Pantangan Bagi Penderita Penyakit Batu Ginjal

Pantangan Bagi Penderita Penyakit Batu Ginjal - Berikut ini adalah beberapa jenis pantangan makanan penyakit batu ginjal yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderitanya. Karena jika makanan tersebut dikonsumsi, kemungkinan besar akan memperparah kondisi penyakit batu ginjal yang diderita itu sendiri.

Pantangan Bagi Penderita Penyakit Batu Ginjal
 
Pantangan Bagi Penderita Penyakit Batu Ginjal
Makanan adalah salah satu faktor penting yang memiliki peran vital dalam tubuh kita. Kecukupan gizi dan nutrisi dapat kita peroleh dari makanan. Akan tetapi, tidak semua makanan akan berdampak positif jika dikonsumsi. Faktanya memang pada penderita penyakit batu ginjal, tidak boleh sembarangan mengkonsumsi makanan jika tidak menginginkan penyakit batu ginjal yang dideritanya menjadi semakin parah.

Ada beberapa pantangan makanan penyakit batu ginjal yang harus dihindari dan tidak boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit batu ginjal, hal ini bertujuan untuk memperkecil resiko bahaya penyakit batu ginjal tersebut. Adapun pantangan untuk penderita penyakit batu ginjal tersebut adalah sebagai berikut:
  • Membatasi konsumsi protein nabati
Bagi anda yang memiliki keluhan penyakit batu ginjal, dianjurkan untuk membatasi jumlah konsumsi protein nabati, sedangkan untuk konsumsi protein hewani dapat menimbulkan beberapa jenis mineral di urine yang dapat membentuk batu ginjal.
  • Membatasi konsumsi oksalat atau makanan sumber vitamin C
Oksalat atau asam yang mengandung satuan COO2 ketika bertemu dengann kalsium akan membentuk kristal penyebab batu ginjal. Untuk penderita penyakit batu ginjal sebaiknya menghindari dan bahkan akan lebih baik jika tidak mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung banyak kandungan oksalat, seperti :strawberry, bayam, biji-bijian, coklat, gandum, dan teh. Kalaupun memang baberapa jenis makanan tersebut dalah makanan kesukaan anda dan anda sangat ingin mengkonsumsinya, disarankan untuk tidak melebihi dari 50 mg/hari. Dalam hal ini termasuk membatasi konsumsi vitamin C. Hal ini diakibatkan karena salah satu dari hasil metabolisme vitamin c adalah oksalat.
  • Membatasi kalsium
Biasanya tubuh itdak akan menyerap kalsium yang melebihi kadar yang dibutuhkan. Pada kondisi tertentu misalnya hipercalciura, kelebihan kalsium dibuang melalui ginjal dalam bentuk air kencing. Adapun asupan kalsium bagi penderita penyakit batu ginjal adalah 800 mg/hari untuk pria dan 1.200mg/hari untuk wanita.
  • Hindari susu dan produknya, terutama yang telah difirtifikasi dengan vitamin D
  • Hindari konsumsi garam yang berlebihan
Dengan menghindari konsumsi jumlah garam natrium, secara otomatis akan mengurangi jumlah kalsium yang dikeluarkan oleh ginjal, sebaiknya ukuran konsumsinya dibatasi antara 2.500-3.500 mg/hari. Jika mengkonsumsi garam yang terlalu berlebih, akan mengakibatkan jumlah kalisum yang menumpuk di urine dan memicu pembentukan batu ginjal.

  1. Tingkatkan makanan berserat, karbohidrat komplex, dan sayuran berwarna hijau
  2. Menggunakan lidah buaya baik untuk menecilkan ukuran batu ginjal
  3. Tingkatkan konsumsi makanan yang kaya dan tinggi rasio antara magnesium dan kalsium seperti jali-jali, jagung, kedelai, oat, beras merah, alpukat, pisang, kacang lima, kentang,dll.
  4. Perbanyak serat tidak larut. Seperti yang diketrahui bahwa serat memiliki 2 jenis, yaitu: serat yang larut dan serat yang tidak larut, masing-masing memiliki fungsi yang penting di dalam tubuh. Akan tetapi, serat tidak larut terdapat dalam gandum, padi, dan terigu yang bisa mengurangi kadar kalsium dalam urine. Serat tersebut mengikat kalsium ketika berada di usus, sehingga tidak dikeluarkan melalui ginjal.
Cara Mengatasi Penyakit Batu Ginjal

Dengan menghindari pantangan makanan bagi penderita penyakit batu ginjal tersebut, secara tidak langsung kita dapat memperkecil kemungkinan parahnya penyakit batu ginjal yang dikeluhkan dan juga dapat mempercepat proses penyembuhan yang sedang dijalani.

Adapun penyembuhan penyakit batu ginjal yang kami rekomendasikan untuk anda adalah dengan menggunakan obat alami dari tanaman herbal. Teripang lau atau dalam istilah masyarakat kita sering disebut dengann nama timun laut ini memilki keampuhan yang telah terbukti secara klinis mampu mengatasi penyakit batu ginjal. Simak sajian lengkapnya di => Obat Tradisional Penyakit Batu Ginjal.
Demikianlah sajian informasi mengenai pantangan bagi penderita penyakit batu ginjal. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit batu ginjal. Salam sehat..

4comments:

  1. ada yang mengatakan tidak boleh mengkonsumsi pisang pada penderita batu ginjal...??? yang benar yan mana sih...koq membingungkan ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klau meragukan y jangan dmakan, yg lainya kan banyak. Dulu saya pernah kena kencing batu,tapi sekarang sudah sembuh, batunya keluar 2x dengan cara konsumsi tanaman herbal yang saya lihat dari internet. Mari ambil Positifnya saja.

      Delete
  2. Kalo aktivitas yang dilarang ada nggak Gan, bagi penderita batu ginjal? Nggak boleh melakukan aktivitas apa gitu?

    ReplyDelete