Khasiat Daun Katuk untuk Kesehatan

Khasiat Daun Katuk untuk Kesehatan - Daun Katuk (Sauropus adrogynus (L) Merr) cukup populer di kalangan ibu-ibu yang sedang memebrikan ASI eksklusif pada sang buah hati tecinta. Tidak hanya itu, daun katuk di Indonesia sendiri sudah menjaid sediaan fitofar makan yang teregistrasi, sleain dikemas dalam bentuk kapsul dan tablet, daun katuk juga menjadi camuran makanan yang bergizi bagi ibu yang menyusui. Manfaat dan khasiat daun katuk sebenarnya tidak hanya berhenti sebagai penambah ASI saja, daun katuk juga bisa mengatasi gangguan pada kulit seperti borok, bisul, gangguan osteoporosis, serta afrodisiak (meningkatkan gairah seksual), mengobati demam, dan khasiat yang lainnya.

Daun Katuk

Khasiat Daun Katuk Bagi Kesehatan Tubuh ternyata sangat luar biasa. Hal ini karena kandungan nutrisi dan zat gizi dalam katuk sangat baik untuk kesehatan tubuh, diantaranya : zat besi, kalsium fosfor, vitamin A, B, dan C, protein, serat efedrin, dan air.

Kandungan Vitamin C dalam katuk sangat tinggi bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan buah jeruk atau jambu biji. Seperti yang telah kita ketahui bahwa vitamin C ini sangat penting untuk pembentukan kolagen yang baik untuk tulang, sebagai pengangkut lemak, pengatur tingkat kolesterol, komponen yang baik untuk gusi yang sehat, mempercepat proses penyembuhan luka, meningkatkan fungsi otak, dan meningkatkan sistem immunitas atau kekebalan tubuh secara alami.

Kandungan Vitamin A dalam daun katuk juga sangat baik untuk kesehatan mata. Klorofil dapat membantu proses fotosintesis dalam tumbuhan juga sangat bermanfaat untuk membersihkan jaringan-jaringan tubuh kita dari racun, parasit, bakteri, virus, dan juga berfungsi layaknya antioksidan.

Daun Katuk memiliki kandungan hampir 7% protein dan serat kasar sampai 19%. Daun katuk ini kaya akan vitamin K, sleain pro-vitamin A (beta-karotema), B, dan C. Mineral yang dikandungnya adalah kalsium (hingga 2,8%), besi, kalium, fosfor, magnesium. Adapun warna gelap pada daun katuk ini terjadi karena adanya kandungan klorofil yang sangat tinggi. 

Untuk pengolahan daun katuk sendiri, kita bisa mengolahnya seperti kangkung atau bayam, bisa dimasak sesuai keinginan kita dalam mengkreasikannya sebagai daun yang memiliki banyak manfaat, terutama bagi ibu yang menyusui untuk memperlancar keluarnya ASI untuk sang buah hati tercinta.

Khasiat Daun Katuk untuk Kesehatan
  1. Dapat mencegah osteoporosis
  2. Efektif melancarkan ASI
  3. Mengandung kadar kalsium yang tinggi
  4. Mengandung efedrin yang sangat baik untuk penderita penyakit influenza
  5. Kaya akan senyawa yang dapat meningkatkan mutu dan jumlah sperma, serta mampu meningkatkan vitalitas seksual
  6. Terdapat tujuh senyawa aktif yang merangsang produksi hormon-hormon steroid dan senyawa eikosanoid
  7. Sebagai sumber vitamin A yang diperlukan untuk mencegah penyakit mata, pertumbuhan sel, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, reproduksi serta menjaga kesehatan kulit
  8. Senyawa utama tubuh untuk pembentukan kolagen (protein serat pembentuk jaringan ikat pada tulang), pengangkut lemak, pengangkut elektron, untuk menyehatkan gusi, pengatur tingkat kolesterol, peningkat imunitas, penyembuhan luka dan meningkatkan fungsi otak agar dapat bekerja dengan maksimal
  9. Kaya akan klorofil yang mampu membersihkan jaringan tubuh dan pembuangan sisa limbah metabolisme, sekaligus mengatasi parasit, bakteri, dan virus yang ada dalam tubuh manusia. Turunan klorofil feoditin berfungsi sebagai antioksidan. Turunan lainnya clorophyllide menggali ke dalam sel atau jaringan dan mengangkat senyawa hidrokarbon, seperti pestisida, timbunan obat, parasit, bakteri, bahkan virus dari dinding sel serta mengeluarkannya dari dalam tubuh.
  10. Di Taiwan dan di Amerika daun katuk ini digunakan untuk pelangsing tubuh.
  11. Penelitian terbaru dari Dr.Drh Agik Suprayogi dari IPB mengungkapkan fakta mengenai manfaat daun katuk ini mampu mengatasi penyakit anemia. Hal ini karena daun katuk memiliki kandungan zat besi yang tinggi, setiap 100 gram daun katuk mengandung sekitar 2,7 mg zat besi. Sementara kandungan kalsium sebanyak 204 mg atau empat kali lebih banyak dibandingkan dengan kadnungan mineral dari daun kol. Sedangkan manfaat lain dari daun katuk adalah dapat mencegah dan memperbaiki gangguan reproduksi pada wanita dan pria. Daun katuk juga mampu mencegah penyakit jantung serta gangguan pembuluh darah, meningkatkan efisiensi absorpsi saluran pencernaan.
Demikianlah sajian informasi mengenai Khasiat Daun Katuk untuk Kesehatan. Semoga bermanfaat dan menjadi sumber referensi bagi anda untuk bisa mengambil manfaat yang terkandung dalam daun katuk. Selamat mencoba..

1 comments: