Khasiat Bunga Teratai untuk Kesehatan

Khasiat Bunga Teratai untuk Kesehatan - Bunga Teratai (Nelimbium nelumbo) merupakan salah satu jenis tanaman yang sering dijadikan sebagai tanaman hias karen bunganya yang indah dan harum sepanjang hari. Daunnya lebar mengapung di permukaan air, sementara bunganya menjulur ke luar yang sangat indah.

Khasiat Bunga Teratai untuk Kesehatan
Bunga Teratai ini salah satu dari sekian bunag yang dijadikan sebagai tanaman hias. Dibalik indahnya ada banyak sekali manfaat yang dimiliki oleh bunga teratai ini, seperti : disentri, diare, keputihan, kanker nasopharinx, dmeam, insomnia, hipertensi, batuk darah, sakit jantung, beri-beri, sakit kepala, enemia, ejakulasi dini,dll.

Ajaibnya, seluruh bagian dari tanaman bunga teratai ini dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, mulai dari umbi, daun, bunga hingga bijinya. Tanaman ini terkandung beberapa senyawa yang berkhasiat bagi kesehatan, diantaranya : lemak, protein, karbohidrat, karoten, asam nikotinat, vitamin B1,B7, dan C. Ada juga kandungan kalsium, fosfor dan zat besi yang berdapat pada bijinya.

1. Batuk darah, Muntah darah
Mungkin tidak ada yang mengira bahwa bunga teratai yang indah ini memiliki khasiat sebagai obat tradisional penyakit batuk berdarah. Cara membuat ramuan herbal penyembuh batuk darah ini cukup mudah : Rimpang teratai dicuci besih, kemudian dibuat jus. Buat hingga satu gelas ukuran 200 cc. Minum ramuan jus rimpang teratai ini secara rutin, selama 3-5 hari.

2. Muntah, diare
Jika anda memiliki keluhan penyaki diare, jangan panik. Anda bisa melakukan pengobatan untuk sembuhkan penyakit diare ini dengan menggunakan timpang teratai. Cara membuat obat tradisional penyakit diare dengan menggunakan bunga teratai adalah : Ambil 50 gram rimpang teratai dan 10 gram jahe, cuci bersih kemudian keduanya dijus atau diparut untuk diambil airnya, minum 3x sehari.

3. Obat disentri
50 gram rimpang teratai dan 10 gram jahe diparut kemudian diambil airnya. Tambahkan air 100 cc, kemudian dimasak hingga mendidih, setelah dingin, tambahkan 1 sendok makan madu aduk rata kemudian diminum sekaligus.

4. Keluar darah dari hidung (mimisan)
Ambil akar teratai secukupnya, kemudian dijus. Peras airnya, kemudian teteskan ke dalam lubang hidung.

5. Menurunkan darah tinggi
Rebus 10 gram biji teratai dan 15 gram tunas teratai dengan 350 cc air hingga tersisa 200 cc saja. Minum air rebusan tersebut setiap hari seperti minum teh.

6. Mengatasi insomnia
Siapkan 5-12 gram biji teratai, rendam kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga menjadi 1 gelas. Setelah dingin, minum airnya dan bijinya dimakan. Lakukan pengobatan ini secara rutin hingga perubahan terasa dan sembuh.

7. Panas dalam, gondokan, penyakit jantung dan liver
Cuci besih 100 gram rimpang teratai dan 50 gram akar alang-alang segar, kemudian dipotong-potong seperlunya. Rebus semuanya bersama 500 cc air bersih hingga airnya tersisa 250 cc. Setelah arinya dingin disaring dan diminum seperti minum teh.

8. Mengatasi mata merah, bengkak, lelah, iritasi
Ambil 3 gram biji teratai dan 9 gram bunga seruni. Kumpulkan dalam kain bersih, kemudian kukuslah. Setelah agak dingin, kompreskan pada mata. Lakukan pengobatan ini 2 kali sehari, setiap pagi dan malam hari.

9. Mengatasi depresi, stress
Ambil 20 butir biji teratai, 15 gram biji kelengkeng, 10 butir angco, dan 10 gram kim cim. Rebuslah semuanya dengan 600cc hingga tersisa 300cc. Setelah agak dingin, minum airnya. Biji teratai, angco, dan kim cin yang telah direbus dimakan. Lakukanlah secara rutin, hingga keluhan berkurang

Itulah beberapa Khasiat Bunga Teratai untuk Kesehatan. Semoga kita bisa mengambil manfaat dari indahnya bunga teratai yang dapat kita peroleh di lingkungan sekitar kita untuk penyembuhan penyakit yang sedang dikeluhkan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat..

0 comments "Khasiat Bunga Teratai untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment