Beberapa Jenis Makanan Pemicu Kanker

Beberapa Jenis Makanan Pemicu Kanker - Makanan penyebab kanker ternyata adalah beberapa jenis makanan yang sudah tidak asing lagi dan bahkan bisa jadi beberapa jenis makanan tersebut adalah menu favorit anda dalam sajian hidangan yang dikonsumsi sehari-hati. Simak sajian lengkapnya berikut ini.

Beberapa Jenis Makanan Pemicu Kanker

Beberapa Jenis Makanan Pemicu Kanker

Pencetus penyakit kanker atau penyebab timbulnya penyakit kanker yang paling mendominasi adalah factor dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari, dan biasanya adalah beberapa jenis makanan yang mengandung kadar gula yang sangat tinggi, karbohidrat olahan, pengawet dan produk sampingan dari hasil penggorengan (minyak jelantah).

Makanan-makanan ini juga memiliki efek yang merugikan pada kesehatan secara umum, mempengaruhi sistem kardiovaskular, sistem syaraf dan sistem reproduksi. Makanan penyebab kanker ini juga dapat berkontribusi menimbulkan diabetes, obesitas dan penyakit jantung.

Makanan memang memiliki peranan penting bagi tubuh kita, selain untuk kebutuhan tubuh dan pertumbuhan juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari serangan berbagai penyakit berbahaya. Sayangnya, ada beberapa jenis makanan yang berbahaya penyebab kanker yang ternyata justru sering kita konsumsi dengan senang hati. Berikut ini adalah jenis makanan pemicu penyakit kanker.

Donat

Donat adalah salah satu jenis makanan yang paling digemari oleh sebagian besar orang, baik anak-anak maupun ornag dewasa. Donat merupakan gabungan dari tiga sifat utama makanan menyebabkan kanker : yaitu digoreng, mengandung kadar gula yang tinggi dan didasarkan pada karbohidrat yang dihaluskan (tepung yang dihiling). Kombinasi dari limbah proses penggorengan, bersama-sama dengan banyaknya jumlah gula dan tepung yang juga banyak, membuat donat sangat berbahaya untuk orang-orang yang berusaha mengurangi resiko kanker.

Minuman Manis

Sumber makanan yang tinggi gula buatan seperti minuman manis, soda dan berbagai jus dapat meningkatkan risiko kanker. Dalam sebuah penelitian yang dicantumkan dalam jurnal “Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention (2010)” menunjukkan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi minimal dua takaran soda per minggu memiliki kemungkinan 87 persen lebih tinggi menderita kanker pankreas dibandingkan dengan orang-orang yang tidak mengkonsumsi minuman ringan (yang mengandung gula buatan).

Penelitian lain menunjukkan adanya hubungan antara gula konsumsi dan kanker lambung dan usus. Walaupun gula itu sendiri tidak secara langsung merubah sel sehat menjadi sel kanker, akan tetapi gula buatan merupakan sumber “kesukaan” sel-sel kanker. 

Seiring waktu, asupan gula berat juga dapat meningkatkan output keseluruhan metabolisme sel, yang berarti meningkatnya jumlah sisa metabolisme yang bersifat oksidatif, yang merupakan pencetus kanker. Apakah anda salah seseorang yang sangat menggemari minuman manis? Mulai sekarang, anda harus meninggalkannya dan mulailah hidup dan pola makan yang lebih sehat.

Kentang Goreng

Proses memasak yang lazim di masyarakat kita adalah dengan cara menggoreng makanan tersebut. Akan tetapi, tahukah anda, bahwa proses penggorengan yang berulang dengan menggunakan minyak jelantah (minyak bekas yang digunakan secara berulang kali) sangat berbahaya dan meningkatkan resiko penyakit kanker, terutama ketika makanan tersebut mengandung minyak yang terhidrogenasi, lemak jenuh, dan produk sampingan dari penggorengan yang disebut akrilamida. 

Akrilamida adalah zat penyebab kanker dan juga sejenis neurotoksin yang memiliki efek yang merugikan tidak hanya pada otak, tetapi pada sistem reproduksi juga. Makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi seperti kentang mudah menghasilkan akrilamida selama proses penggorengan. Ini membuat banyak produk hasil penggorengan kentang seperti kentang goreng dan keripik kentang berada dalam daftar utama makanan penyebab kanker.

Hot Dog

Daging yang diawetkan merupakan salah satu faktor pemicu risiko kanker perut dan lain penyakit lainnya pada sistem pencernaan. Dan akan menjadi lebih berbahaya ketika bahan-bahan seperti natrium nitrat (pengawet utama untuk hot dog) ditambahkan ke dalam campuran daging tersebut. Hot Dog dan daging yang diawetkan serta diasinkan perlu dihindari atau diminimalisir, untuk menghindari resiko terkena kanker lambung. Hindarilah mengkonsumsi Hot Dog demi meminimalisir dan menghindari resiko terkena penyakit kanker yang merupakan sala satu penyakit penyebab kematian tertinggi di seluruh dunia.

Daging Bakar

Sate, Steak, Daging Bakar, adalah sederet menu makanan yang sangat lezat dan tidak bisa dipungkiri bahwa hampir sebagian orang menyukai beberapa jenis makanan tersebut. Tapi, tahukah anda, bahwa makanan yang dibakar adalah salah satu daftar makanan penyebab penyakit kanker?

Ketika tanaman atau hewan masalah dibakar, sejumlah zat beracundan bersifat mutagenik terbentuk. Banyak dari zat ini yang persis sama seperti yang dihasilkan dalam pembakaran tembakau (rokok) yang memiliki sifat beracun dan menimbulkan resiko kanker. Menurut National Cancer Institute, kanker usus besar, kanker lambung dan kanker sistem pencernaan lainnya berhubungan dengan tingginya asupan daging panggang atau daging bakar. Walau belum banyak penelitian tentang efek untuk makanan lain yang dibakar seperti roti panggang, efek yang sama mungkin saja terjadi.

Simak juga sajian informasi mengenai berbagai jenis penyakit kanker yang paling ganas. Anda bisa menyimak lebih lanjut di => Jenis-Jenis Penyakit Kanker Paling Ganas.

Dengan demikian, jika anda ingin terhindar dari resiko terkena penyakit kanker, hindarilah beberapa jenis makanan pemicu kanker tersebut. Karena kesehatan adalah sangat mahal harganya. Hidup lebih sehat membuat anda lebih bahagia, semoga bermanfaat..

0 comments "Beberapa Jenis Makanan Pemicu Kanker", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment