapar.
Efek Samping Melinjo
  • Bagi yang memiliki keluhan asam urat, sebaiknya tidak mengkonsumsi biji melinjo, karena kadar purin yang terkandung dalam biji melinjo sangatlah tingi dan berpotensi meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Dan bagi orang yang memiliki kadar asam urat normalpun, disarankan untuk mengkonsumsinya dalam porsi yang wajar dan tidak berlebihan.
  • Tidak boleh mengkonsumsi sembarang biji buah melinjo bagi penderita asam urat dan darah tinggi
  • Tidak baik dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki keluhan yang berhubungan dengan pembuluh darah.

Sebenarnya melinjo tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh, selagi diolah dengan baik dan dikonsumsi dalam porsi sewajarnya. Karena sesuatu yang berlebihan adalah tidak baik, terlebih lagi jika Anda mengkonsumsi melinjo dalam jumlah yang berlebihan. Bukannya sehat, justru malah berakibat buruk pada kesehatan Anda. Terima kasih telah menyimak sajian Manfaat Kandungan Nutrisi dan Efek Samping Melinjo. Semoga bermanfaat.

0 comments "Manfaat Kandungan Nutrisi dan Efek Samping Melinjo", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment