Kandungan Nutrisi dan Khasiat Kolang-Kaling

Kandungan Nutiris dan Khasiat Kolang-Kaling :: Kolang-Kaling merupakan produk hasil olahan perebusan endosperm biji buah aren yang masih muda. Buah kolang-kaling ini sebeneranya adalah protein albumin yang dibutuhkan benih pohon aren sebagai persediaan makanan. Buah yang tinggi kadar airnya ini diambil dari biji buah aren yang berbentuk lonjong, pipih, bergetah, dan bikin gatal. Pohonnya sendiri mirip pohon kelapan namun terbalut oleh ijuk.

Khasiat Kolang-Kaling untuk Kesehatan
Tanaman yang memiliki nama dalam bahasa Sunda Tangkal Kawung ini memiliki nama latin Arenga pinnata tumbuh mulai dari Indo-China ke selatan sampai Asia Tenggara. Biasanya tumbuh di daerah yang memiliki ketinggian 250-1.400 mdpl.

Pada saat buah masih muda dengan kulit luarnya berwarna hijau, biji aren mempunyai tekstur yang lembek dan berwarna bening. Kulitnya berwarna kuning dan tipis, bentuk bijinya lonjong. Biji muda inilah yang dinamakan kolangkaling. Untuk menghasilkan kolang-kaling, buah aren ini harus diba kar terlebih dahulu hing ga hangus atau direbus selama beberapa jam. Setelah direndam dengan air kapur beberapa hari untuk menghilangkan getahnya yang gatal dan beracun, barulah biji-biji ini bisa diolah.

Kandungan Nutrisi Kolang-Kaling
Kandungan Nutrisi Kolang-Kaling
Kolang-kaling dalam bahasa Belanda disebut dengan Glibbertjes, yang artinya yaitu buah dari pohon aren (Arena Pinnata). Buah kolang-kaling ini dikenal mempunyai kadar air yang lumayan tinggi, yaitu hingga 93%. Selain airnya, biji kolang-kaling juga memiliki kandungan protein sebesar 0,69 gram, serta kandungan karbohidrat sebesar 4 gram. Buah Kolang-kaling ini kaya akan kandungan potassium, besi, kalsium, vitamin A, vitamin B, vitamin C dan juga gelatin.

Kadar gelatin yang dimilikinya juga cukup tinggi sehingga memiliki manfaat membantu mempercepat rasa kenyang, menghentikan nafsu makan dan mengakibatkan konsumsi makanan jadi menurun sehingga cocok dikonsumsi sebagai makanan diet.

Serat kolang-kaling yang masuk ke tubuh menyebabkan proses pembuangan air besar teratur sehingga dapat mencegah kegemukan atau obesitas. Meskipun secara tidak sadar dimaksudkan untuk diet namun mengonsumsi kolang-kaling secara rutin, terutama selama bulan puasa ini, sudah merupakan diet yang gampang sekaligus menyehatkan. Jadi kalao ingin langsing, makan kolang-kaling.

Khaisat Kolang-Kaling untuk Kesehatan

1. Memperlancar sistem pencernaan

Khasiat kolang-kaling untuk kesehatan yang pertama adalah untuk membantu melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Kolang-Kaling mengandung serat kasar yang bagus untuk memperlancara proses pencernaan, selain dari itu kandungan karbohidrat yang terdapat dalam buah kolang-kaling ini juga dapat memberikan rasa kenyang dan menambah energi, sehingga kolang-kaling ini cocok untuk dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalani program diet.

2. Obat radang sendi

Salah satu yang membuat kolang-kaling ini istimewa dan mampu dijadikan sebagai obat tradisional penyakit nyeri sendi adalah karena kandungan galaktomanannan. Kandungan ini berfungis untuk meredakan rasa sakit yang diakibatkan oleh peradangan pada sendi. Jika Anda memiliki keluhan radang sendi, konsumsilah kolang-kaling sebanyak 100-200 gram sehari yang hanya direbus, tanpa pewarna dan tanpa gula.

3. Mencegah osteoporosis

Kalsium dalam 100 gram kolang-kaling ini mencapai 91 miligram, kandungan ini cukup tinggi dan dapat digunakan untuk membantu memenuhi kebutuhan kalsium tubuh, dan sangat cocok untuk dikonsumsi bagi penderita penyakit alergi terhadap susu. (Baca : Obat Tradisional Penyakit Osteoporosis).

4. Obat gatal-gatal

Selain buahnya yang dapat diolah dan dijadikan sebagai sumber makanan, getah kolang-kaling juga ternyata memiliki khasiat sebagai obat gatal-gatal. Membalurkan getah kolang-kaling sebelum dibakar sangat ampuh mengobati gatal-gatal yang sedang diderita.

Itulah kandungan nutrisi dan khasiat kolang-kaling untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat dan menambah pengatahuan Anda akan manfaat buah kolang-kaling yang bukan hanya sekedar dijadikan sebagai menu wajib berbuka puasa pada bulan Ramadhan.

Terima kasih telah menyimak sajian informasi manfaat buah kolang-kaling, dan semoga bermanfaat. Simak juga sajian informasi artikel kesehatan menarik lainnya hanya di Blog Obat Tradisional Penyakit Amandel.

0 comments "Kandungan Nutrisi dan Khasiat Kolang-Kaling", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment