Macam-Macam Bunga Mawar di Indonesia

Macam-Macam Bunga Mawar di Indonesia - Berikut ini adalah beberapa varian jenis-jenis bunga mawar yang secara umum dapat tumbuh dan berkembang dengan baik di tanah air Indonesia. Jenis bunga mawar apa saja yang sudah anda ketahui? Silakan simak sajian lengkapnya berikut ini.

Macam-Macam Bunga Mawar

Bunga Mawar merupakan salah satu jenis bunga yang sangat populer dan sangat diminati oleh sebagian kebanyakan orang untuk digunakan sebagai ungkapan perasaan yang ditujukan kepada seseorang yang dianggap spesial.

Bunga Mawar banyak sekali varian atau jenis-jenisnya, baik itu yang timbuh di Indonesia ataupun di dunia, dimulai dari Wild Rose/ Mawar Liar, Old Garden Roses, Climbing Roses, dll. Jenis-jenis mawar ini tidak bisa kita temui semuanya di daerah-daerah kita. Karena syarat tanaman bunga mawar untuk hidup itu tergantung suatu ketinggian tempat dan kondisi iklim.

Bunga Mawar ini temrasuk ke dalam tanaman tahunan (genus Rosadan kels Dicolylodonae) mawar yang juga termasuk ke dalam jenis tanaman hias yang sangat populer dan sudah lama dibudidayakan di Indonesia karena sangat diminati masyarakat pecintanya.

1. Bunga Mawar Talitha

Macam-Macam Bunga Mawar di Indonesia
Bunga mawar ini merupakan mawar potong jenis bunga ganda dengan warna oranye. Panjang tangkainya 50-83 cm dengan diatemer bunga mekar 8 cm. Permukaan daunnya bergelombang. Produksi bunga jenis ini 1,7-1,8 tangkai. Kesegaran bunga mawar talitha dalam vas dapat bertahan hingga 7-9 hari.

2. Bunga Mawar Shanada

Bunga Mawar Shanada
Bunga mawar potong ini merupakan jenis bunga ganda dengan warna pink cerah (bright pink), red purple group 66A. Panjang tangkainya 45-60 cm dengan diameter bunga mekar 9-11 cm. Produksi bunga jenis ini 1,2-1,6 tangkai. Kesegaran bunga ini dalam vas dapat bertahan 5 hingga 8 hari.

3. Bunga Mawar Pertiwi

Bunga Mawar Pertiwi
Bunga mawar ini merupakan bunga mawar ptong jenis bunga dengan warna merah muda (red purple group 65D). Panjang tangkainya 5,65-7, 54 cm dengan diameter bunga mekar 8,84-9,01 cm dan durinya sedikit. Mawar ini tahan tanpa naungan.

4. Bunga Mawar Megawati

Bunga Mawar Megawati
Bunga ini permukaan daun bergelombang. Produksi bunga jenis ini 1,3-1,7 tangkai dengan diameter bunga 9-11 cm, panjang tangkainya 48,89-73, 00 cm. Bunga dapat tetap segar dalam vas sampai 6-8 hari.

5. Bunga Mawar Putri

Bunga Mawar Putri
Merupakan jenis bunga mawar potong ganda, permukaan daunnya bergelombang berwarma merah tua (dark red)/ red group 46A. Produksi bunga ini 1,4-1,6 tangkai dengan panjang  tangkai 55-105 cm, diameter bunga 9,5-11,5 cm. Aroma bunga mawar jenis ini agak wangi dan kesegarannya dalam vas dapat bertahan antnara 8-9 hari.

6. Bunga Mawar Fortuna

Bunga Mawar Fortuna
Permukaan daunnya begelombang dan aromanya agak wangi. Panjang tangkainya 47-75 cm. Mawar ini berdiameter bunga mekar 8,5-9,5 cm. Kesegarannya mampu bertahan hingga 5-9 hari.

7. Bunga Mawar Rosmarum

Bunga Mawar Rosmarum
Bunga Mawar Rosmarium ini termasuk jenis bunga ganda, memiliki diameter bunga kuncup 1,35 cm, diameter bunga mekar 4,37 cm serta aromanya sedikit wangi. Kesegaran bunga ini dapat bertahan lebih lama, terutama bunga dalam pot, yaitu bisa mencapai 56,33 hari.

8. Bunga Mawar Rosanda

Bunga Mawar Rosanda
Merupakan bunga ganda dengan warna bunga yang unik dan menarik. Di bagian depan oranye red group 35D, bagian belakang red group 49D. Mawar jenis ini berdiameter bunga kuncup 0,90 cm, diameter bunga mekar 2,54 cm serta aromanya yang wangi. Kesegaran bunga ini dapat bertahan lebih lama, terutama bunga dalam pot yaitu 43,63 hari.

9. Bunga Mawar Cipanas Dwi Warna

Bunga Mawar Cipanas Dwi Warna
Bunga mawar macam ini merupakan mawar taman jenis bunga ganda dengan warna red purple group 68 D dan 61 C. Panjang tangkainya 4,1-5,1 cm dengan diameter bunga mekar 8,5-8,9 cm. Jumlah bunga/tanaman/ bulan 1,4-2,9 kuntum. Mawar macam ini memiliki adaptasi luas.

10. Bunga Mawar Mega Putih

Bunga Mawar Mega Putih
Bunga mawar macam ini merupakan mawar potong jenis bunga ganda dengan bentuk tepi petal bunga keriting. Jumlah petal 104-138 helai. Mawar macam ini memiliki tangkai bunga (neck length) kokoh sepanjang 7-8 cm, panjang tangkai total 47-85 cm. Ukuran bunga ini tergolong besar dengan diameter 9-12 cm. Diameter bunga kuncup 2,12-2,15 cm. Aroma bunga sedikit wangi (light fragrance). Kesegaran bunga 7-9 hari.

Demikianlah sajian informasi mengenai Macam-Macam Bunga Mawar di Indonesia yang kami berikan. Semoga bermanfaat. Simak sajian informasi menarik lainnya hanya di Blog : Obat Tradisional Penyakit Amandel.

0 comments "Macam-Macam Bunga Mawar di Indonesia", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment