10 Penyebab Utama Penyakit Darah Rendah

10 Penyebab Utama Penyakit Darah Rendah - Ada beberapa hal yang menjadi pemicu timbulnya penyakit hipotensi atau penyakit darah rendah rendah. Simak sajian informasi lengkapnya berikut ini.

10 Penyebab Utama Penyakit Darah Rendah

10 Penyebab Utama Penyakit Darah Rendah
Penyakit darah rendah atau penyakit hipotensi merupakan suatu keadaan dimana seseorang mengalami tekanan darah di bawah angka normal. Jika dibiarkan begitu saja, maka hal ini akan berdampak buruk pada kesehatan penderitanya. (Baca : Obat Tradisional Penyakit Darah Rendah). Ada beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya penyakit tekanan darah rendah, adalah sebagai berikut :
1. Dehidrasi

Disebabkan oleh kurangnya tubuh menerima asupan cairan, setelah berolahraga berat, biasanya seseorang akan mengalami dehidrasi. Jika dibiarkan, deidrasi ini akan memicu tekanan tekanan darah rendah. Gejalanya adalah pusing, berkunag-kunang, hingga pingsan.

2. Pendarahan

Baik itu karena kecelakaan atau operasi, kekurangan darah adalah penyebab utama kedua dari kondisi hipotensi. Jika anda mengalami situasi tersebut, segeralah periksakan ke dokter untuk memastikan tekanan darah anda.

3. Inflamasi organ tubuh

Infomrasi yang terjadi pada organ tubuh ternyata memiliki kaitan yang erat dengan tekanan darah rendah. Prosesnya dimulai dengan organ yang meradang, sehingga pembuluh darah mengelilingi jaringan yang mengalami inflamasi, dan hal inipun akan mengakibatkan volume darah berkurang dan tentunya dapat memicu tekanan darah menjadi rendah.

4. Otot jantung lemah

Penderita otot jantung lemah paling beresiko mengalami tekanan darah rendah, hal ini dimaksudkan ketika otot jantung lemah adalah keadaan saat otot gagal mengurangi darah yang dipompa. Penyebab dari otot jantung yang lemah ini adalah serangan jantung atau infeksi virus tertentu.

5. Penyumbatan pembuluh darah

Jika pembuluh darah tersumbatm jaringan yang bertugas mengirim sinyal ke jantung menjadi terhambat, sehingga berbagai kontraksi reguler dalam jantung ikut terganggu. Kondisi ini tidak berhenti sampai di sini, karena jika dibiarkan, penyumbatan pembuluh darah juga akan memicu terjadinya penyakit tekanan darah rendah.

6. Detak jantung tidak normal

Pernahkah anda memeriksa detak jantung anda? Apakah jantung anda berdetak terlalu cepat? Jika memang jantung anda berdetak terlalu cepat, bisa jadi anda menderita penyakit tekanan darah rendah atau penyakit hipotensi. Hal ini dikarenakan detak jantung yang tidak nomral akan membuat kontraksi dalam jantung terganggu, sehingga hal ini akan mengakibatkan jumlah darah yang dipompa menjadi berkurang dan berujung pada kondisi hipotensi atau penyakit tekanan darah rendah.

7. Kehamilan

Jika seorang ibu hamil mengalami tekanan darah rendah, sebenarnya adalah hal yang wajar. Akan tetapi, jika hal ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama, jangan dibiarkan. Karena bukan cuma sang ibu yang kesehatannya terganggu, nyawa janinpun akan ikut terancam. Segeralah lakukan pengbatan, agar keluhan penyakit darah rendah yang anda keluhkan dapat segera teratasi.

8. Infeksi tertentu

Jika ada bakteri yang menyerang organ tubuh dan memasuki pembuluh darah, mereka akan memproduksi racun yang mengganggu kinerja aliran darah. Oleh sebab itu, infeksi juga dapat menjagi salah satu penyebab timbulnya penyakit tekanan darah rendah.

9. Kurang nutrisi

Makanan dan minuman yang kita konsumsi memang memiliki peranan penting untuk memenuhi berbagai macam nutrisi dan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika tubuh kekurangan asupan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi setiap hari, maka tekanan darah bisa menurun drastis. Patikan konsumsi buah dan sayur yang segar, kedelai, dan kacang-kacangan.

10. Masalah endokrin

Masalah endokrin bisa berupa penyakit tiroid, kekurangan hormon adrenalin, kadar gula darah rendah, dan diabetes. Beberapa kondisi tersebut dapat menyebabkan seseorang menderita penyakit darah rendah. Hal ini karena endokrin merupakan kelenjar mengondtrol produksi hormon dan aliran darah, sehingga jika ada masalah, maka tekanan darahpun akan ikut menurun.

0 comments "10 Penyebab Utama Penyakit Darah Rendah", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment