Ramuan Herbal Untuk Penyakit TBC

Ramuan Herbal untuk Penyakit TBC - Berikut ini adalah beberapa jenis bahan alami untuk mengatasi penyakit TBC atau Tuberkulosis yang mampu secara efektif menyembuhkan tanpa menimbulkan efek samping ataupun ketergantungan, karena tanaman bahan dasarnya adalah tanaman alami berkhasiat tinggi.

Cara mudah mencegah penyakit TBC
  • Hindari dan mulailah tinggalkan kebiasaan buruk merokok
  • Hindari munyman yang beralkohol
  • Jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan siap saji, karena biasanya mengandung zat-zat kimia yang merugikan kesehatan tubuh
  • Biasakan berolahraga secara teratur, minimal 30 menit sehari
  • Melakukan imunisasi BCG
  • Menghindari penderita penyakit TBC, ketika sedang batuk
  • Segera berobat ke dokter kalau mengalami batuk yang semakin parah
Ramuan Herbal untuk Penyakit TBC

Ramuan Herbal Untuk Penyakit TBC
Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman herbal yang berkhasiat luar biasa dalam menyembuhkan penyakit tuberkulosis atau penyakit TBC

1. Pegagan (Centella asiatica cijurb)

Pegagan dikenal juga sebagai daun kami kuda (jakarta), antanan (sunda), kori-kori (halmahera), kolotidi menora(Ternate), gagan-gagan, gangagan, kerok batok, pantegowang, panigowang, rendeng(jawa), kostekosan (madura), pagaga (Makassar) dan daun Tungke (Bugis)

Untuk TB Paru-Paru : cuci 30-60 gram pegagan segar, kemudian rebus debgab 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas dan diminum 3 kali sehari.

Untuk TB kulit : Daun pegagan 10 gram, daun waru lengis 10 gram, widoro upas 25 gram, daun legundi 10 gram, perutan kencur 5 gram. Semua bahan direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas dan diminum 3 kali sehari.

2. Singawalang (Pertiveria alliacea)

Ambil 5 lembar daun singawalang yang terlebih dahulu sudah dicuci bersih, kemudian tumbuk hingga halus. Hasil tumbukan tersebut diseduh dengan air panas, kemudian bubuhi dengan garam dan gula merah secukupnya. Aduk hingga larut, dan minumlah setelah dingin, minumlah 2 kali sehari.

3. Tembelekan ( Lantana camara )

Gunakan 6-10 gram bunga tembelekan kering, kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai air rebusannya tersisa setengahnya. Setelah dingin, saringlah air resbusan tersebut dan gunakan untuk 3 kali minum dalam sehari.

4. Bambu tali ( Asparagus cochinchinensis)

Bambu tali atau bambu apus yang disebut juga dengan awi tali (sunda), deling apus, deling tangsul, jajang pring (jawa) atau tiing tali, tiing tlantan (Bali).

Cara membuat : baigan yang digunakan untuk ramuan herbal penyembuh TBC adalah umbi atau rebungnya. Untuk mengatasi penyakit tuberkulosis yang disertai batuk darah, gunkanlah 6-12 umbi / rebung kering bambu tali, kemudian direbus dengan 1,5 literair. Minumlah air rebusan tersebut dalam keadaan hangat 2 kali sehari, hingga keluhan penyakit tuberkulosis yang diderita menjadi sembuh.

5. Daun Legundi (Vitex negundo L)

Tanaman ini memiliki nama lain gendarasi (Palembang) atau langgundi ( Minagkabau). Untuk menggunakannya sebagai obat penyembuh TBC cukuplah mudah, ambil 3/5 genggam daun legundi dicuci bersih, kemdian rebus dengan air bersih sebanyak 3 gelas, sampai air rebusannya tinggal 3/4 gelas saja. Biarkan air rebusannya dingin terlebih dahulu, anda bisa menambahkan madu secukupnya dan minumlah ramuan untuk penyakit TBC 3 kali sehari.

6. Bidara Upas (Merremia mammosa)

Cara membuat ramuan herbal untuk tuberkulosis cukup mudah, ambil 1/3 jari bidara upas kemudian cuci bersih dan diparut, campurkan dengan 1 sendok makan air dan 2 sendok teh madu, peras kemudian saring airnya. Cara minumnya adalah cukup dikonsumsi 3 kali sehari.

7. Beluntas

Cara meramu obat herbal tuberkulosis cukup ambil 60 gram daun beluntas, haluskan kemudian campur dnegan 1 gelas air masak, saring dan minuma air perasan tersebut 2 kali sehari.

8. Bunga Sepatu

Cuci bersih 3 kuntum bunga sepatu dan 30 gram krokot, kemudian giling sampai halus dan tambahkan 100 ml air panas. Saring dan minumlah air seduhan tersebut 3 kali sehari bersama 1 sendok makan madu, masing-masing dengan dosis yang sama.

9. Sambiloto (Andrographis paniculata Ness)

Daun sambiloto kering 1 genggam giling hingga halus menjadi bubuk, kemudian tambahkan sedikit madu dan dibuat bulatan-bulatan pil berdiameter sekitar 0.5 cm. Minumlah dengan air matang 2-3 kali sehari. Sekali minum dapat 15-30 pil.

10. Bawang Putih ( Allium sativum L)

Untuk menggunakan bawang putih sebagai obat untuk sembuhkan tuberkulosis, cukup ambil bawang putih 2-4 siung bawang putih, cuci bersih kemudian dikunyah dan ditelan airnya.

11. Nanas Kerang (Rhoeo spathacea swartz)

Ambil nanas kerang 10-30 gram daun nanas kerang direbus dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas disaring, arinya diminum 2 kali sehari.

12. Lempuyang wangi (ngeber Aromaticum)

Cara meramu obat herbal untuk tuberkulosis, ambil 1 genggam rimpang lempuyang kemudian cuci bersih dan potong-potong lalu direbus sengan 5 gelas air hingga tersisa setengahnya. dinginkan terlebih dahulu dan saring air rebusan tersebut, minum 2 kali sehari 3/4 gelas.

Catatan: Untuk wanita yang sedang hamil, harus mendapatkan resep atau rekomendasi dari dokter terlebih dahulu untuk menjaga kesehatan ibu dan janinnya.

Rekomendasi :

Pengobatan tradisional untuk menyembuhkan penyakit TBC atau tuberkulosis dengan menggunakan bahan alami dari tanaman herbal yang berkhasiat tinggi yang secara efektif mampu memberikan kesembuhan secara tuntas tanpa menimbulkan efek samping ataupun ketergantungan. Dan yang menjadi kelebihannya adalah pengobatan yang dilakukan tidak menghabiskan biaya yang besar. Selain dengan bahan-bahan di atas kita juga bisa mengobati TBC dengan daun sirsak yang dikombinasikan dengan kulit buah manggis, informasi selengkapnya dapat anda simak di => Obat Tradisional Penyakit TBC.

Itulah beberapa ramuan herbal untuk penyakit tbc. Semoga bermanfaat dan menjadi solusi alternatif bagi anda yang menderita penyakit TBC dan sedang menjalani proses penyembuhan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba..

0 comments "Ramuan Herbal Untuk Penyakit TBC", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment