Gejala dan Penanganan Penyakit Diare

Gejala dan Penanganan Penyakit Diare - Berikut ini adalah sajian informasi mengenai gejala atau tanda-tanda yang ditimbulkan oleh penyakit diare dan bagaimana cara mengatasinya dengan menggunakan metode pencegahan alami serta sederhana yang dapat kita lakukan sendiri di rumah. Simak sajian lengkapnya berikut ini.
Gejala dan Penanganan Penyakit Diare

Gejala Penyakit Diare
  • Sering buang air besar dalam bentuk cairan berwarna terang dan kehijauan
  • Kram pada perut
  • Kelelahan karena banyak kehilangan potasium (kalium)
  • Kehausan karena banyak cairan yang hilang
  • Ada bercak saat buang air
  • Letih dan lesu
  • Demam
  • Nyeri pada punggung
  • Mual dan muntah
Penanganan untuk Penyakit Diare

Perawatan dan penanganan penyakit diare adalah dengan memastikan kecukupan asupan cairan dan garam (elektrolit). Untuk diare yang menimbulkan gejala ringan dan sedang, kita bisa menggunakan obat-obatan ringan yang dapat mengurangi diare.

Akan tetapi, pada kasus yang lebih parah pada anak-anak, wanita hamil, dan orang tua yang bisa berbahaya bila kehilangan banyak cairan, dan pemberian infus mungkin akan sangat diperlukan. Bila penyebab penyakit diare ini adalah keracunan makanan, dokter atau para tenaga medis mungkin perlu memberikan obat-obatan untuk membunuh patrogen yang berada di susu dan mencegah kerusakan mukosa lebih lanjut. Obat antispasmodik dapat membantu mengurangi gejala diare yang sedang dialami.

Diare kronis harus diatas dengan mengobati penyakit yang mendasarinya. Diare yang berkepanjangan dengan dehidrasi berat dapat menyebabkan pendarahan usus dengan konsekuensi adanya kerusakan pada organ tubuh yang lain, yaitu mengakibatkan gagal ginjal. Jika penyakit diare yang anda keluhakan sudah menjadi lebih kronis, jangan pernah menunda waktu, segera konsultasikan kepada dokter dan lakukanlah pengobatan sedini mungkin.

Secara umum, kita dapat memberikan pertolongan kepada penderita penyakit diare dengan melakukan langkah-langkah sederhana seperti berikut ini:
  • Berikan banyak air minum untu menggantikian cairan dan zat kimia tubuh yang hilang, minum cairan setiap 2 jam sekali sebanyak  kurang lebih 2 ons
  • Bila diare berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama, sekitar 1-2 hari dan bila kencing berkurang dan frekuensinya maka segera hubungi dokter, karena kemungkinan penderita terkena dehidrasi
  • Hindari makanan padat
Pengobatan Tradisional untuk Sembuhkan Penyakit Diare

Selain dengan melakukan langkah pertolongan penyakit diare yang telah disebutkan di atas, kita juga dapat menyembuhkan keluhan penyakit diare dengan bahan-bahan alami yang dapat kita peroleh di lingkungan sekitar kita, yaitu dengan menggunakan daun singkong, buah sirsak, daun randu, air putih dan jambu biji (Baca : Ramuan Herbal untuk Penyakit Diare).

Bukan hanya daun singkong dan daun randu, penyakit diare juga bisa disembuhkan dengan menggunakan kombinasi bahan herbal antara kulit buah manggis dan daun sirsak, simak sajian lengkapnya di => Obat Tradisional Penyakit Diare.
Itulah gejala dan penanganan penyakit diare. Semoga sajian informasi yang kami berikan bermanfat dan menjadi solusi alternatif bagi anda yang saat ini sedang menjalani penyembuhan penyakit diare atau sakit perut. Menjaga kebersihan dan melakukan pola makan yang sehat adalah kunci utama bagi kita untuk menghindari reesiko terkena penyakit diare ini. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.

0 comments "Gejala dan Penanganan Penyakit Diare", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment