Khasiat Kemiri untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Kemiri untuk Kesehatan Tubuh - Kemiri mengandung flavonoid dan polifenol serta zati gizi mikro seperti protein, lemak dan karbohidrat. Kemiri juga memiliki kandungan mineral seperti kalium, fosfor, magnesium, dan kalsium. Dan tidak hanya itu, kemiri juga memiliki kandungan vitamin A, vitamin B1, folat, serta fitosterol. Proteinnya berupa asam amino esensial maupun nonesensial berfungsi untuk pertumbuhan dan membentuk protein dan antibodi.

Khasiat Kemiri untuk Kesehatan Tubuh
Khasiat Kemiri untuk Kesehatan Tubuh

1. Mengobati sariawan

Tidak hanya biji kemiri yang bermanfaat. Bagian batang dan getah dari pohon kemiri ini mampu mengatasi sariawan. Caranya, cukup merobek kulit pohon kemiri dengan pisau, kemudian tunggu hingga getahnya keluar dan ambil getah pohon kemiri tersebut dengan menggunakan kapas dan tambahkan sedikit santan kelapa jika ada. Oleskan pada bagian luka sariawan.

2. Mengobati sakit gigi

Selain sariawan, sakit gigi juga dapat diobati dengan menggunakan getah pohon kemiri. Caranya, ambil getah pohon kemiri dengan menggunakan kapas, kemudian tempelkan pada gigi yang sakit. Biarkan selama 10 menit, kemudian buang dan ganti dengan yang baru.

3. Mengobati diare

Ternyata kemiri merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang dapa dijadikan sebagai obat tradisional penyakit diare. Cara pengobatannyapun cukup mudah, ambil 20 gram kulit batang kemiri yang masih segar, bersihkan kemudian tumbuk hingga halus. Rebus dengan menggunakan air 600 cc sampai airnya berkurang menjadi 300 cc, saring dan ambil arinya. Minum hasil rebusan kulit batang kemiri tersebut 2x sehari, @ 150 cc.

4. Mengatasi Infeksi Jamur

Jamur dapat berkembang dimana saja, termasuk pada kulit tubuh anda. Infeksi jamur seperti panu memang tidak berbahaya, namun bisa menyebabkan penderitanya tidak nyaman dan bahkan minder. Cara mengatasinya dengan mengoleskan minyak kemiri pada bagian tubuh yang terinfeksi jamur. Lakukan secara rutin agar hasilnya lebih maksimal.

5. Mengatasi susah Tidur (Insomnia)

Minyak kemiri juga dapat membantu Anda melawan insomnia dan tidur lebih lelap. Kandungan melatonin yang terdapat di dalamnya akan membuat Anda rileks dan cepat tertidur. Hal ini baik bagi orang yang memiliki pola tidur yang tidak teratur. Tidur yang berkualitas bisa menjadi awal dari hidup sehat Anda.

6. Susah buang air besar (sembelit)

Ambil 1 buah biji kemiri, 2 siung bawang merah, 5 gram pulasari, 10 gram kayu manis, 30 gram daun urang-aring, setengah sendok teh garam, dan setengah sendok teh adas. Haluskan semua bahan lalu rebus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc. Saring dan minum airnya 2 kali sehari, masing-masing sebanyak 200 cc. (Baca : Obat Tradisional Penyakit Sembelit).

7. Mengatasi gigitan serangga

Rasa panas dan gatal yang ditimbulkan oleh gigitan serangga dapat kita atasi dengan menggunakan kemiri. Caranya mudah, ambil 2 buah kemiri dan kunyit seukuran jari kelingking. Pangganglah bahan-bahan tersebut kemudian tumbuk sampai halus. Oleskan ke seliuruh bagian tubuh yang gatal akibat gigitan serangga tersebut.

8. Mengatasi BAB berdarah

Jika Anda memiliki keluhan buang air besar berdarah, kita bisa melakukan pengobatan sederhana yang memberikan dampak positif pada kelancaran BAB kita dan tentunya tanpa darah. Sediakan kulit batang kemiri cuci bersih dan rebus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc. Saring airnya dan minum selagi hangat.

9. Obat gosok

Minyak kemiri memiliki manfaat yang tak jauh berbeda dengan minyak kayu putih, yaitu dapat dijadikan sebagai obat gosok untuk menghilangkan pegal dan juga masuk angin. 

10. Obat demam

Rebus 15 gram akar pulutan dan tambahkan beberapa tetes minyak kemiri, saring airnya, kemudian minum selagi hangat.

0 comments "Khasiat Kemiri untuk Kesehatan Tubuh", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment