Beberapa Jenis Buah Belimbing

Beberapa Jenis Buah Belimbing - Buah belimbing merupakan tumbuhan penghasil buah berbentuk khas yang berasal dari Indonesia, India, Srilanka. Saat ini belimbing ini sudah tersebar ke penjuru Asia Tenggara, Republik Dominika, Brasil, Peru, Ghana, Guyana, Tongam dan Polinesia. Usaha penanaman komersial dilakukan di Amerika Serikat, yaitu di Florida Selatan dan Hawaii. Di Indonesia sendiri, buah ini menjadi ikon kota Depok, Jawa Barat sejak tahun 2007.

Beberapa Jenis Buah Belimbing
Buah belimbing memiliki bentuk oval dengan kulit tipis, licin dan permukaannya mempunyai lilin, berwarna hijau sampai kuning. Panjang buahnya antara 5-12 cm dengan empat hingga enam cuping yang menonjol secara vertikal tetapi mayoritas 5 cuping. Jika diiris, buahnya akan membentuk bintang. Dagingnya berwarna cerah sampai kuning tua, berasa manis dan sedikit masam segar dan berair.

Ketinggian pohon belimbing ini mencapai 10-15 m, namun saat ini sudah banyak yang memiliki tinggi 4-5 meter, tidak terlalu menjulang tinggi. Meskipun hidup di daerah tropikal, namun tanaman ini masih bisa tumbuh dengan baik di daerah dingin dan hanya sedikit terjadi kerusakan pada buahnya.

Dalam dunia tumbuh-tumbuhan, belimbing ini diklasifikasikan ke dalam kingdom Plantae (tumbuh-tumbuhan), divisi : Spermatophyta (tumbuhan berbiji), dub-divisi : Angiospermae (berbiji tertutup), kelas : Dicotyledonae (biji bekeping dua), Ordo : Oxiladales, Famili : Oxalidacea, Genus : Averrhoa.

Beberapa Jenis Buah Belimbing

1. Belimbing Demak

Belimbing Demak

Belimbing ini sudah sangat terkenal kaena berasal dari kota Demak. Belimbing Demak ini berwarna putih kekuningan, memiliki rasa manis sedikit asam yang menyegarkan, dan mengandung banyak air.

2. Belimbing Sembiring

Belimbing Sembiring
Belimbing jenis ini pertama kali muncul di daerah Puncur Batu, Medan. Rasa buahnya manis dan menyegarkan dengan warna kuning menyala jika buahnya sudah matang. Jenis Belimbing Sembiring ini merupakan salah satu jenis belimbing yang sudah diakui kualitasnya, biasanya ditanam di pot, pekarangan dan kebun.

3. Belimbing Bangkok

Belimbing Bangkok

Belimbing jenis ini berasal dari Thailand. Warna buahnya kuning kemerahan, bentuk buahnya agak melebar dan pipih dengan bagian pinggir tetap berwarna hikau meskipun buahnya sudah tua. Rasa buahnya manis dan kandungan airnya juga banyak.

4. Belimbing Wulan

Belimbing Wulan

Belimbing ini merupakan belimbing hasil persilangan antara belimbing demak dan belimbing demak jinggo. Bentuk buahnya bulat lonjong, dan jika sudah matang buahnya akan berwarna kemerahan, daging buahnya tidak berserat dan memiliki rasa yang manis serta kandungan airnya yang cukup banyak.

5. Belimbing Malaya

Belimbing Malaya

Belimbing ini pertama kali didatangkan dalam bentuk bibit okulasi dan ditanam di kota Bogor. Buahnya dapat dipetik pada umur 65-70 hari, pada umur tersebut buahnya berwarna kuning keemasan, tekstrur buahnya mulai lunak dan rasanya manis, namun rasanya akan semakin bertambah manis jika kita memetiknya pada umur 75 hari.

6. Belimbing Madu

 Belimbing Madu

Belimbing madu ini berasal dari Malaysia, merupakan belimbing unggulan karena rasanya yang manis sekali dan daging buahnya renyah tidak berserat, bentuk buahnya sedikit meruncing di bagian ujung dan buahnya akan berwarna orange cerah ketika sudah matang.

7. Belimbing Wuluh

Belimbing Wuluh

Belimbing Wuluh adalah belimbing sayur yang kebanyakan digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga untuk digunakan memasak. Belimbing wuluh berbeda dengan belimbing bintang tetapi masih sejenis belimbing. Dibalik rasa yang masam belimbing wuluh, teryata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan.

Simak Juga :
Selama ini orang mengambil manfaat belimbing wuluh hanya sebagai sirup, manisan, atau bumbu masak. Padahal secara tradisional tanaman ini banyak dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit seperti batuk, diabetes, rematik, gondongan, sariawan, sakit gigi, gusi berdarah, sampai tekanan darah tinggi.

0 comments "Beberapa Jenis Buah Belimbing", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment