Ramuan Herbal untuk Penyakit Liver

Ramuan Herbal untuk Penyakit Liver - Temulawak atau yang memiliki nama latin Curcuma Roxb ini telah dikenal sebagai minuman eksotik dengan cita rasa yang khas. Di Indonesia sendiri, penggunaan temulawak untuk kesehatan dan penyembuhan berbagai jenis penyakit memang telah lama dilakukan, hal ini telah terbukti dengan adanya kebiasaan masyarakat Jawa yang memberikan ramuan temulawak yang diseduh bersama campuran gula aren dan kunyit kepada anak-anak yang susah makan. Selain itu, temulawak juga sangat efektif digunakan sebagai obat herbal yang dapat mencegah penuaan dini atau dikenal sebagai antiaging, menghilangkan flek hitam di wajah, menjaga kelenturan tubuh. 

Ramuan Herbal untuk Penyakit Liver

Ramuan Herbal untuk Penyakit Liver
Obat Herbal Penyembuh Liver - Tumbuhan asli Indonesia ini penyebarannya hanya sebatas Jawa, Maluku, dan Kalimantan. Temulawak merupakan tumbuhan semak tak berbatang. Mulai dari pangkalnya sudah memunculkan tangkai daun yang panjang berdiri tegak. Tinggi tanaman ini antara 2 hingga 2.5 meter, daunnya bundar panjang, mirip daun pisang, pelepah daunnya saling menutupi bentuk batang.

Temulawak ini memiliki pati yang mudah dicerna, dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah hingga ketingian 750 meter dpl. Dapat dipanen setelah berusia 8-12 bulan, daunnya telah menguning dan kelihatan hampir mati. Umbinya akan muncul dari pangkal batang, warnanya kuning tua atau coklat muda, panjangnya sampai 15 cm dan bergaris tengah 6 cm, baunya harum dan rasanya pahit agak pedas.

Kebenaran khasiat temulawak ini dapat dipertanggungjawabkan secara klinis, memiliki kandungan minyak atsiri yang menambah nafsu makan, membersihkan perut dan melancarkan ASI.

Berdasarkan penelitian seorang guru besar Universitas Padjajaran (UNPAD), ekstrak temulawak sangat efektif untuk pengobatan penyakit liver. Selain itu, temulawak ini juga telah terbukti mampu menurunkan dan mestabilkan kadar kolesterol dalam darah dan sel hati. Semua khasiat itu berkat adanya kandungan kurkumin, yaitu suatu zat yang bermanfaat untuk menjaga dan menyehatkan hati atau lever dalam istilah medisnya hepatoprotektor. Komposisi kimia dari ripang temulawak adalah protein pati sebesar 29-30%, kurkumin 1-2% dan minyak atsiri antara 6-10%, bahkan di Amerika sudah dipatenkan sebagai produk obat herbal yang berbahan temulawak ini.

Tanaman asli Indonesia ini jika dijadikan sebagai zat aktif obat-obatan oleh sebuah negara yang terbilang mengenai dunia medis cukup tinggi. Harga obat-obatan herbal itu sekarang 1.000 kali lipat lebih mahal dibandingkan dengan obat dengan bahan mentah yang sebenarnya dapat kita peroleh dan telah sejak dulu digunakan dan diproduksi di dalam Negeri.

Sudah ada sekitar 12 rumah sakit di Indonesia yang sudah mewajibkan untuk menggunakan obat herbal temulawak, antara lain : Rumah Sakit Sanglah-Bali, RS Kanker Dharmais-Jakarta, RS Persahabatan-Jakarta, dan RS Dr. Soetomo-Surabaya, RS Wahidin-Makassar, RS Angkatan Laut Mintohardjo-Jakarta, RS Pirngadi-Medan, RS Syaiful Anwar-Malang, RS Dr. Suharso-Solo, RS Dr. Sardjito-Yogyakarta, RS Suraji-Klaten, RS Kandau-Manado.

Cara Membuat ramuan herbal penyembuh liver
Penggunaan temulawak untuk menyembuhkan penyakit liver pada umumnya samat dengan kunyit maupun kencur, yaitu diparut dan diambil airnya. Namun ada sedikit penambahan komponen untuk penyakit tertentu. Kita hanya perlu menyediakan rimpang temulawak sebanyak 25 gram dan 30 gram daun serut/mirten, kemudian rebuslah dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, kemudian disaring. Minumlah selagi hangat dan lakukan pengobatan secara rutin, Insya Alloh dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit liver yang anda keluhkan. Ayo, tunggu apa lagi, konsumsilah ramuan herbal penyembuh penyakit liver ini secara rutin untuk kesembuhan anda. Selamat mencoba..

0 comments "Ramuan Herbal untuk Penyakit Liver", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment