Pantangan Bagi Penderita Batu Empedu

Pantangan Bagi Penderita Batu Empedu - Ada beberapa pantangan makanan penyakit batu empedu yang harus dihindari dan dijauhi oleh penderita penyakit batu empedu. Apakah anda memiliki keluhan penyakit batu empedu, anda wajib tahu beberapa jenis makanan berikut ini, agar anda dapat meminimalisir resiko yang lebih tinggi.

Pantangan Bagi Penderita Batu Empedu
Pantangan Bagi Penderita Batu Empedu
Berikut ini adalah beberapa jenis pantangan makanan penyakit batu empedu yang harus dihindari oleh penderitanya. Adapun beberapa jenis makanan tersebut adalah sebagai berikut"

1. Telur

Mengapa telur termasuk ke dalam salah satu jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita penyakit batu empedu, bukannya telur adalah salah satu makanan yang tergolong ke dalam jenis makanan 4 sehat 5 sempurna. Telur ternyata memiliki dampak yang buruk jika dikonsumsi oleh penderita batu empedu, karena tingkat tinggi kolesterol dan kemungkinan hubungan antara kondisi kantong empedu dan alergi makanan. Konsumsi telur memicu serangan kantong empedu dalam persentase yang tinggi pada kelompok orang yang memiliki alergi.

2. Daging berlemak.

Makan daging yang berlemak dapat mengiritasi batu empedu dan memperparah keluhan. Untuk menyiasatinya, anda bisa mengganti menu makanan yang tadinya dari daging berlemak dengan sumber prorein daging tanpa lemak seperti ikan air dingin, ayam atau kalkun. Saat mempersiapkan unggas, selalu buang kulit dan lemak untuk menghindari iritasi batu empedu.

3. Makanan yang digoreng

Gorengan juga jadi pantangan bagi orang dengan batu empedu, karena terkenal dengan kandungan tinggi lemak jenuh. Lemak jenuh dapat memperburuk rasa sakit batu empedu dan ketidaknyamanan. Hal ini karena gorengan dimasak dengan menggunakan minyak goreng yang sudah digunakan lebih dari satu kali, dan itu sangat tidak baik untuk penderita batu empedu. Hindari memasak dengan minyak sayur padat, margarin dan lemak hewani. Gunakan minyak zaitun atau canola sebagai alternatif sehat untuk menggoreng.

4. Makanan olahan

Asam lemak trans biasanya banyak terdapat pada makanan kemasan dan olahan, yang cenderung dapat menginduksi gejala-gejala batu empedu, menurut University of Maryland Medical Center.

5. Makanan berbahan halus

Pasien dengan penyakit batu empedu harus menahan diri dari makan makanan yang mengandung bahan halus. Mungkin ada sedikit kebingungan bagi anda yang belum mengetahui apa yang dinamakan dengan makanan berbahan halus. Beberapa jenis makanan yang termasuk ke dalam jenis makanan berbahan halus adalah seperti: seperti roti putih, pasta tepung halus, beras putih dan gula rafinasi yang dikonversi ke dalam lemak yang tersimpan, yang mungkin menyebabkan peningkatan kolesterol dalam empedu. Tetaplah pada makanan yang tidak dimurnikan seperti roti gandum, pasta gandum dan beras merah.

6. Produk susu tinggi lemak

Seluruh produk susu lemak menimbulkan risiko bagi orang yang didiagnosis dengan batu empedu. Susu, keju, yoghurt, es krim, krim kental dan asam krim mengandung kadar tinggi lemak hewani, yang berhubungan untuk komplikasi kantong empedu. Jika anda memiliki keluhan penyakit batu empedu, akan lebih baik jika and menghindarinya, karena hal ini akan berkaitan langsung dengan proses penyembuhan yang sedang dijalani.

Bagi anda yang memiliki keluhan penyakit batu empedu, dan sedang mencari solusi penyembuhan secara cepat dengan menggunakan bahan alami dari ramuan tradisional, silakan simak sajian informasi mengenai pengobatan ampuh dengan obat tradisional di => Obat Tradisional Penyakit Batu Empedu.

Itulah beberapa jenis pantangan makanan penyakit batu empedu. Bila anda memiliki keluhan batu empedu, segera lakukan pengobatan dan jalanilah pola makan dan gaya hidup yang sehat, karena itu adalah salah satu upaya penyembuhan yang paling utama. Terima kasih atas kesediaan anda telah menyimak Pantangan Bagi Penderita Batu Empedu.

1 comments: