Informasi Seputar Penyakit GERD

Informasi Seputar Penyakit GERD - Berikut ini adalah sajian informasi mengenai penyakit GERD. Tahukah anda apa yang dimaksud dengan penyakit GERD itu sendiri? Mari simak sajian lengkapnya di bawah ini.

Informasi Seputar Penyakit GERD

Penyakit GERD
Penyakit GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease) merupakan suatu kondisi dimana isi cairan perut dialirkan kembali ke kerongkongan. Cairan lambung tersebut tidak hanya sampai ke kerongkongan, tetapi juga sampai ke mulut sehingga dapat terasa asam pada bagian belakang mulut. Biasanya cairan yang naik kembali ke kerongkongan mengandung asam lambung yang diproduksi oleh lambung. Selain itu, cairan ini juga dapat mengakibatkan peradangan pada tenggorokan dang mengakibatkan iritasi pada tenggorokan.

Penyakit GERD ini biasanya diawali dengan gejala nyeri pada ulu hati, biasanya gejala ini bersifat sementara dan hanya menyebabkan raasa sakit pada perut. Akan tetapi jika dibiarkan begitu saja, maka akan terjadi komplikasi dengan tenggorokan, gigi, dan saluran udara yang menuju paru-paru. Biasanya komplikasi ini terjadi setelah peradangan pada penyakit ini menyerang daerah tenggorokan. Seseorang yang memiliki keluhan penyakit GERD ini akan merasakan gejala dada terasa sesak, hampir mirip dengan serangan jantung, kembung, dan banyak lagi gejala lainnya yang hampir sama juga dengan sakit lambung.

Berdasarkan pengetahuan umum para dokter, penyakit GERD ini merupakan suatu penyakit saluran cerna bagian atas yang terjadi akibat asam lambung dengan derajat keasaman yang tinggi, naik ke kerongkongan, sehingga menimbulkan gejala rasa nyeri bahkan terasa sesak nafas.

Secara umum, yang membedakan gejala khusus penyakit GERD dengan sakit lambung adalah : pada penderita GERD, terjadinya sesak nafas yang dipicu oleh hal-hal yang meningkatkan asam lambung, seperti : terlambat makan, stress, terlalu sering mengkonsumsi alkohol, kopi, rokok dan beberapa jenis makanan yang tidak sehat lainnya.

Penyakit GERD memang memiliki gejala yang tidak jauh berbeda dengan penyakit lambung, akan tatapi anda harus tetap waspada dengan setiap gejala yang terjadi. Periksakan kondisi kesehatan anda secara rutin, jalani pola makan dan gaya hidup yang lebih sehat, agar terhindar dari serangan penyakit GERD. Semoga bermanfaat..

1 comments: