9 Jenis Makanan Pencegah Penyakit Alzheimer

9 Jenis Makanan Pencegah Penyakit Alzheimer - Makanan yang dapat mencegah penyakit alzheimer berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang memiliki khasiat luar biasa sebagai pencegah timbulnya penyakit alzheimer dan menurunkan resiko bahayanya penyakit yang menurunkan kemampuan otak ini.

9 Jenis Makanan Pencegah Penyakit Alzheimer

9 Jenis Makanan Pencegah Penyakit Alzheimer
Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan nutrisi dan zat gizi penting yang sangat bermanfaat untuk mengatasi dan mencegah penyakit alzheimer. Sebenarnya makanan-makanan tersebut sangatlah mudah untuk kita temui, karena semuanya adalah bahan alami yang kerap kita jadikan sebagai bahan konsumsi kita sehari-hari. Adapun makanan yang dapat mencegah penyakit alzheimer adalah sebagai berikut:
 
1. Sallad Dressing yang berbahan dasar minyak

Data dan fakta ilmiah menunjukkan bahwa makanan-makanan yang mengandung vitamin E tinggi, termsuk diantaranya sayuran sehat dengn salad dressing yang berbahan dasar minyak, kacang-kacangan, selai kacang, serta biji-bijian bisa menurunkan resiko terkena penyakit alzheimer, hal itu diungkapkan oleh Martha Clare Morris, ScD, Direktur bagian gizi dan nutrisi epidemiologi Departemen Internal Medicine di Universitas Rush, Chicago. Vitamin E merupakan sumber antioksidan yang kuat untuk membantu melindungi neuron atau sel saraf otak. Sedangkan pada seseorang yang menderita penyakit alzheimer, bagian-bagian tertentu dari otak mulai mati sehingga menyebabkan kerusakan kognitif.

2. Ikan

Ikan memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk mengatasi penyakit alzheimer. Adapun jenis ikan yang memiliki kandungan tersebut adalah ikan tuna, salmon, mackerel, dan ikan lainnya yang mengandung asam lemak omega3, termasuk asam docosahexaenoic (DHA). Di dalam otak, DHA memiliki peran penting agar neuron dapat berfungsi secara normal.

Kelebihan lainnya, dengan mengkonsumsi ikan lebih sering berarti dapat mengurnagi konsumsi daging merah dan bentuk-bentuk protein lainnya yang tinggi akan lemak jenuh yang tentunya akan mengakibatkan penyumbatan pada arteri.

3. Sayuran hijau

Kale, collard hijau, bayam dan brokoli adalah jenis-jenis sayuran yang dapat mencegah alzheimer, hal ini karena beberapa sayuran tersebut memiliki kandungan vitamin E dan asam folat. 1 Cangkir bayam mentah mengandung 15% vitamin E dari konsumsi harian, dan 1/2 cangkir bayam yang dimasak mengandung 25% vitamin E dari konsumsi harian anda. Asam folat dapat melindungi otak dengan menurunkan kadar asam amino yang dikenal sebagai homocysteinedi dalam darah. Sedangkan telah diketahui bahwa tingginya kadar homocysteine dapat memicu kematian sel-sel saraf otak, dan meningkatkan resiko penyakit jantung.

4. Alpukat

Buah alpukat memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, yaitu kaya antioksidan vitamin E. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Morris dkk, bahwa makanan yang mengdung vitamin E termasuk di dalamnya alpukat, yang juga tinggi dalam antioksidan vitamin C dapat menurunkan resiko terkena penyakit alzheimer.

5. Biji bunga matahari

Biji-bijianm, termasuk biji bunga matahari memiliki sumber vitamin E yang baik. 1 Ons biji bunga matahari panggang mengandung 30% dari asupan yang direkomendasikan untuk diet harian anda.


6. Kacang tanah dan selai kacang

Meskipun ke dua bahan tersebut tinggi kandungan lemaknya, kacang tanah dan selai kacang cenderung menjadi sumber lemak yang sehat, selain itu juga mengandung vitamin E. Kedua makanan ini dapat membantu menjaga jantung dan otak tetap sehat serta dapat berfungsi dengan baik. Pilihan baik lainnya adalah kacang almond dan hazelnut.

7. Anggur merah

Penelitian telah menunjukkan baha anggur merah memiliki fungsi sebagai salah satu jenis makanan pencegah penyakit alzheimer.

8. Buah Berry

Penelitian terbaru yang dipresentasikan pada National Meeting of the American Chemical Society di Boston menemukan bahwa blueberry, strawberry, dan buah acai dapat membantu menahan penurunan kognitif dengan menjaga meaknisme alami otak, yang berkurang karena usia. Mekanisme ini membantu menyingkirkan protein beracun yang berhubungan dengan hilangnya memori karena faktor usia.

9. Biji-bijian

Biji-bijian yang kaya akan sertat merupakan bagian integral dari diet mediteranis yang juga sarat dengan buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan, minyak zaitun dan anggur. Diet ini akan mengurangi resiko terkena penyakit alzheimer dan mengurangi inflamasi, stress oksidatif, dan faktor resiko penyakit vaskular seperti tekanan darah tinggi yang semuanya memiliki peran dalam menignkatkan resiko penyakit jantung dan otak.

Rekomendasi untuk penyembuhan penyakit alzheimer:

Penyakit alzheimer adalah penyakit yang mengganggu sistem kerja saraf serta sel-sel otak, tentunya ini akan sangat berbahaya bagi penderitanya. Selain dengan mengkonsumsi ke-9 makanan pencegah alzheimer tersebut, kita juga dapat melakukan pengobatan untuk menyembuhkan penyakit alzheimer dengan menggunakan bahan alami dari tanaman herbal, yaitu kombinasi buah anggur, buah apel, bunga roselle, madu alami, kulit buah manggis dam ekstrak daun sirsak. Sajian lengkapnya dapat anda simak di => Obat Tradisional Penyakit Demensia Alzheimer.

Itulah ke-9 jenis makanan pencegah penyakit alzheimer. Semoga bermanfaat dan menjadi solusi pencegahan serta penyembuhan penyakit alzheimer yang saat ini anda keluhkan. Nantikan sajian informasi bermanfaat lainnya hanya di Blog Obat Tradisional Penyakit Amandel. Selamat mencoba..

0 comments "9 Jenis Makanan Pencegah Penyakit Alzheimer", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment