5 Jenis Makanan Penyebab Diare

5 Jenis Makanan Penyebab Diare - Makanan memang memiliki peranan penting terhadap kesehatan dan berlangsungnya sistem perncernaan dalam tubuh kita. Perlu kita ketahui bahwa ada beberapa jenis makanan yang menjadi pemicu timbulnya diare atau sakit perut. Berikut ini sajian lengkapnya.

5 Jenis Makanan Penyebab Diare

5 Jenis Makanan Penyebab Diare
Penyakit diare atau sakit perut adalah salah satu penyakit yang sering sekali kita temui di masyarakat, baik itu dewasa, remaja, bahkan anak-anak. Penyakit diare memang bukanlah suatu jenis penyakit yang serius, akan tetapi jika penyakit ini tidak diatasi dengan tepat, justru akan menimbulkan dampak buruk terhadap kesehatan penderita penyakit diare itu sendiri. Tentunya, timbulnya penyakit diare atau sakit perut ini bukan tanpa sebab, ada beberapa hal yang menjadi pemicunya, yaitu : kurangnya menjaga kebersihan dan pola makan yang tidak sehat. Adapun bahasan kita kali ini adalah makanan penyebab penyakit diare. Adapun makanan yang dapat menimbulkan diare adalah sebagai berikut :

1. Susu

Jenis Makanan Penyebab Diare yang pertama adalah Susu. Susu yang dimaksud dapat menyebabkan diare adalah prosuk susu kemasan yang mengandung banyak zat gula yang disebut dengan laktosa. Laktosa adalah sebuah zat yang sangat sulit untuk dicerna atau dipecah oleh organ pencernaan kita dalam tubuh, sehingga sistemnya akan terganggu. Hal inilah yang menyebabkan seseorang mengalami diare.

Penyakit diare yang disebabkan oleh laktosa susu ini disebut dengan sitilah lactose intolerance. Gejala atau tanda-tandanya meliputi diare, sering buang gas, kembung, muntah, dan kram. Untuk menghindari hal ini terjadi, lebih baik kita mengkonsumsi susu sapi yang segar tanpa tambahan zat kimia atau kandungan laktosa yang terlalu banyak.

2. Cabe

Bagi kita masyarakat Indonesia, cita rasa makanan dengan tambahan cabe rasanya wajib adanya dalam setiap menu makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Akan tetapi, jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, justru cabe ini akan menimbulkan dampak yang buruk terhadap kesehatan tubuh kita. Cabe memiliki kandungan "Capsaicin" yang bisa memicu diare. Dan uniknya, rasa panas yang ditimbulkan oleh capsaicin bisa dikurangi dengan kasein yang terkandung dalam susu.

3. Kafein

Kafein adalah salah satu zat yang terdapat dalam kopi, soda dan teh. Kafein juga bisa ditemui pada beberapa jenis minuman dan makanan seperti cokelat, permen karet, dan bahkan air putih dalam kemasan. Kafein ini dapat memepercepat proses metaboliems tubuh, termasuk proses pencernaan. Pada orang yang memiliki organ pencernaan sensitif sehingga mudah terkena diare jika mengkonsumsi kafein yang terlalu banyak.

4. Olestra

Olestra adalah lemak buatan yang digunakan untuk mengganti lemak pada makanan yang diberi label 'rendah lemak' atau 'bebas lemak'. Bisanya kandungan zat ini terdapat dalam makanan potato chips atau snack keripik kentang. Perlu kita ketahui bahwa lemak buatan ini ternyata tidak dapat diserap sama sekali oleh organ pencernaan kita, dan hal inilah yang menyebabkan kita terkena diarea setelah mengkonsumsi makanan penyebab diare tersebut.

5. Gula Buatan

Ada beberapa macam gula buatan yang dapat mengakibatkan kita mengalami diare, diantaranya adalah sorbitol dan mannitol. Gula buatan ini bisa kita temui pada beberapa jenis makanan seperti permen dan yogurt. Pemanis buatan ini tidak dapat diserap dengan baik oleh usus besar sehingga menghasilkan gas. Selian itu, bakteri di dalam usus besar yang memakannya membuat gas tersebut semakin banyak.

Itulah beberapa jenis makanan penyebab penyakit diare. Semoga bermanfaat dan menjadi sumber referensi bagi anda yang saat ini sedang melakukan proses pengobatan penakit diare yang sedang dikeluhkan. Terima kasih dan salam sehat..

* Simak Juga :

0 comments "5 Jenis Makanan Penyebab Diare", Baca atau Masukkan Komentar

Post a comment