Khasiat Bunga Pukul Empat untuk Kesehatan

Khasiat Bunga Pukul Empat untuk Kesehatan - Bunga yang memiliki nama Latin Mirabilis Jalapa L ini juga sering disebut dengan nama Bunga Ashar (Four O'clock), merupakan suatu jenis tanaman liar yang berasal dari Meksiko, namun bunga ashar ini telah ditetapkan sebagai flora identitas provinsi Lampung. 

Khasiat Bunga Pukul Empat untuk KesehatanMungkin anda penasaran, mengapa bunga ini dinamakan dengan "Bunga Ashar", hal ini karena ketika pukul 4 sore, bunga ini akan mekar yang kebetulan saat itulah masyarakat lampung zaman dulu menggunakannya sebagai pertanda masuknya waktu sholat Ashar. Karena itu, bunga ini sering ditanam di pekarangan rumah.

Batang bunga ashar ini tegak, bulat, permukaan licin dan bercabang-cabang dengan tinggi sekitar 50-80 cm. Daunnya berbentuk hati dengan ujungnya yang runcing, dan memiliki panjang sekitar 3-15 cm dengan ukuran lebar antara 2-9 cm. Bijinya berbentuk bulat berkerut, ketika masih muda bijinya berwarna hijau, namun kemudian berubah menjadi kehitam-hitaman, akhirnya pada saat matang, warna bijinya tersebut akan memiliki warna hitam sepenuhnya.

Khasiat Bunga Pukul Empat untuk Kesehatan

Selain berfungsi sebagai penanada masuknya waktu sholat Ashar, bunga pukul empat ini ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan, dan hal ini telah terbukti secara klinis. Berikuat ini adalah manfaat bunga ashar bagi kesehatan :

1. Bisul

Cuci bersih 10 lembar daun kembang pukul empat, lumatkan lalu tambahkan air garam secukupnya. Tempelkan hasil lumatan tersebut pada bisul dan daerah sekelilingnya, lalu balut dengan kain perban.

2. Infeksi Saluran Kencing/Prostatitis, radang amandel, kencing manis atau diabetes mellitus, kencing berlemak, keputihan, erosi mulut rahim radang sendi akut

Cara menggunakan bunga pukul empat untuk penyembuhan beberapa jenis penyakit di atas, cukup mudah. Kita hanya perlu menyediakan 9-15 gram akar kembang pukul empat yang telah dikeringkan terlebih dahulu atau 15-30 gram akar kembang bunga pukul empat yang masih segar, kemudian rebuslah dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Saring rebusan akar kembang pukul empat tersebut, minum 2x sehari, masing-masing 1 gelas.

3. Keputihan

Khasiat Bunga Pukul Empat untuk Kesehatan yang berikutnya adalah dapat mengatasi keputihan. Akar kembang ashar segar 10 gram, tambahkan air secukupnya dan dibuat jus. Kemudian kompreskan pada bagian yang sakit, ulangi selama 7 hari.

4. Jerawat dan kulit terbakar

Caranya : pecahkan buah bunga pukul empat, tempatkan pada suatu wadah untuk dibuat tepung bedak. Setelah berbentuk tepung, campurkan dengan air, kemudian oleskan pada wajah yang berjerawat. Selain bermanfaat untuk mengatasi jerwat, bubuk biji bunga pukul empat tersebut juga berkhasiat untuk mengobati luka bakar pada kulit. 

Itulah beberapa khasiat bunga pukul empat untuk kesehatan. Semoga bermanfaat dan menjadi solusi alternatif pilihan anda untuk mengobati dan menyembuhkan penyakit yang sedang dikeluhkan. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh..

1 comments:

  1. Artikel yang bermanfaat.

    Baca artikel kesehatan lainnya di blog saya, bangfajar.com

    Terimakasih.. harap kunjungan baliknya jika ada waktu

    ReplyDelete