Gejala Umum Penyakit Vitiligo

Gejala Umum Penyakit Vitiligo - Penyakit Vitiligo atau kelainan kulit yang kehilangan pigmen ini memiliki beberapa tanda-tanda atau ciri yang timbul dan dirasakan oleh penderita penyakit vitiligo. Simak sajian lengkap mengenai gejala penyakit vitiligo berikut ini.
 
Gejala Umum Penyakit Vitiligo
Gejala Penyakit Kulit Vitiligo pada awalnya ditandai dengan timbulnya belang-belang atau bercak putih pada kulit. Gejala penyakit vitiligo dapat menyerang siapa saja tanpa mengenal usia, namun kasus yang sering dijumpai adalah penderita penyakit vitiligo menjangkiti orang dewasa. (Baca : Informasi Seputar Penyakit Vitiligo).

Seseorang yang menderita penyakit vitiligo biasanya sehar danmemiliki rekstur dan senasi kulit yang normal. Namun, kondisi ini pada umunya muncul pada orang yang menderita penyakit autoimun tertentu, penyakit di mana suatu sistem kekebalan tubuh bereaksi melawan organ dan jaringan tubuh, seperti penyakit Addison, kekurangan vitamin B-12 (pernicuous anemia), atau gangguan tiroid, termasuk penyakit hipertiroid.

Vitiligo ini bisa menyebar ke seluruh tubuh secara cepat ataupun lambat, pada umumnya vitiligi menyebar dengan 3 pola, antara lain :
  1. Lokal : Depigmentasi terbatas hanya pada daerah tertentu pada tubuh
  2. Segmental : Hilangnya warna kulit pada hanya salah satu sisi tubuh
  3. Menyeluruh : kehilangan pigmen meluas di banyak dari tubuh.
Tanda-tanda penyakit vitiligo ini dapat dilihat dari perubahan warna pigmen kulit yang cenderung menjadi lebih terang keputihan. Penyakit vitiligo ini dapat menyerang mulai dari jari-jari tangan, ujung kaki, wajah, sampai menyebar ke seluruh tubuh.

Gejala yang sering ditimbulkan oleh penyakit vitiligo ini adalah uban yang muncul sebelum waktunya pada bulu, alis, atau jenggot, terdapat perubahan pada lapisan bagian dalam retina mata, perubahan warna pada jaringan yang melapisi bagian dalam mulut (selaput lendir), terdapat warna putih melekat pada tangan, kaki, wajah, dan bibir. Dan gejala tersebut dapat dilihat secara kasat mata.

Simak Juga :
Demikianlah sajian informasi mengenai Gejala Umum Penyakit Vitiligo. Dengan mengetahui gejala atau tanda-tanda penyakit vitiligo sedini mungkin, diharapkan agar keluhan penyakit kulit vitiligo ini dapat segera diatasi dengan tepat dan cepat. Semoga bermanfaat..

0 comments "Gejala Umum Penyakit Vitiligo", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment