Langkah Pencegahan Penyakit GERD

Langkah Pencegahan Penyakit GERD - Setelah beberapa waktu lalu, kita membahas mengenai informasi mengenai penyakit GERD dan gejala penyakit GERD, dalam kesempatan kali ini kita akan memberikan tips atau langkah-langkah sederhana penyembuhan yang dapat kita lakukan. Simak sajian lengkapnya berikut ini.

Langkah Pencegahan Penyakit GERD

Langkah Pencegahan Penyakit GERD

Seseorang yang memiliki keluhan penyakit GERD harus segera mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat, baik itu secara medis ataupun dengan menggunakan metode penyembuhan secara tradisional. Selain itu, kita ada beberapa langkah-langkah sederhana yang dapat kita lakukan sebagai cara mencegah penyakit GERD ini. Cara mencegah penyakit GERD teresebut adalah sebagai berikut :

  • Langkah Pencegahan Penyakit GERD yang pertama adalah hindari merokok. Jika anda adalah perokok aktif, hentikanlah kebiasaan buruk yang memberikan dampak buruk terhadap kesehatan tubuh ini. Jika tidak bisa secara langsung  menghentikan kebiasaan merokok, hindari dan jauhi secara perlahan. Karena selain sebagai penyebab terjadinya penyakit GERD, merokok juga adalah salah satu kebiasaan buruk yang menjadi pemicu terjadinya penyakit kronis mematikan seperti paru-paru, serangan jantung, impoteinsi, berbagai macam penyakit kanker dan tumor, serta penyakit kronis lainnya.
  • Hindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat terutama di sekitar perut, karena ini juga bisa meningkatkan gejala GERD.
  • Obesitas atau kegemukan adalah lebih cenderung menderita penyakit GERD dan gejala terkait. Dengan demikian, jika anda memiliki berat badan berlebih, segera lakukan penurunan berat badan dengan memulai gaya hidup dan pola makan yang lebih sehat.
  • Penderita penyakit GERD dianjurkan untuk makan lebih kecil dan lebih sering makan daripada makan besar tiga kali sehari. Makanan terakhir kali harus diambil minimal 4 jam sebelum tidur. Dan jangan lupa, jangan langsung berbaring setelah makan, karena hal ini dapat memperburuk gejala penyakit GERD itu sendiri.
  • Jauhi dan hindari konsumsi beberapa jenis makanan dan minuman, diantaranya : alkohol, kopi, cokelat, tomat, atau makanan yang mengandung lemak tinggi, atau makanan yang pedas.
  • Meninggikan posisi ujung kepala saat tidur, yaitu sekitar 20 cm (8 inchi), cara ini dipercaya cukup efektif untuk membantu mengurangi gejala penyakit GERD.
  • Bagi penderita penyakit GERD, diasarankan untuk menghentikan konsumsi obat-obatan untuk menetralisir dan mengurangi kadar asam tersebut, seperti : nitrat, antikolinergik, antidepresan trisiklik, NSAIDs, dan obat sejenisnya. Gunakanlah obat-obatan yang mampu menetralisir dan mengurangi kadar asam lambung, yaitu : antasid, Alginates (alternatif untuk antasid), dan sejenisnya.
Itulah beberapa tips pencegahan penyakit GERD. Dengan melakukan langkah-langkah penyembuhan sederhana di atas, diharapkan membantu meredakan gejala penyakit GERD yang anda keluhkan. Kuncinya adalah gaya hidup dan pola makan yang sehat, jika anda melakukannya dengan benar, Insya Alloh anda dapat terhindar dari serangan penyakit yang memiliki gejala hampir serupa dengan penyakit maag ini. Terima kasih telah menyimak sajian informasi Langkah Pencegahan Penyakit GERD, semoga bermanfaat.

0 comments "Langkah Pencegahan Penyakit GERD", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment