Penyebab Terjadinya Penyakit GERD

Penyebab Terjadinya Penyakit GERD - Ada beberapa faktor yang menjadi pemicu terjadinya penyakit GERD, termasuk pola makan dan kebiasaan buruk yang sering dilakukan dalam keseharian kita. Apa saja yang menjadi faktor penyebab penyakit GERD? Simak sajian lengkapnya berikut ini.

Penyebab Terjadinya Penyakit GERD
Penyakit GERD ini merupakan suatu jenis penyakit yang berkaitan dengan asam lambung atau Gastroephageal REflux Disease yang terjadi ketika asam lambung berlebihan dan naik ke atas atau berbalik arah. Makanan yang masuk ke dalam mulut, kerongkongan, lambung, kemudian usus 12 jari. Pada penderita penyakit GERD ini, asam lambung naik ke atas.

Rasa nyeri dapat dirasakan mulai dari mengalami luka di tukak yang ada usus 12 jari. Secara umum, berhubungan dengan seringnya orang mengkonsumsi obat-obatan seperti obat rematik dan obat sakit kepala. Obat Rematik dan obat sakit kepala ini dapat merusak lambung secara langsung sehingga dapat membuat dinding lambung menjadi menipis. Selain itu, penipisan dinding lambung ini juga dapat disebabkan oleh adanya asam lambung yang berlebihan hingga merusak struktur organ lambung itu sendiri.

Penyakit GERD berbeda dengan penyakit asam lambung atau penyakit maag. Sakit maag berarti sakit di lambung atau di ulu hati. Namun, penyebabnya dapa saja bukan berasal dari lambung, bisa saja dari usus 12 jari, batu empedu, pankreas atau liver. (Baca : Gejala Penyakit GERD).

Penyebab Terjadinya Penyakit GERD

Mungkin anda bertanya-tanya, sebenarnya bagaimana seseorang dapat terserang penyakit GERD  dan apa saja faktor penyebab yang menjadi pemicu terjadinya penyakit GERD ini. 

1. Faktor Stress Fisik maupun Psikis

Penyakit GERD disebabkan oleh stress fisik dan stress psikis. Penyebab stress fisik karena seperti beban kerja yang banyak hingga kurang tidur, kecapekan, lelah, lemah, dan kurang istirahat. Sedangkan stress psikis dapat disebabkan masalah keluarga, sekolah atau pekerjaan.

2. Makanan dan Minuman yang dikonsumsi

Selain stress yang menjadi penyebab terjadinya penyakit GERD, ada pula makanan yang dapat menimbulkan gejala GERD. Makanan tersebut adalah makanan yang merangsang langsung seperti makanan pedas atau asam. Sedangkan makanan ang meningkatkan produksi gas contohnya adalah kol, wortel, ragi, keju, soda, dan cokelat.

Mengkonsumsi cokelat dapat menyebabkan pengosongan lambung terlambat, sehingga kontak makanan dengan lambung menjadi lebih panjang. Dan hal inilah yang menyebabkan rasa begah, cepat kenyang, sendawa, perih di ulu hati, hingga dapat menimbulkan luka di kerongkongan.

Selain itu, ada juga makanan yang dapat meningkatkan produksi asam lambung seperti kopi, misalnya. Merokok juga harus anda hindari, karena dapat menurunkan kondisi kesehatan lambung dan saluran-saluran tubuh yang berhubungan dan bisa mengurangi kesehatan tubuh.

Langkah pencegahan penyakit GERD yang dapat kita lakukan sebenarnya cukup sederhana, mulailah dengan menjalani gaya hidup dan pola makan yang sehat serta teratur, istirahat yang  cukup, mengendalikan diri untuk tidak stress, menghindari makanan dan minuman yang dapat merangsang tingkat keasaman lambung menjadi lebih tinggi, dan batasi jumlah konsumsi obat-obatan yang dapat merusak fungsi organ lambung itu sendiri.

Terima kasih anda telah menyimak sajian informasi mengenai penyebab terjadinya penyakit GERD. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang penyakit GERD dan faktor pemicu yang menjadi penyebab timbulnya penyakit GERD, dengan begitu kita bisa lebih berhati-hati dalam memilah-milah makanan dan minuman yang dikonsumsi demi mencegah terjadinya serangan penyakit GERD ini. Salam sehat..

0 comments "Penyebab Terjadinya Penyakit GERD", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment