Kandungan Nutrisi dan Khasiat Markisa untuk Kesehatan

Kandungan Nutrisi dan Khasiat Markisa untuk Kesehatan - Markisa adalah buah yang memiliki biji berselaput kuning ini memiliki rasa yang khas dan berbeda. Aroma markisa sangatlah segar, sehingga tak heran jika buah ini sering digunakan untuk bahan utama pembuatan sirup. Buah yang berasal daerah sub tropis di Amerika ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh dan mampu mengobati berbagai jenis penyakit berbahaya.

Kandungan Nutrisi dan Khasiat Markisa
Kandungan Nutrisi Buah Markisa

Buah Markisa ini memiliki tingkat keasaman yang tinggi, karena buah markisa ini kaya akan vitamin C, selain itu juga memiliki kandungan gizi dan nutrisi seperti vitamin, mineral, kalsiu,, protein, energi, lemak, fosfor, serat, zat besi, beta karoten, tiamin, riboflavin, niasin, asam folat, asam sitrat, asam askorbat dan masih banyak lagi kandungan nutrisi lainnya.

Khasiat Buah Markisa untuk Kesehatan

1. Memperlancar sistem pencernaan

Khasiat markisa untuk kesehatan yang pertama adalah untuk melancarkan sistem pencernaan. Kandungan serat yang dimiliki buah markisa ini sangat tinggi, sehingga efektif dalam mencegah dan mengatasi gangguan pencernaan seperti susah buang air besar atau sembelit, diare, dan wasir. Mengkonsumsi buah markisa bermanfaat untuk membersihkan saluran pencernaan dan usus, sehingga kesehatan pencernaan dalam tubuh kita akan tetap terjaga.

2. Anti kanker

Buah markisa mengandung zat antioksidan yang sangat tinggi. Sedangkan kita tahu bahwa antioksidan itu sendiri merupakan sebuah senyawa yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan juga dapat mencegah serta menghancurkan sel-sel kanker dalam tubuh.

3. Obat asma

Dengan mengkonsumsi buah markisa secara rutin, sangat bermanfaat untuk mengatasi dan mengobati penyakit sesak nafas atau penyakit asma. Hal ini karena buah markisa itu sendiri memiliki kandungan vitamin C dan zat lain yang dapat memblokir histamine, yang merupakan pemicu asma.

4. Mencegah anemia

Buah markisa memiliki kandungan zat besi yang bermanfaat untuk mencegah penyakit anemia, karena kandungan zat besi inilah yang dapat membantu pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Apabila tubuh kekurangan sel darah merah, maka tubuh akan sering mengalami kelelahan dan pusing. Maka dengan fakta ilmiah inilah tak heran jika buah markisa ini dikatakan sebagai obat tradisional penyakit anemia yang efektif dan aman.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Mengkonsumsi buah markisa secara rutin sangat bemanfaat dalam menjaga daya tahan tubuh, sehingga tubuh tidak akan mudah terserang penyakit yang diakibatkan oleh perubahan cuaca dan virus.

6. Mengatasi insomnia atau susah tidur

Apakah Anda memiliki keluhan penyakit insomnia atau penyakit susah tidur? Jika iya, tidak ada salahnya Anda mencoba untuk mengkonsumsi buah yang memiliki rasa cukup asam ini. Konsumsilah markisa, hal ini karena buah markisa memiliki efek ngantuk bagi yang mengkonsumsinya, hal ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi penderita penyakit insomnia yang mengalami kesulitan untuk tidur nyenyak.

7. Menurunkan berat badan

Bagi anda yang sedang menjalankan program diet, buah markisa dapat dijadikan sebagai pendamping diet yang tepat. Hal ini dikarenakan buah markisa kaya akan serat dan vitamin C serta rendak lemak, sehingga sangat ampuh dalam membantu membakar lemak di dalam tubuh.

8. Sumber energi

Bagi Anda yang mengalami kelelahan akibat aktivitas yang terlalu berat, maka dengan mengkonsumsi buah markisa dapat membangkitkan kembali stamina tubuh Anda yang hilang. Selain itu, buah markisa juga kaya akan kandungan mineral yang sangat bermanfaat untuk mencegah dehidrasi.

9. Dapat memperkuat tulang dan gigi. 

Kandungan betakaroten yang tinggi pada buah markisa berfungsi sebagai memperkuat perkembangan tulang dan gigi, bukan hanya itu, tetapi mempunyai fungsi lainnya seperti memperbaiki jariangan dalam tubuh, mengurangi resio penyakit artritis, penyakit crhon, penyakit Parkinson dan juga mencegah depresi.

10. Mencegah kecacatan pada bayi. 

Kandungan asam folat pada buah markisa sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil, sebab kandungan tersebut baik untuk mengurangi resiko cacat otak. Selain itu kandungan asam folat buah markisa juga dapat mencegah kolesterol dan juga meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Itulah sajian kandungan nutrisi dan khasiat buah markisa untuk kesehatan. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda mengenai berbagai manfaat yang terkandung dalam buah dengan rasa asam ini. Terima kasih, dan simak juga sajian artikel kesehatan menarik lainnya hanya di Blog Obat Tradisional Penyakit Amandel.

0 comments "Kandungan Nutrisi dan Khasiat Markisa untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment