Merokok Salah Satu Penyebab Kanker Lidah

Merokok Salah Satu Penyebab Kanker Lidah - Merokok adalah kebiasaan buruk yang memberikan dampak buruk terhadap kesehatan tubuh, ini telah kita ketahui bersama. Bukan hanya dapat menyebabkan timbulnya penyakit serangan jantung dan penyakit impotensi saja, tetapi juga dapat memicu terjadinya penyakit yang paling mematikan, yaitu penyakit kanker. Berikut ini adalah sajian informasi mengenai rokok pemicu timbulnya penyakit kanker lidah.

Merokok Salah Satu Penyebab Kanker Lidah
Merokok Salah Satu Penyebab Kanker Lidah
Asap Rokok yang mengepul dalam rongga mulut dan terkena lidah ternyata dapat memicu timbulnya penyakit kanker lidah. Waspadai bercak berwarna putih pada sariawan yang juga tidak kunjung sembuh, karena hal tersebut dapat menjadi pemicu timbulnya penyakit kanker lidah.

Penyakit Kanker Lidah ini meningkat sejalan dengan bertambahnya usia, umumny terjadi pada usia sekitar 60 tahun, tetapi saat ini telah terjadi pergeseran usia sehingga tidak hanya ditemukan pada mereka yang berusia lanjut, akan tetapi pada usia yang masih relatif muda.

Berdarkan kasus yang terjadi, kebanyakan penderita penyakit kanker lidah adalah kaum pria, hal ini karena kebanyakan perokok aktif adalah pria, perbandingannya adalah 2:1. Tapi, kondisi tersebut juga mulai bergeser, karena seiring dengan perkembangan zaman, sudah banyak kaum wanita yang merokok.

Faktor utama pemicu atau penyebab penyakit kanker lidah ini adalah tembakau dan alkohol, selain itu pemakaian gigi palsu yang tidak sesuai, kurangnya mejaga kebersihan mulut, radang kronis dan genetik juga turut memberikan kontribusi terhadap terjadinya penyakit kanker lidah ini.

Penyakit kanker lidah yang paling sering terjadi adalah tipe karsinoma sel skuamosa, biasanya terjadi pada bagian tepi lateral, bisa berbentuk eksofitik, infiltratif dan ulkus. Gejala penyakit kanker lidah ini biasanya terdapat luka (ulkus) seperti sariawan yang tak kunjung sembuh dengan pengobatan yang adekuat, mudah berdarah, nyeri lokal, nyeri yang menjalar ke telinga, terasa nyeri saat menelan, perpgerakan lidah menjadi semakin terbatas. Sajian lengkap mengenai tanda-tanda timbulnya penyakit kanker lidah dapat anda simak dalam sajian => Gejala Awal Penyakit Kanker Lidah.

Asap rokok yang mengepul dalam rongga mulut dan terkena lidah ini memicu kanker dan lidah bisa mengering karena paparan asap rokok tersebut. 

“Kalau itu terpapar bolak balik mekanismenya akan bekerja berlebihan. Akhirnya orang yang berbakat untuk kanker, sel-selnya berubah menjadi ganas yang akhirnya akan menjadi kanker lidah,” ucap dokter kelahiran Medan, 6 oktober 1981, dokter gigi Klinik Bakti Asih, Pondok Kacang Ciledug Tangerang, drg Tuti Octavira,

Bukan hanya asap rokok yang menjadi penyebab timbulnya penyakit kanker lidah, kebersihan mulut juga harus mendapat perhatian lebih. Karena dengan kebersihan mulut yang buruk, kuman atau jamur akan bekembang dengan lebih cepat dan akan memperburuk kondisi kesehatan mulut yang akhirnya menjadi salah satu pemicu penyebab penyakit kanker lidah.

0 comments "Merokok Salah Satu Penyebab Kanker Lidah", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment