Khasiat Bunga Kaca Piring untuk Kesehatan

Khasiat Bunga Kaca Piring untuk Kesehatan - Tanaman Bunga Kaca Piring (Gardenia Augusta, Merr) jenis tanaman keluarga Rubiaceae dan banyak ditanam oleh masyarakat sebagai tanaman hias atau pagar. Bunga kaca piring ini memiliki waroma yang harum, cabang, ranting dan daun yang lebat.

Khasiat Bunga Kaca Piring untuk Kesehatan
Tanaman Bunga Kaca Piring ini dapat tumbuh di sembarang tempat, baik itu di daerah yang bersuhu dingin ataupun di daerah yang bersuhu panas. Meskipun demikian, tanaman ini lebih cocok tumbuh di daerah pegunungan yang tingginya lebih dari 400 meter dpl. Batang pohon bunga kaca piring dalam mencapai 1-2 meter, bunga berukuran besar dan mirip dengan bunga mawar putih, daunnya berbentuk oval, tebal, licin dan tampak mengkilat, sedangkan metode pengembangannya biasanya bisa melalui stek, dengan biji, dan cangkok.

Manfaat Bunga Kaca Piring untuk Kesehatan sangatlah beragam, di China, bunga kaca piring ini dijadikan sebagai penambah rasa pada daun teh. Buahnya dapat dimakan dan digunakan sebagai pewarna kuning pada makanan (seperti kunyit).

Sifat dan Khasiat
Buah mengandung minyak asiri, gardenin, gardenosid, geniposid, genipin, gentiobioside, gardoside (8,10 dehydrologanin), scandoside menthyl ester, glikosid, sitosterol, mannitol, nonacosane, krosetin, krosin, klorogenin, tannin, dan dekstrose. Gardenin adalah kloroform berwarna kuning emas, larut dalam alcohol dan kloroform. Kulit buah mengandung ursolic acid. Daun mengandung saponin, flavonoid, polifenol, dan minyak asiri. Kandungan-kandungan itulah yang telah terbukti memiliki manfaat untuk kesehatan.

Bagian yang Digunakan

Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat adalah buah masak (zhi zi) dan akarnya. Daun dan bunga juga digunakan sebagai obat. Buah dipetik setelah masak, lalu kukus atau rebus sebentar sebelum dikeringkan untuk disimpan. Buah bisa digunakan segar atau setelah dikeringkan. Daun dipetik sepanjang tahun. Setelah dicuci bersih, lalu jemur sampai kering.

Penggunaan Bunga Kaca Piring untuk Penyembuhan Penyakit
  • Buah bunga kaca piring rasanya pahit, sifatnya dingin dengan afinitas ke meridian jantung, hati, paru-paru, lambung, dan sanjiao. Buah bunga kaca piring ini memiliki manfaat untuk :
  1. Pembersih panas dan api 
  2. Menyejukkan darah 
  3. Membuang racun 
  4. Meningkatkan fungsi hati
  5. Menenangkan emosi
  6. Melancarkan aliran empedu ke usus
  7. Anti radang
  8. Antibiotic, pereda demam
  9. Peluruh dahak
  10. Peluruh kencing
  11. Mencegah pendarahan
  12. Mencegah pembekuan darah
  13. Melindungi hati dari kerusakan akibat racun
  14. Penyakit dengan demam yang memberikan gejala demam tinggi, mudah tersinggung, delirium, gangguan kesadaran
  15. Radang hati (hepatitis), sakit kuning (jaundice) di sertai demam, tidak nafsu makan, air kencing sedikit (oliguria), dan kencing sakit (disuria)
  16. Radang selaput lender kandung kencing (cystitis)
  17. Radang payudara (mastitis)
  18. Perdarahan akibat darah panas seperti muntah darah (hematemesis), kencing darah (hematuria), berak darah, batuk darah (hemoptisis), mimisan (epistaksis)
  19. Susah tidur (insomnia)
  20. Sakit tenggorok, sariawan, sakit gigi
  21. Disentri, gigitan ular
  22. Mata bengkak dan nyeri (conjungtivitis akut)
  23. Tekanan darah tinggi (hipertensi).
  • Akar dan Bunga berkhasiat untuk peluruh haid
  • Bunga kaca piring untuk : hemostatis, penenang (sedatif) dan peluruh kencing
Berikut ini adalah beberapa cara membuat ramuan dari bunga kaca piring untuk penyembuhan beberapa penyakit :

1. Obat Demam
Siapkan 7 lembar daun bunga kaca piring kemudian remas-remas dengan 1 gelas air bersih, selanjutnya ambil perasan airnya dan saring. Anda juga bisa menambahkan gula batu secukupnya dan aduk rata, minum sekali dalam sehari secara rutin, Insya Alloh dapat mempercepat proses penyembuhan demam.

2. Obat Diabetes Mellitus
Ambil 12 lembar daun bung kaca piring, rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa menjadi 1 gelas. Minum ramuan tersebut sekaligus dan lakukanlah secara rutin 1x dalam sehari. (Baca : Obat Tradisional Penyakit Diabetes Mellitus)

3. Obat Sariawan
  • Daun bunga kaca piring 7 lembar
  • Madu 2 sendok makan
  • Gula aren secukupnya
Cara mengolah : Remas-remaslah daun bunga kaca piring tambahkan dengan 1 cangkir air bersih, kemudian saring dan ambil airnya. Langkah berikutnya adalah campurkan madu dan gula aren secukupnya, aduk hingga rata, dan minumlah obat tradisional untuk sariawan ini 2x sehari secara rutin, dan rasakan manfaatnya.

4. Obat Sembelit
Mungkin kita belum mengetahui bahwa ternyata si cantik bunga kaca piring ini memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan dan sebagai obat tradisional penyakit sembelit yang efektif. Cara membuat ramuan penyembuh sembelit ini sangat mudah, kita cukup mengambil 3 biji buah bunga kaca piring, kemudian rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan hingga airnya berkurang menjadi 1 gelas, saring dan ambil airnya. Lakukanlah secara rutin hingga keluhan sembelit menjadi sembuh.

Semoga sajian lengkapa mengenai Khasiat Bunga Kaca Piring yang kami berikan ini bermanfaat dan menjadi wasilah penyembuhan penyakit yang sedang anda keluhkan. Terima kasih atas kunjungannya dan selamat mencoba..

7comments:

  1. Bunga kaca piring ama ceplok piring sama gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kaca piring dan ceplok piring itu sama.

      Delete
  2. Kalau buat peluruh Haid gmn..istriku slalu gak nyaman pas waktu Haid

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, bunga kaca piring bisa digunakan sebagai peluruh haid (bagian akar dan bunga), untuk cara mengolahnya sendiri tidak jauh berbeda dengan pengolahan obat untuk diabetes mellitus seperti yang dipaparkan di atas.

      Delete
  3. Semua berita yang ada di website anda sangat menarik perhatian untuk di simak, salam sehat. . . !! Semoga beritanya dapat bermanfaat! share ya gan, thanks nih!!

    ReplyDelete
  4. Ijin share ya, thanks.

    ReplyDelete
  5. Untuk meluluhkan dahak ,bagaimana caranya

    ReplyDelete