Khasiat Daun Melinjo untuk Kesehatan

Khasiat Daun Melinjo untuk Kesehatan - Daun melinjo memiliki berbagai kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Tercatat ada banyak kandungan gizi dalam daun melinjo, antara lain : Protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C. Dengan beberapa kandungan nutrisi tersebut, dapat dipastikan bahwa daun melinjo berperan aktif dalam tubuh dan memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan. (Simak : Manfaat Kandungan Nutrisi dan Efek Samping Melinjo).
Khasiat Daun Melinjo

Kandungan Nutrisi Daun Melinjo

Nama Bahan Makanan : Daun Melinjo
Nama Lain / Alternatif : -
Banyaknya Daun Melinjo yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Daun Melinjo yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 88 %
Jumlah Kandungan Energi Daun Melinjo = 99 kkal
Jumlah Kandungan Protein Daun Melinjo = 5 gr
Jumlah Kandungan Lemak Daun Melinjo = 1,3 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Daun Melinjo = 21,3 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Daun Melinjo = 219 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Daun Melinjo = 82 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Daun Melinjo = 4 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Daun Melinjo = 10000 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Daun Melinjo = 0,09 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Daun Melinjo = 182 mg

* Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Khasiat Daun Melinjo untuk Kesehatan

1. Sumber makanan sehat

Daun melinjo telah populer digunakan sebagai salah satu bahan masakan, salah satunya untuk membuat sayur asem. Melihat dari kandungan nutrisi dan komposisi sayur, maka sayur adalah satu porsi lengkap kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Makan nasi dan sayur jauh lebih sehat dibandingkan dengan mengkonsumsi junkfood.

2. Mencegah anemia

Kandungan zat besi dalam daun melinjo mampu membantu mencegah terjadinya penyakit anemia. Jika Anda memiliki keluhan penyakit anemia, tidak ada salahnya jika Anda mulai mengkonsumsi daun melinjo yang diolah dalam berbagai sajian.

3. Mencegah radikal bebas

Dari seluruh bagian pohon melinjo, terdapat kandungan antioksidan (termasuk pada daun dan biji). Antioksidan dapat melawan radikal bebas sehingga mencegah terjadinya penuaan dini. Namun, antioksidan paling potensial terdapat pada bijinya.

Itulah beberapa khasiat daun melinjo untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat dan menambah pegetahuan Anda mengenai manfaat luar biasa yang terdapat dalam sehelai daun melinjo. Terima kasih telah menyimak sajian informasi yang kami berikan, simak pula sajian informasi kesehatan lainnya hanya di Blog Obat Tradisional Penyakit Amandel.

0 comments "Khasiat Daun Melinjo untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment